Infrastruktur Jalan, Pemkab Pangandaran Optimis Tahun 2020 Selesai 100 Persen

Infrastruktur Jalan Pangandaran
Sekda Pangandaran, Kusdiana. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com)- Pemkab Pangandaran menargetkan pembangunan infrastruktur jalan di tahun 2020 selesai 100 persen. Padahal, sesuai dengan janji dan visi misi Bupai Jeje dan Wakil H Adang di RPJMD tahun 2020 targetnya mencapai 95 persen.

Menurut Sekda Pangandaran, Kusdiana, target 100 persen selesai tersebut melebihi target yang telah ditentukan, yakni 95 persen sesuai janji dan visi misi Bupati. Kendati demikian, ini merupakan keseriusan pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Saat ini sedang dilakukan perencanaan pembangunan pertama di jalan pesisir sepanjang 45 kilometer, mulai dari Lembah Putri Putra Pinggan sampai ke Legok Jawa,” kata Kusdiana kepada Koran HR, Senin (2/12/2019).

Selain merencanakan pembangunan jalan pesisir, kata Kusdiana, pihaknya juga merencanakan jalan ring road sebagai antisipasi kemacetan saat libur dan hari besar. Hal ini juga sangat menunjang exit tol Cilacap ruas Tol Gedebage, Tasikmalaya, Cilacap.

Ia menjelaskan, tol tersebut akan masuk wilayah Tunggilis, Ciparakan, Pagergunung, Sidomulyo, Sidamulih, Cikalong, Bojong, Cintaratu, Pangleseran, Ciwangkal, Pagerbumi, Harumandala, Jayasari, dan Desa Ciwilis.

Perencanaan selanjutnya, sambung Kusdiana, Pemkab Pangandaran bakal membangun jalan baru yang bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antar daerah kecamatan, seperti ruas jalan Sidomulyo-Sidamulih, Sidamulih-Cikalong-Parigi-Bojong, Sidamulih-Kersaratu-Parigi-Selasari, Pagergunung-Kalijati, dan Ciwangkal-Cigugur-Jadimulya-Langkaplancar.

“Selanjutnya pembukaan jalan alternatif keluar masuk Pangandaran untuk mengoptimalkan jumlah kunjungan wisatawan, mengurai kemacetan dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, seperti ruas jalan Parigi-Cikohkol, Parigi-Cimaragas, Cimerak-Cimedang,” jelasnya lagi.

Masih dikatakan Kusdiana, pemerintah juga akan membangun jalan akses Pelabuhan Pangandaran, yakni untuk menunjang transportasi keluar masuk pelabuhan Pangandaran di Bojongsalawe, mulai jalan masuk Kemplung Parigi.

“Mudah-mudahan pembangunan untuk tahap berikutnya ini Kabupaten Pangandaran akan lebih maju dan hebat lagi,” pungkasnya. (Mad/Koran HR)

Loading...