Senin, November 29, 2021
BerandaBerita TerbaruKelebihan dan Kekurangan Kalsium Harus Diwaspadai Bahayanya

Kelebihan dan Kekurangan Kalsium Harus Diwaspadai Bahayanya

Jika tubuh mengalami kelebihan dan kekurangan kalsium ternyata memberikan efek yang buruk untuk tubuh. Tubuh memang membutuhkan kalsium untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang, gigi dan juga dibutuhkan organ lain. Namun jika berlebih atau kurang, sama-sama akan berdampak buruk pada kesehatan.

Seperti halnya kebutuhan terhadap vitamin dan nutrisi lain, kebutuhan tubuh terhadap kalsium juga harus tepat. Jika berlebihan bisa menyebabkan hiperkalsemia, begitu juga jika kekurangan bisa menyebabkan sakit gigi dan tulang. Jadi kelebihan dan kekurangan kalsium harus dihindari.

Kelebihan dan Kekurangan Kalsium

Fungsi kalsium selain untuk gigi dan tulang ternyata juga dibutuhkan jantung dan saraf. Bahkan mineral ini dibutuhkan dalam sistem dan proses pembekuan darah agar optimal fungsinya.

Mencegah kelebihan dan kekurangan kalsium sama pentingnya. Jika tubuh kekurangan kalsium bisa diatasi dengan minum suplemen atau mengkonsumsi makanan sumber kalsium, seperti susu, tempe, brokoli, kacang-kacangan dan ikan.

Kebutuhan tubuh terhadap kalsium juga tergantung kondisi tubuh. Untuk mendukung tumbuh kembang anak, asupan kalsium yang lebih tinggi sangat diperlukan. Begitu pun ibu hamil atau sedang menyusui maupun orang yang sedang dalam pemulihan.

Bahaya Kelebihan Kalsium

Tubuh sebenarnya memiliki mekanisme untuk menjaga agar tidak mengalami kelebihan dan kekurangan kalsium. Kalsium akan tersimpan dalam tulang, darah, otot, maupun sel tertentu yang siap saat dibutuhkan tubuh.

Sedangkan saat tubuh mengalami kelebihan kalsium, maka akan segera dibuangnya melalui urine. Namun mekanisme ini kadang tak berjalan optimal, khususnya saat sakit atau terganggunya metabolisme tubuh. Berikut bahaya kelebihan kalsium yang sebaiknya diwaspadai.

Hiperkalsemia

Salah satu bahaya kelebihan kalsium adalah terjadinya hiperkalsemia. Kondisi ini bisa mengganggu banyak fungsi organ yang berhubungan dengan mineral ini. Karena itu sebaiknya kenali penyebabnya untuk memudahkan cara mengatasinya. Selain itu hindari kelebihan dan kekurangan kalsium karena sama bahayanya bagi kesehatan.

Ada sejumlah penyebab hiperkalsemia, seperti karena kelenjar paratiroid yang kerjanya berlebihan. Hal ini terjadi bisa karena konsumsi suplemen kalsium yang berlebihan, karena penyakit, penggunaan obat tertentu ataupun karena kanker.

Hipertiroidisme

Hipertiroidisme terjadi akibat terganggunya fungsi kelenjar tiroid akibat tidak mampu mengendalikan kadar kalsium yang berlebihan. Gangguan ini juga bisa memicu penyakit jantung dan sejumlah penyakit berbahaya lainnya.

Membuat Tubuh Mual dan Mudah Lelah

Tubuh harus dijaga agar tidak kelebihan dan kekurangan kalsium. Efek langsung segera akan terlihat jika over kalsium adalah rasa mual. Timbunan mineral ini juga akan membuat tubuh mudah lelah.

Memicu Penyakit Kardiovaskular

Jantung juga membutuhkan kalsium agar kerjanya optimal. Namun saat tubuh terlalu banyak kalsium justru mengganggu kerja jantung. Bahkan timbunan kalsium bisa menyebabkan penyumbatan dan memicu serangan jantung.

Menyebabkan Batu Ginjal

Asupan kalsium yang terlalu banyak ternyata juga bisa memicu timbulnya batu ginjal. Timbunan kalsium ini akan mengganggu organ hati bekerja secara optimal. Hal ini yang bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal.

Menurunkan Kadar Mineral Lainnya

Bahaya kelebihan kalsium yang juga segera dirasakan adalah tidak teraturnya detak jantung maupun naiknya tekanan darah. Ini terjadi akibat jumlah dan kadar mineral lain yang menurun akibat terdesak timbunan kalsium dalam tubuh. Kelebihan dan kekurangan kalsium sama berdampak buruk. Solusinya tentunya harus seimbang.

Bahaya Kekurangan Kalsium

Kondisi tubuh yang kelebihan dan kekurangan kalsium sama-sama berdampak buruk untuk kesehatan. Begitu pun akibat kekurangan kalsium tubuh juga terancam sejumlah penyakit yang berbahaya.

Osteoporosis dan Osteomalacia

Sedangkan salah satu dampak kekurangan kalsium adalah terjadinya osteoporosis dan osteomalacia. Penyakit pengeroposan tulang yang umumnya menyerang lanjut usia ini dapat membuat tubuh membungkuk dan bisa menyebabkan nyeri otot dan patah tulang.

Memicu Tekanan Darah Tinggi

Kekurangan kalsium juga bisa memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini juga dapat menimbulkan komplikasi dan memancing timbulnya berbagai penyakit lain yang berbahaya. Dengan begitu kelebihan dan kekurangan kalsium tetap sama bahayanya.

Rakitis

Penyakit rakitis lebih banyak dialami anak-anak yang kekurangan kalsium. Selain tumbuh kembang anak akan terganggu, kondisi ini juga memicu kelumpuhan. Gejalanya berupa lemahnya otot dan terasa ada penebalan pada kaki dan tangan.

Itulah berbagai bahaya kelebihan dan kekurangan kalsium yang sebaiknya diwaspadai. Jika tubuh kekurangan kalsium segera konsumsi makanan tinggi kalsium, namun jangan berlebihan. (R9/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru