Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Kentut Harus Anda Kenali dan Atur Waktu Konsumsinya

Makanan Penyebab Kentut Harus Anda Kenali dan Atur Waktu Konsumsinya

Di balik gizinya yang baik, ada banyak jenis makanan penyebab kentut yang perlu diatur waktu mengkonsumsinya. Meskipun kentut baik untuk kesehatan, namun jika terjadi pada waktu yang tidak tepat juga dapat mengganggu pergaulan.

Kentut atau buang angin merupakan hal yang sangat lumrah sebagai bentuk reaksi alamiah tubuh dalam melepaskan gas dari dalam perut. Tidak ada orang yang belum pernah buang angin.

Gas dalam perut tidak hanya merupakan hasil reaksi kimia makanan dengan bakteri dalam usus. Gas ini juga bisa dari darah yang masuk ke usus ataupun karena sembelit, maag atau karena edema angionetik usus.

Meskipun baunya yang sangat mengganggu, ternyata banyak manfaat kentut bagi kesehatan. Diantaranya untuk menghilangkan nyeri perut, mengatasi perut kembung, mencegah stroke, menangkal gangguan fungsi hati dan menjaga kesehatan usus besar.

Selain itu buang angin juga berguna sebagai sarana deteksi alergi atau suatu penyakit, penyeimbang diet dan tentunya juga melegakan. Sebaliknya, orang yang jarang kentut akan berusaha agar bisa kentut karena manfaatnya itu.

Ini Dia Jenis Makanan Penyebab Kentut

Bau busuk kentut terutama karena unsur metana dan sulfur. Jenis makanan yang dikonsumsi juga bisa mempengaruhi tingkat kebusukan bau gas perut. Berikut ini jenis makanan penyebab kentut yang wajib Anda tahu dan perlu diatur saat konsumsinya.

Buah Mangga

Buah yang rasanya manis ini diketahui lebih banyak mengandung fruktosa ketimbang glukosanya. Hal ini bisa membuat tubuh sulit menyerapnya. Sebaliknya kandungan ini justru menyebabkan ketidakseimbangan dalam perut.

Karena itu, jika Anda mengkonsumsi buah mangga, perut mudah terasa kembung. Kondisi ini yang mudah menyebabkan keluarnya gas perut. Karena itu hindari makan mangga berlebihan atau makan pada waktu yang tidak tepat.

Buah Apel

Buah apel juga merupakan makanan penyebab kentut karena mengandung fruktosa yang tinggi. Nutrisi ini lebih sulit dicerna oleh tubuh. Karena itulah buah ini baik untuk diet, karena kenyang lebih lama.

Penyerapan fruktosa yang lambat akan memicu zat ini masuk ke perut dan bertemu bakteri yang menghasilkan gas metana dan hidrogen. Karena itu buah apel bisa memicu kentut, perut kembung dan bau mulut tidak sedap.

Buah Semangka

Buah semangka sangat nikmat dimakan saat cuaca panas karena kandungan air dan seratnya yang tinggi. Karena itu banyak orang yang sering tak sadar dengan mengkonsumsinya secara berlebihan.

Padahal, semangka juga merupakan makanan penyebab kentut karena banyak kadar fruktosa dan sejenis gula alkohol manitol yang tidak mudah diserap tubuh. Makan buah ini secara berlebihan dapat menyebabkan buang angin.

Buah Nanas

Buah nanas juga banyak mengandung serat dan fruktosa yang bisa menyebabkan perut kembung. Bahkan buah ini juga diketahui mengandung bromelain yang bisa tidak tercerna jika pencernaan terganggu.

Bau kentut yang dikeluarkan bisa makin terasa busuk akibat adanya pembusukan dari protein yang tidak tercerna dengan baik. Apalagi jika konsumsinya secara berlebihan yang bisa menumpuk dalam perut.

Buah Berry dan Ceri

Buah ceri dan blackberry juga termasuk makanan penyebab kentut yang perlu diwaspadai. Buah ceri selain tinggi kadar fruktosanya, juga mengandung gula alkohol dan serat yang akan membuat lama dicerna.

Begitu juga berry hitam yang tinggi kandungan gula alkohol atau poliol yang tidak mudah dicerna tubuh. Makan kedua jenis buah ini secara berlebihan tentunya bakal membuat perut sering buang angin.

Buah Pisang

Di balik nutrisinya yang kaya vitamin dan mineral penting, buah pisang juga makanan penyebab kentut dan menyebabkan perut penuh. Namun ini utamanya karena pisang yang belum matang yang menyebabkan perut tidak nyaman.

Buah Anggur

Buah yang disukai banyak orang ini juga tinggi kandungan fruktosanya. Selain bisa menyebabkan diare jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, buah anggur juga dapat menyebabkan kembung dan perut membuang kentut.

Itulah berbagai jenis buah dan makanan penyebab kentut yang wajib diketahui. Namun karena besarnya manfaat nutrisi didalamnya, sebaiknya atur waktu konsumsinya agar tidak malah membuat Anda malu karena sering kentut. (R9/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img