Longsor di Purwaharja Banjar, Pengendara Diminta Hati-hati

Tanjakan Purwaharja Banjar
Petugas saat membersihkan material tanah yang sudah dievakuasi. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Akibat hujan yang mengguyur wilayah Kota Banjar dan sekitarnya sejak sore hari, tebing jalan di tanjakan Ma Onah Purwaharja Banjar mengalami longsor.

Akibat longsor ini, sebagian jalan nasional tersebut sempat tertutup material tanah dan arus lalu lintas sempat tersendat. Namun, tidak lama kemudian material tanah dievakuasi oleh tim gabungan dari berbagai institusi.

Kepala UPTD Damkar BPBD Kota Banjar, Aam Amijaya, mengatakan, tebing setinggi 10 meter di Purwaharja Banjar tersebut longsor dan menutup sebagian badan jalan.

Pihaknya bersama tim gabungan dari TNI, Polisi, Tagana, PP, Karang Taruna, dan PMI langsung melakukan evakuasi tanah menggunakan alat berat milik Dinas PU.

“Setelah kita keruk material tanahnya, kita bersihkan menggunakan mobil Damkar,” kata Aam kepada HR Online, Selasa (31/12/2019).

Atas kejadian ini, Aam mengimbau pengendara yang sedang melintas di berbagai titik rawan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan. Apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan.

“Selama perjalanan pengguna jalan harus lebih hati-hati dari bahaya bencana, seperti longsor di Purwaharja Banjar ini. Patuhi aturan lalu lintas dan ikuti arahan petugas,” pungkasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)