Hati-hati Pesta Tahun Baru 2020 di Pantai, Ini Kata BMKG

pesta tahun baru 2020 di Pantai
Ilustrasi badai di pinggir laut. Foto: Istimewa

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisik (BMKG) memprediksi cuaca ekstrim akan terjadi pada malam tahun baru 2020. BMKG bahkan mewanti-wanti mereka yang ingin mengadakan pesta tahun baru 2020 di pantai.

R Mulyono Rahadi Prabowo, Deputi Bidang Meterologi menyebutkan badai Phanfone terjadi di perbatasan utara Indonesia berdekatan dengan Filipina.

Badai tersebut memang tidak akan sampai ke Indonesia dan diperkirakan tidak berpengaruh secara langsung terhadap kondisi cuaca pada malam tahun baru 2020 di sebagian besar wilayah Indonesia.

Hanya saja Mulyono mengingatkan, imbas dari topan Phanfone yang meluluhlantakkan wilayah Filipina saat perayaan natal itu berupa gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia. Ini berarti mereka yang ingin mengadakan pesta tahun baru 2020 di pantai agar waspada.

Akibat topan Phanfone yang diwarnai angin kencang dan hujan lebat telah merusak rumah bahkan memutus aliran listrik di Filipina. Selain itu, wisatawan yang ingin mengisi libur akhir tahun di Filipina juga terganggu.  

“Pusat badai masih terus bergerak selama 3 sampai 4 hari. Arahnya menuju ke barat atau barat laut,” kata Mulyono saat konferensi pers Refleksi 2019 dan Kesiapsiagaan BMKG 2020 di Jakarta, 27 Desember 2019 lalu.

Gelombang Laut Tinggi Menjelang Pesta Tahun Baru 2020 di Pantai

Imbas topan Phanfone yang akan dirasakan oleh wilayah Indonesia, terutama di wilayah perairan. BMKG memprediksi gelombang laut di sejumlah wilayah perairan Indonesia bakal mencapai 2 sampai 4 meter.

Mulyono memberikan penekanan pada Laut Natuna, Selat Karimata, dan Tarempa. Walaupun gelombang tinggi bukan hanya diprediksi bakal terjadi di perairan tersebut. Namun juga di beberapa wilayah perairan lainnya di Indonesia.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Tahun Baru 2020, BMKG: Waspadai Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi

Mulyono mengimbau masyarakat agar waspada terhadap gelombang tinggi. Terutama bagi mereka yang akan melewatkan pesta tahun baru 2020 di pantai.

Prakiraan cuaca tahun baru 2020 yang dirilis BMKG bahkan menyebut adanya potensi hujan deras di beberapa kawasan wisata. Hal ini, kata Mulyono, perlu diwaspadai oleh wisatawan dan diantisipasi.

Bahkan Mulyono juga menyarankan agar masyarakat melakukan kegiatan di luar ruangan pada pagi sampai siang hari saja. Lantaran sore sampai malam tahun baru diprediksi bakal hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Jika Anda sudah berencana melewati malam terakhir tahun 2019 dengan pesta tahun baru 2020 di pantai, selalu waspada gelombang tinggi. Jangan lupa pakai baju tebal, cuaca diperkirakan bakal tidak bersahabat di malam menjelang tahun baru 2020. (Ndu/R7/HR-Online)