HP 4G 400 Ribuan, Bisa Facebook dan WhatsApp

HP 4G 400 ribuan dari Advan sudah bisa facebook dan WhatsApp.
HP 4G 400 ribuan dari Advan sudah bisa facebook dan WhatsApp. Photo : Net/Ist.

HP 4G 400 ribuan dari Advan sudah bisa facebook dan WhatsApp. HP 4G 400 ribuan ini merupakan produk smart feature yang dirilis Advan hasil kolaborasi dengan operator selular Indosat Ooredo.

HP smart feature 4G yang diluncurkan di Indonesia pada Rabu (11/12/2019) ini hadir untuk menyasar pasar pengguna di second tier city. Kehadirannya diharapkan bisa mewujudkan kesetaraan informasi teknologi digital di seluruh Tanah Air.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/12/2019), HP 4G 400 ribuan tersebut diklaim akan memudahkan Indosat Ooredoo untuk masuk pasar second tier city di Indonesia.

Sebagai operator seluler, Indosat Ooredoo mengaku bahwa pihaknya ingin mendukung dalam pemerataan digital di Indonesia, salah satunya dengan cara merilis HP Online 4G Smart Feature Phone yang menawarkan beberapa kelebihan untuk pelanggan.

GM Marketing Advan, Aria Wahyudi, mengatakan, pihaknya menyambut positif diluncurkannya HP 4G Smart Feature tersebut.

Ia menilai, hal ini adalah langkah awal pihaknya untuk memberi kesempatan yang lebih luas bagi warga masyarakat Indonesia menikmati akses layanan jaringan 4G, dengan harga HP yang sangat terjangkau.

HP 4G Harga 400 Ribuan

KaiOS

Smart feature phone 4G ini berjalan dengan sistem operasi khusus bernama KaiOS yang berbasis Linux. Sistem ini dimiliki oleh sebuah perusahaan yang berbasis di AS, yakni KaiOS Technologies.  

Seperti dikatakan Direktur Operasional Advan, Chandra Tansri, bahwa HP 4G smart feature phone ini dibekali KaiOS, seperti halnya Android yang banyak dipakai.

“Ini tentunya memberikan experience baru, yang mana terdapat fungsi baru, termasuk aplikasi Youtube serta 4G. Semoga bisa diterima oleh kalangan umum,” kata Chandra.

Harga

Bagi pelanggan yang membeli HP harga Rp 449 ribu ini bakal mendapatkan sejumlah manfaat yang diberikan oleh Indosat Ooredoo.

Manfaat yang akan didapat diantaranya, pelanggannya bebas melakukan panggilan telepon ke sesama pelanggan Indosat lain.

Selain itu, tersedia pula paket data sebesar 12GB untuk satu tahun yang bisa digunakan mengakses Facebook, WhatsApp, YouTube, Twitter, dan Google Maps.

Untuk menikmati manfaat tersebut, pelanggan hanya cukup isi ulang pulsa minimalnya Rp 10 ribu dalam per bulannya.

HP 4G harga 400 ribuan ini akan tersedia di Makassar, Palu, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Pekanbaru, dan Medan mulai tanggal 28 Desember 2019 nanti.

Ponsel Feature Nokia

Berbicara soal feature phone, memang kala itu merek Nokia menjadi perusahaan teknologi yang menguasai pasar ponsel feature.

Tetapi, era ponsel feature kian tergerus seiring dengan semakin canggihnya teknologi perangkat ponsel, dan Nokia pun tertinggal jauh, tak seperti perusahaan teknologi lain yang mampu melahirkan deretan HP canggih.

Namun, setelah diakuisis oleh HMD Global, merek Nokia pun berupaya mengejar ketinggalan pada lini smartphone.

Meski belum mampu mengejar vendor ponsel seperti Samsung, Oppo, Realme, Vivo, dan lainnya, tapi dikabarkan Nokia, vendor ponsel asal Finlandia itu bakal merilis HP seri feature phone yang baru.

Menurut dokumen TENAA, pada hari Senin (02/12/2019), Nokia tengah mengembangkan ponsel feature baru bernomor model TA-1242.

Pakai 3G

Saat ini banyak operator di sejumlah negara yang meninggalkan jaringan 2G. Oleh karena itu, ada kemungkinan HP baru Nokia tersebut akan mendukung jaringan 3G.

Nokia dengan nomor model TA-1242, berdasarkan paten akan mengadopsi desain HP lawas yang lengkap dengan dibekali keyboard T9.

HP tersebut berdimensi 13.45×50.1×117.98mm dengan berat 79.17gr, serta layar TFT yang lebarnya 2,4 inchi dengan resolusi 320 x 240 pixel.

Baterai

Jika dilihat dari segi konfigurasi, HP Nokia baru ini dibekali baterai berkapasitas 800 mAh. Berdasarkan gambar TENAA, ponsel feature tersebut dilengkapi baterai yang dapat dilepas.

Di sektor kamera, Nokia menyematkan kamera di belakang 3MP lengkap dengan flash di sebelah kiri. Mungkin bagi sebagian besar negara menganggap teknologi tersebut sudah tidak relevan.

Namun, perlu diketahui pula bahwa masih banyak warga di dunia ini yang menggunakan jaringan 3G maupun 2G.

Bahkan, orang tua pun saat ini masih banyak yang lebih memilih menggunakan HP yang lebih simpel dan sederhana ketimbang menggunakan smartphone. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...