Khasiat Buah Salak untuk Kesehatan, Ampuh Turunkan Berat Badan

Khasiat buah salak untuk kesehatan karena memiliki banyak kandungan zat penting yang diperlukan oleh tubuh.
Khasiat buah salak untuk kesehatan karena memiliki banyak kandungan zat penting yang diperlukan oleh tubuh. Photo: Net/Ist.

Berita Kesehatan (harapanrakyat.com),- Khasiat buah salak untuk kesehatan karena memiliki banyak kandungan zat penting yang diperlukan oleh tubuh. Khasiat buah salah untuk kesehatan salah satunya bisa menurunkan berat badan hingga menjaga jantung tetap sehat.

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/12/2019), buah salak banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Ada dua varian yang terkenal dan menjadi favorit orang Indonesia, yakni salah Pondoh dan salak Bali.

Khasiat Buah Salak untuk Kesehatan

Kandungan Buah Salak

Banyak cara untuk mengonsumsi buah salak yang memiliki kulit seperti sisik ular itu, bisa langsung mengonsumsi setelah dikupas, atau bisa juga dibuat manisan.

Rasanya tak enak dan manis, tapi buah salak juga mengandung beragam zat gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Buah salak banyak mengandung zat besi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit anemia defisiensi besi.

Selain itu, buah salak juga kaya akan vitamin A, vitamin B2 atau riboflavin, vitamin C, serta karbohidrat. Kandungan lainnya ada kalsium, protein, fosfor, lemak, potasium, dan serat.

Kamu juga perlu tahu kalau buah salak ini tidak mengandung kolesterol, jadi aman dikonsumsi jika kamu punya kolesterol tinggi.

Berikut ini sejumlah khasiat dan manfaat kesehatan yang dapat diperoleh jika mengonsumsi buah salak.

Baik untuk Mata

Buah salak mengandung antioksidan beta karoten yang dapat membantu menyembuhkan berbagai masalah kesehatan mata.

Dengan rutin mengonsumsi buah salak bisa dijadikan pengganti sejumlah obat untuk menjaga agar mata tetap sehat.

Hal itu karena kandungan beta karoten dalam buah salak 5 kali lebih besar dibandingkan mangga dan semangka.

Mengatasi Masalah Pencernaan dan Diare

Khasiat buah salah untuk kesehatan lainnya yaitu bisa mengatasi masalah kesehatan pencernaan dan diare karena salak kaya akan kandungan serat dan vitamin.

Diketahui serat dan vitamin yang terkandung dalam buah salah ini mampu membantu mengatasi masalah yang terkait dengan pencernaan dan diare, seperti sakit perut dan mual.

Oleh karena itulah buah salak ini diklaim memiliki kandungan yang dapat mengatasi diare dengan cepat.

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Karena laya akan kandungan potasium, sehingga buah salak bermnafaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Hal itu dikarenakan tingginya antioksidan dan mineral dalam buah salak ini yang membuat sistem kardiovaskular dalam tubuh berfungsi cepat, serta membantu menjaga kebutuhan air di dalam tubuh.

Meningkatkan Ingatan

Selain mengandung potasium tinggi, buah salak juga banyak mengandung pektin. Hal ini dapat bermanfaat untu mempertajam ingatan dan juga meningkatkan fungsi kognitif tubuh.

Membantu Turunkan Berat Badan

Tingginya kandungan antioksidan dalam buah salak sehingga sangat tepat untuk dikonsumsi bagi kamu yang ingin menurunkan berat badansaat ingin menurunkan berat badan.

Buah ini juga mengandung karbohidrat serta kalsium yang bisa memberi energi dan stamina pada tubuh yang berkhasiat menurunkan berat badan.

Mengontrol Gula Darah

Mungkin belum banyak yang tahu kalau ternyata kulit buah salak dapat diolah dijadikan teh untuk meregenerasi sel di pankreas yang berkhasiat mengontrol gula darah bagi penderita diabetes.

Selain itu, kandungan pterostilbene dalam buah salak juga diklaim mampu menurunkan gula darah diabetes.

Membantu Kesehatan Tubuh secara Menyeluruh

Khasiat buah salak untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena buah tersebut banyak mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan sekaligus menjaga kesehatan tubuh.

Antioksidan yang terkandung dalam buah salak dapat membantu melawan kerusakan jaringan dan sel, sekaligus menjaga terjadinya kerusakan karsinogenik pada tubuh.

Selain itu, dengan rutin mengonsumsi satu biji salak juga dapat turunkan risiko terbentuknya wasir.

Mengobati Penyakit Rabun Jauh

Khasiat buah salak untuk kesehatan lainnya yaitu sebagai obat penyakit mata rabun jauh. Meskipun kamu sudah menggunakan kacamata.

Tapi sebaiknya kamu tetap mengonsumsi buah salak supaya kualitas penglihatan mata bisa terjaga, sehingga rabun jauh perlahan membaik. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...