Ini Alasan Pentingnya Duduk Tegak untuk Kesehatan

pentingnya duduk tegak
Ilustrasi duduk tegak. Foto: Istimewa

Tahukah anda seberapa pentingnya duduk tegak untuk kesehatan tubuh? Kalau hanya biar tidak bungkuk saja, kenapa posisi duduk tegak selalu ditekankan kalangan medis dalam berbagai sarannya? Yang pasti, duduk tegak ada korelasinya dengan kesehatan.

Perkembangan dunia yang makin modern justru makin mengurangi aktivitas fisik dalam kesehariannya. Orang sekarang lebih sering duduk dibandingkan berdiri, berjalan, ataupun gerakan fisik lainnya.

Sebagian besar gedung perkantoran, baik kantor pemerintah, perusahaan swasta, hingga lembaga bisnis lebih banyak diisi meja dan kursi. Mereka pun lebih banyak menghabiskan waktu kerjanya dengan duduk di depan komputer.

Jika kegiatan anda lebih banyak dilakukan dengan duduk, maka sebaiknya mulailah memperhatikan posisi duduk anda. Duduk dengan posisi yang salah justru mengundang bahaya yang mengancam anda.

Untuk menjalankan berbagai aktivitas, tubuh ditopang dengan tulang. Namun dalam menjaga keseimbangan dan kesetabilan tubuh, bagian yang memainkan peran yang sangat penting adalah tulang punggung.

Menjaga tulang punggung sangat berguna bukan hanya agar tubuh tidak cepat menjadi bungkuk, namun juga penting untuk kesehatan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan duduk dengan posisi yang benar, yaitu duduk tegak.

Manfaat Pentingnya Duduk Tegak

Selain untuk menjaga tulang punggung, duduk tegak juga banyak manfaatnya untuk kesehatan. Berikut ini manfaat dan pentingnya duduk tegak bagi kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui umum.

Dapat Meningkatkan Energi Tubuh

Manfaat duduk tegak yang sangat penting adalah untuk meningkatkan energi tubuh. Posisi duduk yang benar ini tidak akan membuat tubuh merasa cepat lelah ataupun lemas.

Penelitian Dr Erik Peper dari San Francisco State University menemukan bahwa duduk dengan posisi lebih sering membungkuk justru membuat tubuh cepat lemas dan lelah karena energinya banyak terbuang.

Meningkatkan Rasa Optimis

Penelitian Dr Erik Peper juga menemukan fakta pentingnya duduk tegak. Postur tubuh ternyata berkorelasi positif dengan rasa optimis. Karena itu orang yang berpandangan optimis memiliki postur atau posisi tubuh yang tegak, termasuk saat duduk.

Buat anda yang sering pesimis, anda bisa mengubah cara dan posisi duduknya dengan duduk tegak untuk membangkitkan energi optimismenya. Hal ini mungkin sering tidak kita sadari atau karena kita sering menyepelekannya.

Mencegah Terjadinya Sakit Punggung

Meskipun sakit atau nyeri punggung tidak selalu disebabkan karena posisi duduk, namun pentingnya duduk tegak dengan posisi yang benar dapat menghindarkan terjadinya nyeri pada punggung.

Sebaliknya, duduk dengan posisi membungkuk justru akan membuat otot dan tulang belakang akan tertekan. Kondisi ini malah bisa meningkatkan risiko terjadinya nyeri punggung.

Mengatasi Stres dan Tekanan

Penelitian dari The University of Auckland membuktikan bahwa duduk dengan posisi tegak ternyata mampu mengatasi stres dan meredakan tekanan. Karena itu duduk tegak merupakan cara alami yang efektif mengatasi stres.

Meningkatkan Suasana Hati

Pentingnya duduk tegak yang seharusnya tidak boleh disepelekan karena mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik. Meningkatnya rasa optimis akan membuat hati juga menjadi lebih nyaman.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Selain mampu mengatas stres dan meningkatkan optimisme, duduk tegak juga bermanfaat dalam meningkatkan rasa percaya diri. Tak sedikit petinggi perusahaan yang menerapkan kebiasaan duduk dan berdiri tegak untuk membangun kepercayaan diri.

Meningkatkan Kualitas Pernapasan

Tahukah anda jika posisi duduk tegak merupakan teknik pernapasan perut yang diterapkan dalam dunia teater?

Teknik ini berguna untuk melancarkan sistem pernafasan. Otot tenggorokan yang menjadi kendur akan membuat suara menjadi lebih berat.

Menguatkan Konsentrasi

Meningkatkan konsentrasi atau fokus pada suatu pekerjaan bisa dilakukan dengan posisi duduk yang benar. Pentingnya duduk tegak karena akan membuat peredaran darah menjadi lancar, khususnya yang membawa oksigen ke otak.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Duduk tegak juga memberikan efek yang sangat berguna dalam meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Pencernaan yang baik akan membuat konsentrasi kerja menjadi lebih baik.

Sebaliknya, posisi duduk dengan membungkuk justru bisa menekan organ pencernaan. Kondisi ini selain bisa menurunkan fungsinya, juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti asam lambung.

Dengan begitu, betapa pentingnya duduk tegak bagi kesehatan tubuh yang mungkin luput dari perhatian banyak orang. Membiasakan posisi duduk yang benar akan memberikan banyak manfaat, percayalah! (R9/HR-Online)

Loading...