Jumat, Oktober 7, 2022
BerandaBerita JabarKuliner Khas Purwakarta Ini Punya Cita Rasa Mantap

Kuliner Khas Purwakarta Ini Punya Cita Rasa Mantap

Berita Jabar (harapanrakyat.com).- Kuliner Khas Purwakarta Ini Punya Cita Rasa Mantap. Sedang bingung memilih tujuan untuk travelling? Jika Anda tidak punya destinasi berlibur yang pas, maka bisa mencoba untuk mendatangi Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Anda bisa menikmati berbagai kuliner Purwakarta yang memiliki cita rasa khas, dan rasanya yang lezat. Berikut ini merupakan daftar kuliner khas Purwakarta.

Ini Kuliner Khas Purwakarta

Sate Maranggi

Ketika menyebutkan kata sate maranggi, yang terlintas adalah tekstur daging empuk serta bumbui irisan tomat, kecap, dan cabe rawit hijau.

Sate maranggi ini menjadi kuliner Purwakarta yang sudah mendunia karena rasanya yang benar-benar gurih dan daging yang empuk. Untuk lokasinya berada di Cibungur,  Jawa Barat.

Simping

Jika ke Purwakarta, jangan lupa membeli simping sebagai oleh-oleh buat teman-teman atau keluarga di rumah. Bentuknya bulat dan pipih membuat makanan ini memiliki bentuk yang unik.

Makanan ini terbuat dari tepung tapioka yang dicetak menggunakan cetakan khusus. Saat ini ada banyak variasi yang ditawarkan simping agar lebih terlihat menarik sebagai oleh-oleh khas Purwakarta.

Ayam Goreng Sajolna

Mungkin ayam goreng merupakan makanan yang mudah untuk ditemukan ketika berada di suatu tempat dan rasanya juga biasa saja.

Tapi ayam goreng Sajolna menawarkan ayam goreng basah yang digoreng setengah kering yang disantap dengan sambel dadak.

Rasa pedas yang tak terlupakan merupakan ciri tersendiri yang membedakan ayam goreng sajolna dengan ayam goreng yang lain.

Peuyeum Bendul

Satu lagi oleh-oleh kuliner Purwakarta yang sayang untuk dilewatkan. Peuyeem endul merupakan makanan khas daerah tersebut yang terbuat dari tape singkong.

Dan cara penyajiannya digantung agar terlihat mencolok. Meski dari segi penampilannya kurang menarik, namun rasanya sangat enak dan lezat.

Colenak

Colenak terbuat dari peuyeum yang dibakar. Cara penyajiannya, tambahkan dengan bumbu gula merah dan kelapa sangrai. Sehingga menciptakan rasa yang gurih dan lezat.

Mie Tiga Warna

Mie dengan tampilan dan inovasi yang unik ini menggunakan pewarna alami, yaitu kolaborasi dari wortel, sosis, akar bit, dan buah naga. Sehingga, menciptakan tiga jenis warna yang alami dan tidak mencolok. Mie yang disajikan bertekstur lembut dan kenyal.

Soto Sadang

Soto sadang menawarkan dua tampilan soto dengan rasa yang sama-sama menggoda. Soto bening ini merupakan kuah kaldu yang berasal dari rebusan daging.

Meskipun kuahnya bening, namun rasa kaldu yang terkandung di dalamnya terasa sangat gurih. Sementara itu, soto santan ada irisan lauk dengan kuah berwarna kuning pucat dengan rasa gurih yang kuat.

Bumbu yang digunakan pada soto ini lebih ringan daripada soto lainya. Namun rasa yang ditawarkan tidak kalah menggoda.

Surabi Kedai Koka

Banyaknya penjual surabi, hanya surabi kedai koka menawarkan surabi dengan pilihan rasa yang beragam. Untuk surabi manis, memiliki banyak varian rasa, seperti rasa susu, cokelat dan keju.

Sedangkan untuk pilihan rasa surabi asin mulai dari surabi sosis, telur, ayam keju, oncom spesial, dan lain-lain.

Itulah beberapa kuliner Purwakarta yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur kesana. Jangan lupa membeli oleh-oleh untuk teman-teman dan keluarga tercinta. (Deni/R4/HR-Online)