Kuliner Kerang Batak, Makanan Langka di Pangandaran yang Diburu Pecinta Sea Food

Kuliner Kerang Batak Pangandaran
Kuliner Kerang Batak yang ada di Pangandaran. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kuliner Kerang Batak yang menjadi ciri khas makanan asal Pangandaran menawarkan daya tarik sendiri bagi pecinta makanan laut. Kuliner ini selain fresh, juga terbilang cukup langka.

Salah satu warga Pangandaran, Eko, mengatakan, dirinya sangat suka dengan makanan laut atau Sea Food, terutama yang berasal dari jenis kerang-kerangan, seperti kuliner kerang batak.

Menurutnya, kerang batak cukup sulit ditemukan. Terkecuali harus bisa memesan terlebih dahulu kepada pencari kerang yang biasanya di karang-karang atau di tebing pantai.

“Sesuai dengan resiko yang diambil pencari kerang ini, sangat berpengaruh terhadap harga yang ditawarkan. Meski cukup mahal, namun kalau sudah suka ya itu tidak jadi masalah,” katanya kepada HR Online, Kamis (5/12/2019) kemarin.

Untuk mengolah kuliner kerang batak ini, kata Eko, terbilang cukup mudah, yakni hanya cukup direbus di air panas. Menurutnya jika dimasak setengah matang akan lebih nikmat, apalagi jika dicampur racikan bumbu tertentu.

Senada juga dikatakan Agus, warga Pangandaran lainnya. Ia mengaku sangat doyan makanan jenis kerang teritip maupun kerang batak, apalagi yang kondisinya masih fresh.

Menurut kepercayaan masyarakat, kata Agus, mengkonsumsi kerang batak yang belum dicampur apa-apa atau murni sangat baik untuk kesehatan tubuh.

“Apalagi ada yang menyebut sangat baik untuk vitalitas kaum pria saat di ranjang. Karena ini barangnya cukup langka, jadi harganya cukup mahal,” pungkasnya. (Entang/R6/HR-Online)

Loading...