Hujan Turun, Petani di Pangandaran Mulai Menggarap Sawah

Petani di Pangandaran
Para petani di Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran mulai menggarap sawahnya, seiring hujan yang mulai turun. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Musim penghujan sudah dimulai, para petani di Pangandaran mulai membersihkan dan membajak sawah.

Meski hujan baru turun di sebagian kecil wilayah, namun petani yang sawahnya sudah dialiri air sudah mulai bersiap untuk memulai menggarap sawahnya masing-masing.

Salah seorang petani di Pangandaran, warga Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Abdul Holik mengatakan, dirinya sengaja membajak sawah lebih awal agar petani lainnya bisa secepatnya mengikuti.

“Meski lahan saya digarap lebih awal, namun nanti masa tanamnya dipastikan akan disamakan,” ujarnya kepada HR Online, Sabtu (07/12/2019).

Abdul mengatakan, baru sebagian kecil petani saja yang mulai menggarap sawahnya. Hal ini lantaran musim hujan baru dimulai, selain itu tidak semua sawah sudah teraliri air.

“Hanya sebagian kecil saja, mengingat musim hujannya juga baru mulai dan belum semua sawah bisa teraliri air, apalagi tak sedikit di sini sawah yang tadah hujan,” katanya.

Lebih lanjut Abdul Holik mengatakan, jika semua petani di wilayahnya sudah menggarap dan membajak sawahnya masing masing, maka dalam 20 hari ke depan sawah mereka sudah bisa ditanami.

“Saya berharap semua petani bisa secepatnya menggarap sawah agar musim paceklik di wilayah Langkaplancar tak terlalu lama, kasihan mereka yang sudah kehabisan stok padi dan harus membeli beras,” pungkasnya. (Enceng/R7/HR-Online)

Loading...