HP Vivo Y12 Terbaik dan Terlaris di Indonesia, Ini Harga Terbaru di Akhir Tahun

HP Vivo Y12 Terbaik
HP Vivo Y12. Foto : Vivo Indonesia

HP Vivo Y12 menjadi salah satu smartphone yang banyak dicari, terbaik dan terlaris di Indonesia. Pasalnya, HP Vivo yang satu ini dibekali dengan spek dan fitur yang mumpuni, dan juga harganya pun terjangkau.

Vivo Y12 yang dirilis secara global pada bulan Juni 2019 ini memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya layar yang lebar, baterai jumbo, desain elegan serta performa yang tangguh dan cepat.

Sehingga dengan keunggulan tersebut tidak salah jika HP Vivo Y12 di Indonesia ini, menjadi salah satu smartphone besutan vendor China yang laris di tahun 2019.

Untuk saat ini di toko online, ponsel pintar Y12 dijual antara Rp 1,4 jutaan sampai Rp 2 jutaan.

Lantas dengan harga segitu, bagaimana spesifikasinya? Mengutip dari berbagai sumber berikut ini spek serta fitur yang dimiliki oleh Vivo Y12.

Spek HP Vivo Y12

Keunggulan dari seri Y12 besutan Vivo ini adalah terletak dari layarnya. Ya, HP ini memiliki bentang layar berukuran 6.35 inci dengan desain Ultra All Screen Display.

Resolusi pada layarnya ini 720 x 1544 piksel, dengan aspek rasio 19,3:9. HP Vivo Y12 ini memiliki bezel yang sangat tipis, dengan rasio layar ke bodinya sampai 89 %.

Dengan bezel yang tipis ini bisa menikmati layar dengan lebih luas, dan tidak sulit untuk dikendalikan, karena bisa dengan 1 tangan saja. Hal itu berkat tersedianya gesture control berdesain khusus.

Sementara untuk desainya terbilang kekinian dengan tampilan modern. Itu terlihat dari gradasi warnanya yang begitu memukau.

Diklaim pihak Vivo, bahwa inspirasi gradasi warnanya tersebut diperoleh dari danau serta pemandangan alam yang indah. Kelihatan pada pergerakan warna yang bergelombang, sebab kena bias oleh cahaya di permukaan air.

Sedangkan ukuran dimensi dari HP Vivo Y12 ini memiliki bodi memanjang, dengan ukuran 159,43×76,77×8,92 mm, dengan berat sampai 190,5 gram. 

Di bagian performa sebagai ponsel low-entry, seri Y12 ini terbilang cukup tangguh. Otaknya ini dipersenjatai chip MediaTek Helio P22 (12 nm), CPU octa-core dengan kecepatan 2.0 Ghz, dan GPU PowerVR GE8320.

Pendukung performa dari HP Vivo Y12, dipasang RAM berkepasitas 3 GB yang disandingkan dengan internal memori 32 GB dan 64 GB. Selain itu disediakan juga slot microSD sampai 256GB.

Dengan perpaduan seperti itu, maka Y12 ini bisa diandalkan untuk menjalankan kegiatan mobile sehari-hari. Pengguna bisa mengoperasi multitasking.

Selain itu, Vivo Y12 ini juga lancar saat bermain game. Pasalnya dibekali dengan Ultra Game Mode, serta fitur Dual-Turbo yang bisa mempercepat performa.

Keunggulan lainnya dari HP Vivo Y12 adalah di bagian baterainya yang jumbo. Meski termasuk smartphone low-entry namun memiliki baterai dengan kapasitas 5000 mAh.

Baterainya ini memiliki daya tahan yang lama, dengan dukungan fitur hemat daya cerdas. Namun kelemahannya tidak disediakan fitur pengisian cepat.

Spek dan Fitur Lainnya dari HP Vivo Y12

Sementara dari sektor fotografi, HP ini bisa diandalkan. Dengan harga yang terjangkau, di bagian belakangnya terpasang 3 kamera.

Ketiga kameranya itu masing-masing, 13 MP bukaan f/2.2, kemudian 8 MP dengan aperture f/2.2 (super wide angle) yang bisa memperluas pandangan sampai 120 derajat, dan 2 MP (depth sensor) bukaan f/2.4.

Kamera belakang HP Vivo Y12 ini tersusun secara vertikal di kiri sebalah atas, dengan LED flash di bawahnya.

Sedangkan kamera depan berkekuatan 8 MP yang dipasang di dalam notch berbentuk seperti tetesan air (waterdrop).

Untuk OS atau sistem operasi sudah berbasis Android 9.0 (Pie), dan juga menghadirkan Funtouch OS 9. Tersedia juga fitur untuk mentransfer fila dengan cepat yaitu Bluetooth 5.0.

Fitur lainnya dari HP Vivo Y12 antara lain, jack audio 3,5 mm, micro USB 2.0, WiFi, GPS dan lainnya. Sedangkan untuk keamanan menggunakan sensor pemindai sidik jari, yang dipasang di bodi belakang.

Harga seri Y12 di penghujung akhir tahun 2019 ini dijual dengan harga paling murah Rp 1,4 jutaan di berbagai e commerce yang ada di Indonesia.

Sedangkan di situs resminya, HP Vivo Y12 dengan RAM 3 GB dan internal memori 32 GB dibanderol Rp 1.799.000. Dan Rp 1.999.000 untuk RAM berkapasitas 3 GB dan ROM 64 GB. (Adi/R5/HR-Online)