Karang Taruna Baregbeg Ciamis Salurkan Air Bersih Secara Swadaya

Karang Taruna Baregbeg
Karang Taruna Kecamatan Baregbeg, Kabupatan Ciamis, saat menyalurkan air bersih di Desa Mekarjaya, Kamis (5/12/2019). Foto: ES/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),–  Setelah menerima bantuan dua buah toren penyimpanan air, Karang Taruna Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis langsung menyalurkan air bersih ke warga di Dusun Balemoyan, Desa Mekarjaya, Kamis (5/12/2019).

Kedatangan mereka disambut antusias warga dengan membawa peralatan untuk menampung air seperti ember dan jerigen.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Baregbeg, Dadan, ketika ditemui HR Online, mengatakan, toren tempat penampungan air sangat diperlukan untuk menyakurkan air bersih di wilayah Kecamatan Beregbeg.

“Bantuan toren tidak kami sia-siakan, setelah diterima pengurus Karang Taruna, kami langsung mengisi dengan air bersih dan langsung disalurkan, karena sebagian warga di 9 desa di Kecamatan baregbeg masih banyak yang membutuhkan air bersih, terlebih sekarang masih musim kemarau,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dadan mengatakan, bantuan toren ini menjadi inventaris Karang Taruna Baregbeg yang akan digunakan untuk melayani warga yang membutuhkan air bersih selama musim kemarau.

“Bagi siapa saja pengurus karang taruna yang ingin menyalurkan air bersih di desa masing-masing bisa menggunakan toren ini secara swadaya, tinggal mengatur jadwal penggunaan saja,” katanya.

Sementara Ujang, salah seorang warga, mengatakan, bantuan air bersih yang disalurkan oleh Karang Taruna Baregbeg ini sangat membantu dirinya dan warga lainnya yang saat ini kekurangan air bersih.

“Karena sekarang masih musim kemarau, jelas bantuan air bersih sangat dibutuhkan terutama di daerah yang kekerungan ari bersih, sebab sumur sebagai mata air warga saat ini masih mengering,” katanya.

Kata Ujang, air bersih yang diberikan akan digunakan untuk keperluan memasak dan juga air minum di rumah.

“Memang air ini sangat diperlukan sekali, terlebih bagi warga yang suka mengambil air bersih di lokasi yang cukup jauh dari rumah,” kata Ujang. (ES/R7/HR-Online)

Loading...