Kereta Api Tercepat di Dunia Tahun 2019

Kereta Api Tercepat di Dunia Tahun 2019

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com).- Kereta api tercepat di dunia tahun 2019. Seiring berkembangnya teknologi, hal ini juga memberikan perubahan pada beberapa hal lainnya, termasuk kereta api.

Semua orang tahu bahwa kereta api adalah transportasi umum yang dapat mengantarkan seseorang dalam jumlah yang banyak.

Dan kali ini terdapat beberapa daftar kereta api tercepat di dunia tahun 2019. Apa saja kereta api tersebut mari kita simak sama-sama.

Daftar Kereta Api Tercepat di Dunia

Kereta Api Shanghai Maglev China

Kereta api tercepat di dunia tahun 2019 adalah Shanghai maglev yang saat ini beroperasi di negara China atau Tiongkok.

Kereta api yang satu ini memiliki kecepatan maksimum yang dapat mencapai 430 km perjam. Kereta ini bergerak tanpa menggunakan roda di jalur levitasi magnetis.

Shanghai maglev ini sangat canggih karena dapat bergerak dengan melayang atau di atas medan magnet.

Kereta api yang satu ini dapat berakselerasi dari 0 km perjam sampai 430 km perjam yang hanya membutuhkan waktu 4 menit saja.

Kereta api Shanghai maglev ini telah beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2004 dan masih aktif sampai sekarang.

Shanghai maglev sendiri menghubungkan stasiun Long Yang dengan bandara internasional yang berada di Pudong dengan waktu sekitar 7 menit lebih 20 detik.

Kereta Api Harmony CRH 380A China

Tidak mengherankan jika negara Cina memang memiliki alat transportasi kereta api tercepat. Bahkan pusat kereta api yang memiliki tingkat kecepatan tinggi di seluruh dunia berada di China.

Salah satu kereta api yang tidak kalah cepat dibandingkan Shanghai magnet adalah kereta api Harmony CRH 380A. Kereta yang satu ini dapat berakselerasi sekitar 380 km per jam dengan tenaga utamanya listrik.

Di tahun 2010 atau tepatnya di bulan Oktober, perusahaan kereta api China telah menggunakan Harmony CRH 380A untuk melayani semua pengguna dari jalur Shanghai menuju Nanjing.

Bahkan Harmony CRH 380A ini masih aktif sampai sekarang dan dipertahankan oleh perusahaan kereta api yang ada di China.

Kereta Api AGV Italo Italia

Dan kereta api tercepat di dunia tahun 2019 lainnya adalah kereta api AGV Italo yang ada di Italia. kereta api yang satu ini memiliki kecepatan maksimum yang mencapai 359 km per jam.

Akan tetapi saat uji cobanya, kereta AGV Italo ini dapat menembus kecepatan sekitar 573 km per jam. Meskipun berada di Italia, namun kereta api yang satu ini dirancang oleh perusahaan asal Perancis.

Biasanya kereta api yang satu ini dipergunakan untuk melayani jalur Roma menuju Napoli yang yang dimana kedua tempat ini memiliki jarak sekitar 225 km. Dengan cara tersebut kereta api ini hanya menempuh waktu sekitar satu jam saja.

Selain unggul dalam kecepatan, kereta api tercepat AGV Italo ini juga ramah lingkungan karena 98 persen bagian kerangkanya dapat didaur ulang. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...