Kebiasaan Pengendara Motor ini Ternyata Salah

Kebiasaan Pengendara Motor

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Kebiasaan pengendara motor ini ternyata salah. Kendaraan bermotor jadi modal transportasi murah yang banyak diminati, bahkan jumlahnya pun terus bertambah.

Beberapa kebiasaan pengendara motor ternyata bisa dikatakan belum sempurna. Karena itulah, ada beberapa kebiasaan masih sering dilakukan pengendara dimana masih masuk dalam kategori tidak aman bahkan bisa dikatakan salah.

Standar keamanan dari berkendara menggunakan sepeda motor memang terus didengungkan oleh banyak pihak. Akan tetapi, aspek keamanan justru berkurang karena adanya kebiasaan buruk yang masih saja dilakukan.

Meskipun dianggap sepele, tetapi kebiasaan pengendara sepeda motor yang salah seperti berikut ini akan menimbulkan masalah.

Kebiasaan Pengendara Motor ini Ternyata Salah

Menggunakan Spion Tidak Standar Pabrik

Pemilihan spion juga menjadi salah satu perhatian penting yang kerap kali disepelekan oleh pengendara sepeda motor.

Akan lebih aman dan sempurna jika penggunaan kendaraan bermotor mengandalkan spion berstandar pabrikan resmi.

Dari sisi ukuran spion juga lebih standar, ditambah lagi desainnya sangat cocok untuk pengendara sepeda motor.

Membiarkan Lampu Depan Mati di Siang Hari

Berikutnya ada salah satu kebiasaan pengendara motor yang ternyata salah, yakni membiarkan lampu depan mati di siang hari.

Hal ini sudah bertentangan dengan aturan yang dibuat yakni Pasal 107 UU 22/2009. Isinya, setiap pengendara sepeda motor wajib menyalakan lampu di malam hari ataupun di siang hari.

Menyimpan Jas Hujan Basah di Bagasi

Kebiasaan Pengendara Motor yang sering dilakukan adalah mengalihfungsikan ruang bagasi yang seharusnya difungsikan untuk menyimpan berbagai barang.

Akan tetapi seiring dengan penggunaannya, seringkali jas hujan dalam kondisi basah disimpan tanpa dikeringkan dahulu hingga membuat bagian bagasi menjadi basah.

Dampak buruk dari kebiasaan satu ini adalah terjadinya gangguan pada bagian aki. Posisi dari aki biasanya berada di bawah bagian ruang khusus menyimpan jas hujan ataupun helm.

Untuk itulah cermati dan jangan lakukan kebiasaan buruk yakni menyimpan jas hujan basah di bagasi.

Tidak Menggunakan Perlengkapan Berkendara Lengkap

Meskipun banyak pengendara sepeda motor menggunakan beberapa perlengkapan berkendara, namun tidak cukup lengkap.

Padahal dari penggunaan sarana berkendara yang lengkap tersebut akan sanggup membuahkan rasa aman dan menjaga keselamatan Anda.

Beberapa perlengkapan berkendara seperti jaket, sepatu, sarung tangan, helm, masker, dan juga beberapa perlengkapan pelindung mata.

Jika Anda berkendara dalam jarak jauh, maka dari perlengkapan berkendara inilah yang menjadi bekal utama Anda untuk bisa merasa nyaman dan aman saat berkendara.

Aspek Keselamatan

Aspek keselamatan menjadi hal penting dan vital saat berkendara menggunakan sepeda motor. Jadi jangan sampai Anda menggunakan perlengkapan yang kurang lengkap.

Sekarang penggunaan barang-barang khusus untuk berkendara, baik dari sparepart standar sepeda motor, hingga perlengkapan penunjang keselamatan harus bisa dimanfaatkan.

Jangan sampai kebiasaan pengendara motor yang dianggap sepele memberi akibat fatal seputar keselamatan Anda saat berada di jalan raya. (Deni/R4/HR-Online)