Irit dan Praktis, SMK di Pangandaran Ini Gelar Ujian Semester Berbasis Android

Ujian Semester Berbasis Android
SMKN 1 Padaherang, Kabupaten Pangandaran saat melaksanakan Ujian Semester Berbasis Android, Rabu (4/12/2019). Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Berbagai inovasi ditempuh oleh sekolah dengan memanfaatkan teknologi. Salah satunya di SMKN 1 Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Sekolah ini menggelar ujian semester berbasis Android.

Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Padaherang, Drs Oo Kosidin, mengatakan, tahun 2019, hal berbeda dilakukan oleh sekolah, terutama saat siswa mengikuti Ujian Akhir Semester.

“Saat ini seluruh siswa siswi mulai dari kelas satu hingga kelas tiga dan dari berbagai jurusan mengikuti ujian semester berbasis Android, yakni ujian dengan menggunakan HP Android, tentunya secara tidak langsung, ini telah memberikan kemudahan kepada para siswa dalam ujian,” ujar Oo kepada HR Online, Rabu (4/12/2019).

Selain itu, ada keuntungan tersendiri saat ujian menggunakan HP Android, yakni dari sisi finansial yang irit biaya.

“Sangat irit, sehingga biaya ujian bisa dipergunakan untuk kebutuhan lainnya yang positif,” kata Oo.

Oo menuturkan, dengan memanfaatkan teknologi modern saat ini, para siswa dalam mengerjakan ujian pun lebih praktis.

Sementara itu, teknisi SMKN 1 Padaherang, Giri R Bastian, mengatakan ujian semester berbasis teknologi ini dilakukan sekolah dengan menyiapkan perangkat hardisk yang cukup.

“Sebelumnya, pihak sekolah telah menyiapkan hardisk yang dibutuhkan, selanjutnya, kami sosialisasikan hal ini kepada para siswa, tentang penggunaan aplikasi program ujian yang sudah dipersiapkan,” ungkapnya.

Saat pelaksanaan ujian, lanjut Giri, para siswa bisa mengerjakan soal-soal ujian dengan lancar dan lebih praktis.

“Alhamdulillah dalam pelaksanaannya para siswa tidak kesulitan ketika mengakses soal ujian semester di HP Androidnya masing-masing,” kata Giri.

Giri menambahkan, ujian semester berbasis Android bisa mempercepat proses penilaian yang dilakukan oleh para guru.

“Hasilnya juga bisa diketahui langsung oleh siswa, karena hasil ujian dikirim ke HP masing-masing siswa,” pungkasnya. (Entang/R7/HR-Online) 

Loading...