Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Sembako di Pasar Banjar Relatif Stabil

Harga Sembako di Pasar Banjar
Sebagian pembeli saat melakukan transaksi di pasar Kota Banjar. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Menjelang libur hari raya Natal dan tahun baru tahun 2020, beberapa harga kebutuhan pokok di Pasar Kota Banjar, Jawa Barat, terpantau stabil.

Bahkan, cabai yang sempat meroket dikasaran harga Rp. 80 ribu per kilogram saat puncak kemarau beberapa waktu yang lalu, kini harganya tergolong murah. Hanya pada komoditas tertentu yang mengalami kenaikan.

Salah satu penjual kebutuhan pokok di Pasar Banjar, Dede mengatakan, sampai saat ini harganya relatif stabil, hanya pada komoditas tertentu saja.

“Belum ada kenaikan. Cabai yang biasanya mahal juga sekarang lagi murah. Paling kentang yang rada naik, itu juga nggak banyak,” kata Dede kepada HR Online, Rabu (11/12/2019).

Dede menyebutkan, saat ini harga eceran cabai rawit hanya Rp. 40 ribu per kilogram. Untuk lombok hijau besar Rp. 18 ribu. Begitu pun dengan kebutuhan yang lain, misal telor, minyak dan daging terpantau stabil.

Hal senada juga dikatakan Erik, penjual daging ayam sayur di Pasar Banjar. Ia mengatakan, biasanya untuk kenaikan tersebut mendekati hari H perayaan tahun baru.

Ia pun berharap, harga tetap stabil agar daya beli masyarakat tetap terjaga dan tidak ada pihak yang dirugikan.

“Sekarang harga daging ayam masih Rp 32 ribu naik sekitar Rp 1500 per kilo dari harga kemarin. Biasanya mendekati tahun baru bisa nyampai Rp 35 ribu. Kalau bisa harganya stabil,” kata Erik.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan (KUKMP) dan Industri Kota Banjar, Saefudin, usai acara rakor lintas sektoral bersama Polres Banjar mengatakan, untuk mengantisipasi adanya penimbunan barang dan menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok, pihaknya berencana mengadakan operasi pasar.

“Nanti kita koordinasikan. Kemungkinan dalam waktu dekat ini,” singkatnya. (Muhlisin/R5/HR-Online)