Kulkas Boros Listrik Bikin Tagihan Membengkak, Ini Tips Mengatasinya

Kulkas Boros Listrik
Ilustrasi Kulkas Boros Listrik. Foto : net/ist

Kulkas yang boros listrik bisa menjadi permasalahan bagi yang berpenghasilan pas-pasan. Pasalnya, dengan kulkas yang boros listrik itu bisa membikin tagihan listrik Anda menjadi membengkak.

Kulkas sendiri merupakan peralatan elektronik yang fungsinya untuk menyimpan makanan supaya tetap terjaga kesegarannya. Dan lemari pendingin ini selalu bekerja selama 24 jam.

Lemari pendingin jarang dimatikan terkecuali ketika akan dibersihkan terutama di bagian bunga es-nya. Sehingga, lemari pendingin ini merupakan perangkat rumah tangga yang tidak sedikit memakan energi listrik.

Sehingga tidak salah jika tidak sedikit yang beranggapan bahwa kulkas boros listrik. Padahal, kemungkinan borosnya itu bisa juga diakibatkan oleh pemakaian yang tidak benar.

Namun, sebetulnya ada cara yang bisa membikin lemari es ini lebih hemat listrik. Dikutip dari berbagai sumber berikut ini tips supaya lemari pendingin Anda tidak boros listrik.

Tips Mengatasi Kulkas Boros Listrik

1. Hindari Sering Buka-Tutup Pintu Kulkas

Kebiasaan yang dilakukan adalah setelah membuka kulkas pintunya itu tidak tertutup dengan rapat. Padahal, dengan pintu yang tertutup rapat ini di dalamnya bisa dengan cepat mencapai suhu dingin.

Selain itu, biasanya anak kecil yang sering membuka serta menutup menutup pintu lemari es. Untuk kegiatan tersebut sebaiknya dihindari, karena saat pintu dibuka maka lampu yang ada di dalam lemari es ini akan menyala dan menghabiskan energi.

Sehingga tidak salah jika dengan terlalu sering atau lama ketika membuka pintu lemari es ini, maka jangan salah apabila kulkas boros listrik, dan bisa membuat usianya tidak tahan lama.

Dari penelitian, dengan terlalu sering buka-tutup pintu kulkas ini, maka bakala meningkatkan atau memakan energi refrigerator.

Saat pintu kulkas ini dibuka, udara lembab serta hangat yang sumbernya dari luas tercampur dengan udara dingin yang ada di dalam lemari es.

Setelah itu, suhu udara hangat dari luas itu akan menurun. Nah untuk proses menurunkan suhu panas inilah yang memerlukan energi besar atau tidak sedikit. Sehingga kulkas boros listrik menyebabkan tagihan menjadi membengkak.

2 Jarak Lemari Es dengan Dinding

Layout atau tata letak penempatan kulkas juga sangat penting. Jadi tidak asal-asalan dalam menempatkan kulkas tersebut.

Kulkas boros listrik bisa juga dikarenakan jarak antara lemari es tersebut dengan dinding atau sekitarnya yang tidak ideal.

Jadi, menurut para ahli, bahwa jarak antara kulkas dengan dinding minimal 10 cm sampai 15 centimeter (cm), atau dengan sekitarnya (langit-langit) minimal kurang lebih 30 cm.

Adapun tujuan dari jarak penempatan tersebut adalah supaya lemari es tidak cepat panas. Selain itu, beban kerja akan jadi lebih ringan. Dampaknya, energi yang dibutuhkan untuk bekerja sangat sedikit.

Bukan hanya itu, mengatasi kulkas yang boros listrik juga sebaiknya penempatannya dijauhkan dari oven, kompor atau peralatan yang menghasilkan panas.

Solusi Kulkas Boros Listrik

3. Penuhi Lemari Es

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa dengan lemari pendingin yang kosong atau tidak ada isinya, maka bisa menghemat listrik. Nyatanya cara atau anggapan tersebut adalah salah.

Faktanya adalah, saat lemari es itu dalam kondisi kosong atau isinya hanya setengah, maka kulkas ini memerlukan energi yang lebih besar. Itu yang membuat kulkas boros listrik.

Jika perlu taruh botol air di dalamnya. Karena dengan air dingin tersebut, maka bakal membantu menjaga suhu di dalam tetap dingin.

Namun, tidak baik juga mengisi kulkas sampai penuh. Pasalnya, dengan dipenuhi oleh berbagai macam makanan bisa menggangu sirkulasi udara, sehingga makanan tersebut tidak dingin.

Kulkas sendiri memerlukan sirkulasi udara yang berjalan dengan normal atau lancar. Hal itu supaya udara dingin tetap terjaga.

4. Jangan Simpan Minuman atau Makanan Panas

Yang membuat kulkas boros listrik lainnya adalah menyimpan minuman atau makanan panas. Sebelum dimasukkan ke dalam lemari es, sebaiknya tunggu sampai agak dingin.

Menyimpan sesuatu yang panas bisa mempengaruhi suhu yang ada di dalamnya. Akibatnya dalam proses pendinginan akan menjadi lebih berat, sehingga memerlukan energi listrik yang tidak sedikit.

5. Mengatur Suhu

Banyak yang berpikiran bahwa kulkas boros listrik disebabkan karena pengaturan suhu yang terlalu tinggi. Padahal, suhu paling rendah pun bisa membikin listrik menjadi boros.

Mengatur suhu lemari pendingin di titik paling rendah malahan bisa menambah beratnya kinerja lemari es tersebut. Sehingga dengan begitu akan mengonsumi listrik yang tidak sedikit. Jadi aturlah suhu pada kulkas sesuai dengan kebutuhannya.

6. Memiliki Lemari Es Hemat Energi

Tips yang terakhir adalah jangan sampai membeli kulkas boros listrik. Meski tidak semua lemari es baru hemat energi, namun tidak sedikit pabrikan elektronik yang memproduksi kulkas yang memiliki fitur hemat energi sampai 30 persen. (Adi/R5/HR-Online)