Inilah Hasil Kinerja Chipset Oppo Reno 3 dari Master Lu

kinerja chipset oppo reno 3
Kinerja Chipset Oppo Reno 3. Foto: Ist/Net

Kinerja chipset Oppo Reno menjadi pertanyaan berbagai pihak. Mengingat Oppo Reno 3 akan menjadi smartphone pertama 5G dari Oppo.

Smartphone ini akan dibekali dengan teknologi 5G Midrange. Oleh karena itu, banyak pihak yang penasaran dengan dapur pacunya.

Seperti yang diketahui bahwa chipset yang digunakan adalah Snapdragon dan Dimensity. Chipset dari Qualcomm dan Mediatek memang tidak diragukan lagi kualitasnya.

Kinerja Chipset Oppo Reno dari Qualcomm

Oppo merupakan vendor asal Tiongkok yang menghadirkan banyak smartphone canggih. Kali ini Oppo hadir dengan smartphone pertamanya yang berteknologi 5G.

Smartphone ini akan hadir dengan teknologi chipset yang luar biasa. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa chipset yang digunakan adalah rancangan MediaTek dan Qualcomm.

Oppo akan meluncurkan dua ponsel sekaligus yaitu Reno 3 dan Reno 3 Pro. Lalu bagaimana kinerja chipset yang digunakan?

Seperti yang diketahui bahwa chipset yang digunakan berbeda. Hal ini juga membuat performa dapur pacu yang dimiliki berbeda.

Pasalnya, setiap chipset memiliki spesifikasi tersendiri. Bahkan setiap chipset memiliki kekuatan yang berbeda-beda.

Oppo Reno 3 akan dibekali dengan Dimensity 1000 dari Mediatek. Kemudian Oppo Reno 3 Pro akan dibekali dengan Snapdragon 765G dari Qualcomm.

Keduanya jelas memiliki kinerja yang berbeda-beda. Namun dapat dipastikan kinerja chipset Oppo Reno sangat mumpuni dan dapat diandalkan.

Sebelum diluncurkan, kedua chipset ini akan mendapat pengujian terlebih dahulu. Sehingga bisa dilihat bagaimana kinerja kedua chipset ini.

Perbandingan kedua performa ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk memilih smartphone Oppo. Sebenarnya tidak hanya chipset saja yang berbeda, tetapi RAM benchmarknya juga berbeda.

Kinerja chipset Oppo Reno juga ditentukan dengan kapasitas RAM. Jika kapasitasnya berbeda, maka kinerja juga berbeda.

Perlu diketahui bahwa Reno 3 yang dibekali Dimensity 1000 didukung dengan RAM 12 GB. Sedangkan Reno 3 Pro dengan Snapdragon dibekali dengan RAM 8 GB.

Namun pihak Oppo akan mengembangkan Reno 3 Pro dengan RAM 12 GB. Kemudian penyimpanan internal mencapai 128 GB dan 256 GB.

Detail Kinerja Chipset Oppo Reno

Menurut pengujian Master Lu, chipset rancangan Qualcomm memiliki clock speed yang cukup tinggi. Snapdragon 765G memiliki clock speed sekitar 2,3GHz.

Kecepatan tersebut telah mendapatkan poin hingga 134.320. Nilai ini tentunya berbeda dengan kinerja chipset Dimensity 1000 dari Mediatek.

Dimensity 1000 dari Mediatek memiliki clock speed 2,2 GHz. Kemudian mendapatkan nilai skor sekitar 110.392.

Hal ini membuktikan bahwa chipset rancangan Qualcomm mengungguli Mediatek. Meskipun begitu, keduanya sama-sama canggih dan berkualitas.

Selain sektor clock speed dan skor terdapat sektor lainnya. Jadi, tidak hanya skor saja yang mencerminkan kinerja kedua chipset.

Sektor CPU

Kinerja chipset Oppo Reno juga dilihat dari sektor CPU. Jelas saja keduanya memiliki CPU yang berbeda.

Snapdragon 765G pada Reno 3 menggunakan Adreno 620. Penggunaan ini mendapatkan skor 97.786 poin. Berbeda dengan Reno 3 Pro yang dibekali Dimensity 1000.

Chipset Reno 3 didukung dengan Dimensity 1000L yang meraih skor 104.188 poin. Skor ini berbanding terbalik dengan yang sebelumnya.

Dimensity 1000 dari Mediatek lebih unggul dari Snapdragon 756G. Tidak hanya itu saja, kinerja yang lainnya dapat dilihat dari beberapa sektor. Salah satunya adalah sektor Random Acces Memory atau yang lebih dikenal dengan RAM.

Perlu diketahui bahwa dari sektor RAM, Mediatek lebih unggul. Hal ini dilihat dari perolehan skor yang didapatkan oleh kedua chipset.

Perbandingan kedua chipset ini cukup signifikan. Ketika Dimensity memperoleh skor 50.392, sedangkan Snapdragon 765G memperoleh 40.695 poin.

Oleh karena itu, Reno 3 dan Reno 3 Pro memang memiliki kinerja yang berbeda-beda. Meskipun kinerja chipset Oppo Reno berbeda, namun masih tetap berkualitas.

Keduanya memang berbeda lantaran perancang juga berbeda. Tidak hanya itu, smartphone yang akan diotaki juga berbeda.

Kinerja selanjutnya bisa dilihat dari sektor penyimpanan. Snapdragon 765G dan Dimensity 1000 memiliki kapasitas yang berbeda. Hal ini juga berdampak pada perolehan skor.

Namun Reno 3 yang dibekali dengan Dimensity memang lebih unggul. Pasalnya Reno 3 mendapat skor 40.695 dengan kecepatan baca 1.015 MB/s.

Sedangkan kecepatan tulisnya mencapai 219 MB/s. Kecepatan baca dan tulis keduanya juga berbeda.

Snapdragon 765G memiliki kecepatan baca 589 MB/s. Sedangkan kecepatan tulisnya mencapai 236 MB/s. Dengan kecepatan tersebut, Reno 3 Pro mendapat perolehan skor 34.765 poin.

Dari beberapa sektor memang secara keseluruhan Dimensity lebih unggul. Hal ini membuktikan bahwa Mediatek memiliki kualitas mumpuni.

Kinerja chipset Oppo Reno ini memang berbeda-beda. Namun setiap chipset memiliki keunggulan di masing-masing sektor. (R10/HR-Online)