Khasiat Air Kunyit Jika Diminum Rutin di Pagi Hari

Khasiat Air Kunyit Jika Diminum Rutin di Pagi Hari

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Khasiat air kunyit sangat banyak, air kunyit membuat badan menjadi sehat. Air kunyit membuat badan menjadi lebih bertenaga dan bersemangat.

Air kunyit mampu memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Air kunyit bisa ditemukan pada tukang jamu di sekitar tempat tinggal Anda. Jika tidak menemukan tukang jamu, Anda bisa membuat air kunyit sendiri di rumah.

Air kunyit dapat membuat keluarga Anda menjadi sehat. Coba konsumsilah secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika diminum secara rutin, maka dampak air kunyit dapat dirasakan bagi Anda dan keluarga. Minuman ini mempunyai banyak dampak positfi apalagi jika diminum di pagi hari.

Berikut ini adalah khasiat air kunyityang bisa Anda rasakan ketika mengkonsumsi rutin air kunyit pada pagi hari.

Meredakan Peradangan

Zat aktif kurkumin yang terdapat dalam kunyit adalah antioksidan yang mengandung efek anti radang poten.

Ada kurang lebih 200 miligram kurkumin dalam satu sendok teh kunyit yang segar diparut halus atau versi bubuknya.

Kurkumin diyakini dapat bekerja memblokir kerja sitokin enzim penyebab inflamasi dalam tubuh. Kurkumin juga dapat bekerja untuk mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin sementara, meningkatkan produksi kortison alami di dalam kelenjar adrenal.

Berangkat dari situ, berbagai hasil uji praklinis melaporkan bahwa khasiat kunyit yang menjanjikan untuk banyak penyakit terkait dengan peradangan. Mulai dari kanker, penyakit kardiovaskular, dan radang sendi.

Namun hingga saat ini belum ada satupun penelitian besar yang mampu memverifikasi bukti-bukti manfaat anti radang kunyit pada manusia.

Mengobati Maag

Kunyit sudah lama menjadi populer dalam mengobati penyakit terkait gangguan pencernaan alami. Maka ketika gejala maag kambuh, tidak ada salahnya menyeduh satu cangkir teh kunyit hangat untuk dapat meredakan nyerinya.

Maag dapat kambuh dan muncul karena dipicu oleh timbulnya luka pada lambung akibat infeksi bakteri H. Pylori. Juga akibat konsumsi obat anti nyeri jangka panjang, alkohol, racun rokok dan makanan serta minuman tertentu.

Banyak hal yang dapat mengikis lapisan dinding usus dan kerongkongan sehingga memicu refluks asam lambung naik.

Dalam banyak penelitian, ternyata efek kurkumin dapat mengobati peradangan akibat luka. Selain itu, juga melindungi perut dari iritan dengan meningkatkan produksi lendir di dinding lambung.

Mengempiskan Perut Kembung

Buang gas atau kentut adalah tanda bahwa pencernaan Anda baik-baik saja. Tapi kalau sudah berlebihan, tandanya ada yang tidak beres dengan perut Anda.

Kurkumin membantu otot organ pencernaan agar tetap bergerak lancar seperti seharusnya, yakni untuk dapat mengurangi tekanan gas dalam perut.

Kunyit juga mampu membantu lambung menghentikan produksi asam berlebihan yang menyebabkan perut menjadi kembung.

Khasiat air kunyit sangat banyak bukan, apalagi jika dikonsumsi pada pag hari. Manfaat air kunyit tersebut bisa menyembuhkan penyakit Anda. Karena manfaat air kunyit bagi kesehatan sangat banyak, maka selamat mencobanya. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...