Kasus Medis Paling Aneh dan Langka Sepanjang 2019 Ini Jadi Sorotan Dunia

Kasus Medis Paling Aneh
Ilustrasi Kasus Medis Paling Aneh dan Langka. Foto: Istimewa

Sepanjang tahun 2019 ini, ada deretan kasus medis paling aneh dan langka yang sangat mencuri perhatian dunia. Disebut aneh dan langka karena memang kasus medis ini terkesan tak biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Disamping itu, para pakar yang ahli di bidangnya juga merasa kesulitan dalam menjelaskan. Jika anda sudah mulai penasaran ingin mengetahui apa saja kasus medis tersebut, anda bisa tahu selengkapnya dalam pembahasan kali ini.

Kasus Medis Paling Aneh Sepanjang 2019

Berikut adalah beberapa kasus medis yang dinilai aneh dan langka sepanjang tahun 2019 ini. Pastikan anda menyimaknya sampai selesai.

Darah Biru

Darah biru seringkali menjadi julukan untuk keluarga bangsawan. Namun tahukah anda bahwa darah biru ini ternyata memang ada dan bukan berasal dari seorang bangsawan.

Tak seperti darah pada umumnya yang berwarna merah, seorang wanita di Rhode Island Amerika Serikat yang berusia 25 tahun memiliki darah berwarna biru tua.

Kasus medis paling aneh yang diterbitkan pada 19 September 2019 ini diketahuinya setelah merasakan gejala kelelahan, lemas, dan sesak nafas. Kemudian warna kulitnya tampak berubah menjadi biru.

Ketika memeriksakan ke dokter, darah wanita tersebut diambil dan diketahui berwarna biru. Dari kondisi yang mengejutkan ini, dokter mendiagnosa wanita tersebut dengan methemoglobinemia.

Methemoglobinemia adalah kelainan darah karena haemoglobin protein tak bisa melepaskan oksigen secara efektif. Dengan begitu, kulit dan darahnya menjadi kebiruan.

Mengenai penyebabnya, darah biru bisa menjadi efek samping dari hasil reaksi obat tertentu. Selain itu, juga bisa karena faktor keturunan.

Setelah diperiksa lebih lanjut, ternyata wanita ini mengonsumsi obat sakit gigi sebelum mengalami gejala. Kondisinya pun bisa pulih setelah dokter memberikan obat methylene blue.

Urine Ungu

Di bulan berikutnya, tepatnya pada 31 Oktober 2019, ada lagi kasus medis yang menyedot perhatian dunia. Dimana kasus medis ini berupa urine yang berwarna ungu.

Kondisi ini dialami oleh seorang wanita asal Perancis setelah dirawat di rumah sakit selama 10 hari. Tas kateter yang berperan penting sebagai wadah penyimpanan urine berubah warna dari kuning menjadi ungu.

Setelah dicek, kasus medis paling aneh ini ternyata hasil dari reaksi kimia di dalam tas kateter. Penyebabnya karena bakteri mengubah bahan kimia dalam urine menjadi senyawa berwarna merah dan biru sehingga tampak seperti ungu.

Walau aneh, namun kondisi yang dikenal dengan sindrom kantong urine ungu tidaklah berbahaya. Wanita tersebut juga bisa kembali pulih selang 4 hari setelah dilakukan peningkatan hidrasi.

Sindrom Patah Hati

Kasus medis yang satu ini diterbitkan pada 20 September 2019. Sindrom ini bermula dari mengonsumsi wasabi dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut dilakukan seorang wanita tanpa sadar.

Wanita tersebut mengira bahwa wasabi ini adalah alpukat karena sama-sama berwarna hijau. Namun kalau dari rasa, jelas keduanya berbeda.

Karena salah membedakan, wanita berusia 60 tahun ini merasakan tekanan secara mendadak di dada dan menjalar ke bagian lengan.

Kondisi ini didiagnosa dokter dengan sindrom patah hati. Dimana kondisi ini memperlihatkan ruang pemompaan utama jantung, ventrikel kiri, tampak membesar dan melemah.

Wanita ini pun mendapatkan perawatan intensif dengan obat jantung untuk menyembuhkannya dari sindrom ini. Setelah sekitar sebulan, wanita ini bisa pulih kembali.

Kasus Medis Paling Aneh Sepanjang Sejarah

Sebelum memasuki tahun 2019, ada beberapa kasus medis yang juga terkesan aneh dan langka. Bahkan dinilai sebagai kasus medis teraneh sepanjang sejarah. Mau tahu apa saja kasus medis tersebut? Simak saja ulasan berikut.

Cyclopia

Cyclopia adalah salah satu kasus medis paling aneh yang menghebohkan. Kasus medis ini berupa kondisi kelahiran yang aneh. Bagaimana tidak, saat proses terbentuknya embrio, kedua mata tak bisa terpisah.

Kondisi mata yang bergabung ini tetap terlihat saat terlahir. Karena kondisi ini, bayi akan langsung meninggal setelah dilahirkan. Namun ada juga yang bisa bertahan hanya dalam beberapa jam.

Tanduk di Kepala

Kasus medis ini membutuhkan waktu selama 6 tahun untuk tanduk bisa tumbuh. Kondisi ini berhasil ditangani oleh seorang ahli bedah Perancis yang terkenal.

Kasus medis paling aneh ini memang sangat mengejutkan. Kondisi yang dialami oleh Madame Dimanche ini juga belum pernah terjadi sebelumnya. (R10/HR-Online)