Herdiat: Ciamis Sudah Miliki Perda dan Perbup untuk Kurangi Kejahatan Terhadap Anak

Kejahatan Terhadap Anak
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyalami Ketua Komnas Perlindungan Anak, Aris Merdeka Sirait.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, mengatakan Kabupaten Ciamis sudah memiliki Perda dan Perbup untuk melindungi anak dari kejahatan.

Hal itu disampaikan Herdiat saat menghadiri Seminar Nasional Pencegahan Kejahatan terhadap Anak yang diinisiasi oleh Polres Ciamis.

“Ciamis sudah melakukan upaya untuk mencegah kejahatan terhadap anak. Salah satunya melalui sosialisasi kepada masyarakat. Bahkan Ciamis sudah memiliki Perda dan Perbup untuk mengurangi kejahatan terhadap anak,” kata Herdiat dalam sambutannya di Aula Gedung PKK Caimis, Selasa (10/12/2019).

Herdiat menuturkan, kejahatan terhadap anak terjadi lantaran mental masyarakat dan faktor ekonomi yang memicu adanya konflik keluarga.

“Harapannya, para stakeholder di Kabupaten Ciamis bahu membahu dalam menyosialisasikan pencegahan kejahatan terhadap anak,” lanjut Herdiat.

Saat ini, menurut Herdiat Pemerintah tengah berusaha mewujudkan masyarakat Ciamis yang sehat lahir maupun batin. Selain itu juga pandai sesuai IPM (Indeks Pertumbuhan Masrakat).

“IPM yang meningkat sementara dari sisi ekonomi, diharapkan masyarakat Ciamis mampu membeli walapun harga-harga kebutuhan di pasar mahal,” ucapnya.

Sementara itu, Seminar Nasional tersebut diisi dengan dialog interaktif dengan menghadirkan pemateri dari Komnas Anak, Aris merdeka Sirait. Seminar ini juga dimoderatori oleh salah satu pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, Fadli Yani Ainusyam.

AKBP Bismo Teguh Prakoso, Kapolres Ciamis, mengatakan, saat ini banyak kasus kejahatan yang terjadi pada anak-anak di Ciamis.

“Kebanyakan kasus yang terjadi adalah kasus asusila yang dilakukan oleh orang dari berbagai latar belakang,” kata Bismo.

Seminar tersebut, kata Bismo bertujuan sebagai upaya pencegahan dan usaha untuk menurunkan angka kejahatan yang menimpa anak-anak.

“Melalui pemaparan langsung dari pakarnya, Aris Merdeka Sirait selau aktifis Komnas Anak, semoga ada solusi untuk permasalahan terkait kekerasan pada anak,” ungkap Bismo.

Lebih lanjut Bismo berharap Seminar ini bisa mendorong Ciamis menjadi Kabupaten Layak Anak di Wilayah Hukum Polres Ciamis.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Ciamis juga mendapatkan penghargaan sebagai Kapolres Peduli Anak. Sementara Polres Ciamis juga diganjar penghargaan atas kesigapan dalam menuntaskan kasus kejahatan terhadap anak. Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua Komisioner Komnas Anak Aris Merdeka Sirait. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...