HP Oppo A91 dan Oppo A8 Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Harganya

HP Oppo A91 dan Oppo A8 resmi diluncurkan di negara asalnya, China.
HP Oppo A91 dan Oppo A8 resmi diluncurkan di negara asalnya, China. Photo: Istimewa.

HP Oppo A91 dan Oppo A8 resmi diluncurkan di negara asalnya, China. Dilansir dari GSMArena, Senin (23/12/2019), HP Oppo A91 dan Oppo A8 akan menyasar segmen ponsel kelas menengah.

Kedua smartphone tersebut sama-sama masuk dalam ponsel A series, namun masing-masing memiliki desain serta spesifikasi cukup berbeda.

Meski begitu, untuk sektor daur pacu HP Oppo A91 dan Oppo A8 ini sama-sama menggunakan chipset MediaTek.

Spesifikasi HP Oppo A91

HP Oppo A91 dan Oppo A8 resmi diluncurkan di negara asalnya, China. Photo: Istimewa.

Perangkat terbaru dari Oppo ini dinekali layar berukuran 6,4 inci dengan panel AMOLED yang mampu menampilkan gambar beresolusi Full HD+, dan memiliki rasio 20:9.

Kemudian, layar bagian atasnya terdapat poni yang menyerupai tetesan air atau waterdrop notch. Keberadaan poni ini untuk memuat selfie camera Oppo A91 sebesar 16 MP.

Beralih ke bagian punggung, HP Oppo A91 membawa empat kamera yang terpatri di sisi bagian kiri dan tersusun secara vertikal di dalam sebuah wadah.

Empat kamera tersebut terdiri dari 48 MP kamera utama, 8 MP kamera ultrawide, 2 MP kamera makro, serta 2 MP depth sensor.

Di sektor dapur pacunya, Oppo A91 ditenagai chipset MediaTek Helio P70 dipadukan dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB.

Untuk menunjang kinerjanya, Oppo menanamkan baterai berkapasitas 4.000 mAh berikut VOOC 3.0 untuk pengisi daya secara cepat.

Fitur lainnya, Oppo A91 memiliki fingerprint (pemindai sidik jari) yang ditanam di dalam layar, dan berjalan dengan sistem OS Android Pie 9 dilapisi dengan sistem antarmuka (UI) khas Oppo, serta ColorOS 6.1.

Spesifikasi HP Oppo A8

HP Oppo A8. Photo: Istimewa.

Berbeda dengan A91, HP Oppo A8 dibekali layar yang dimensinya lebih besar, yaitu 6,5 inci. Tapi untuk resolusinya lebih rendah sedikit, yakni HD+ berikut panel layar IPS.

Selain itu, Oppo A8 juga dibekali waterdrop notch yang memuat kamera 8 MP untuk kebutuhan selfie. Di bagian belakangnya terdapat tiga kamera yang tersusun secara vertikal di sisi kiri.      

Tiga kamera Oppo A8 masing-masing beresolusi 12 MP untuk kamera utamanya, 2 MP kamera makro, dan 2 MP kamera depth sensor.

Perbedaan lain HP Oppo A91 dan Oppo A8 adalah di sektor keamanan ponsel. Diketahui bahwa Oppo A8 masih meletakan pemindai sidik jari di bagian belakang bodi ponsel.

Sedangkan, untuk dapur pacunya, Oppo A8 dipersenjatai chipset MediaTek Helio P35 yang dipadukan dengan RAM 4GB dan memori penyimpanan 128GB.

Smartphone terbaru Oppo seri A8 ini dibekali baterai berkapasitas yang lebih besar dari Oppo A91, yaitu 4.230 mAh.

Namun sayangnya, untuk pengisi daya cepat belum dihadirkan pada Oppo A8 ini. Meski begitu, perangkat ini sama-sama berjalan dengan OS Android Pie 9 yang dibalut UI ColorOS 6.1.

Dilansir GSMArena, HP Oppo A91 dan Oppo A8 sama-sama dibandrol harga di bawah Rp 4 juta. Untuk A91 dijual seharga 1.999 Yuan atau setara dengan Rp 3,9 jutaan, dan A8 1.199 Yuan, atau setara dengan Rp 2,4 jutaan.

Namun, belum ada informasi untuk ketersediaan kedua HP Oppo seri A tersebut, apakah akan dipasarkan di Indonesia atau tidak. Kita tunggu saja informasi selanjutnya. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...