Lubang Misterius di Dasar Laut, Penelitian Terbaru

Temuan Lubang Misterius di Dasar Laut
Lubang Misterius di Dasar Laut, Penelitian Terbaru. Foto: phys.org/Ist

Lubang misterius di dasar laut telah ditemukan para ilmuwan. Lubang lingkaran misterius ini terdapat di dasar laut Pantai California Tengah.

Lubang lingkaran membentang seluas 1.300 kilometer persegi. Ukuran rata-ratanya 175 meter dengan kedalaman sekitar 5 meter.

Diperkirakan lubang misterius berjumlah sekitar 5.200 buah dan sejak 400.000 tahun yang lalu sudah ada keberadaannya.

Belum ada yang mengetahui asal usul lubang tersebut bisa muncul secara misterius di dasar lautan California Tengah.

Lubang Misterius di Dasar Laut California

Lubang misterius di dasar laut dipetakan pertama kali di permukaan laut oleh para ilmuwan yang berasal dari National Oceanic and Atmospheric Administration atau NOAA, Monterey Bay Aquarium Research Institute atau MBARI serta lembaga lainnya.

Pemetaan dilakukan dengan menggunakan sonar yang beresolusi tinggi yang dipasangkan pada kapal selam mini otonom milik MBARI dari NOAA yang sangat canggih. Alat yang digunakan tersebut bisa mencapai resolusi hingga 10 meter.

American Geophysical Union atau AGU pada awal Desember 2019 telah mempresentasikan hasil penemuan dalam konferensi tahunan.

Presentasi diwakili oleh Charles Paull, seorang ahli geologi kelautan dan senior ilmuwan dari MBARI.

Seperti yang telah dikutip Live Science, Paull juga menyatakan jika kawah mempunyai lubang di dasar lautan yang jumlahnya mencapai ribuan. Jumlah kawah tersebut tidak begitu banyak.

Kawah atau dikenal dengan istilah Pockmaraks merupakan daerah cekung yang hampir sama bentuknya dengan kawah.

Terjadinya kawah karena adanya limpahan di dasar laut. Sementara, titik lubang atau dikenal dengan istilahMidrodepresi merupakan daerah kecil yang tengggelam karena hanya terbentuk oleh antiklin dan sinklin.

Jumlah Mikrodepresi lebih banyak daripada Pockmarkas. Apabila dibandingkan, sekitar tiga berbanding satu.

Misalnya saja, bidang Pockmark dapat menampung sekitar 15.000 Mikrodepresi yang pada mulanya tidak dapat dideteksi.

Hampir tiga tahun para ilmuwan melakukan penelitian lubang misterius di dasar laut California yang berdekatan dengan Big Sur. Daerah penelitian berbukit dan bergunung-gunung di Central Coast of California, antara Carmel Highlands dan San Simeon.

Penelitian Lebih Lanjut Tentang Lubang Misterius di Dasar Laut

Para peneliti mulai melakukan penyelidikan lebih jauh tentang data dari lubang misterius di dasar laut tersebut. Mereka memperkirakan dapat menggunakannya sebagai ladang angin lepas pantai.

Pockmark yang ditemukan di dasar laut mempunyai bentuk yang melingkar dan halus. Sementara pada Mikrodepresi mempunyai sisi lebih kasar dan berbentuk layaknya ekor yang mengerucut ke bawah. Hal tersebut diduga karena derasnya arus air.

Terdapat puing-puing sampah dan kantong plastik yang ditemukan di dalam lubang Mikrodepresi. Lubang misterius di dasar laut tersebut diduga terbentuk dari aliran cairan di bawah permukaan.

Namun, gas tersebut tidak cocok apabila dipakai untuk ladang angin. Karena dapat menimbulkan kondisi yang tidak stabil di dasar laut.

Paull berpendapat lain, menurutnya Pockmark dan Microdepresi tidak menunjukkan bukti adanya ventilasi metana.

Pembentukan Pockmarks bisa dikatakan belum dapat diketahui secara jelas penyebabnya. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Sehingga bagaimana sebenarnya lubang misterius di dasar laut terbentuk dapat terjawab. Fenomena alam ini sampai saat ini masih menjadi misteri.

Kandungan Sampah pada Microdepresi

Para ilmuwan tidak melihat secara jelas tentang gangguan yang terjadi di lubang. Saat diekstraksi sedimen core dari dalam Mikrodepresi dan dilakukan analisis kimia air, tidak ditemukan jejak kimia adanya metana atau sebuah cairan.

Tidak terdapat adanya ventilasi metana baik itu pada Pockmarks dan Mikrodepresi. Model umum tidak berfungsi pada situs ini untuk pembentukan Pockmarks. Jadi, sangat diperlukan penelitian lanjutan untuk menentukan asal mula lubang ini terbentuk.

Penumpukan sedimen di Mikrodepresi datang dengan ketentuan waktu kC-14 atau karbon-14. Hal tersebut dapat menunjukkan jika strata yang diendapkan pada tingkat 400.000 tahun silam.

Fitur-fitur yang ditunjukkan terbukti dapat bertahan hingga saat ini. Bahkan, Pockmarks yang lebih dari 50.000 tahun belum berubah sama sekali.

Robot dari NOAA yang super canggih bisa menghasilkan resolusi di urutan 10 meter. Namun, robot penyelam bisa mencapai hingga 1 meter atau 10 kali lebih baik.

Dengan demikian, para peneliti dapat melihat lebih jelas mengenai apa yang terjadi pada gangguan lubang misterius di dasar laut tersebut. Meskipun pada akhirnya belum diketahui secara jelas tentang bagaimana lubang terbentuk. (R9/HR-Online)