Makanan Penyebab Obesitas Patut Diwaspadai

Makanan Penyebab Obesitas Patut Diwaspadai
Cokelat menjadi salah satu makanan penyebab obesitas. Jangan konsumsi berlebiih untuk menghindari obesitas. Foto:net/istimewa

Makanan penyebab obesitas perlu anda waspadai. Kasus obesitas nyatanya tak mengenal umur, bisa saja menyerang anak, remaja ataupun orangtua. Di Indonesia sendiri, kasus obesitas hampir meningkat setiap tahunnya.

Obesitas sendiri sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain membuat tampilan tubuh lebih besar, obesitas menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit serius seperti diabetes.

Beberapa jenis makanan, ternyata menjadi penyebab utama obesitas yang menyerang rata-rata masyarakat di Indonesia. Meski bukan satu-satunya penyebab obesitas, namun makanan mengambil peran penting sebagai pemicu obesitas.

Makanan Penyebab Obesitas

Makanan yang mengandung terlalu banyak kalori, berpotensi menyebabkan berat badan berlebih atau obesitas. Berikut ini, kami rangkum sejumlah makanan penyebab obesitas yang perlu anda ketahui:

  1. Cokelat

Cokelat menjadi salah satu penyebab obesitas. Rasanya yang manis dan enak, membuat hampir semua masyarakat Indonesia, menyukai makanan ini.  Namun tidak semua cokelat menjadi makanan penyebab obesitas.

Cokelat yang bisa memicu obesitas adalah yang mengandung pemanis dan pengawet yang tak baik untuk dikonsumsi.

2. Minuman bersoda

Soda juga merupakan salah satu makanan penyebab obesitas. Minuman bersoda yang kerap kita jumpai di warung atau minimarket, diketahui mengandung  gula dan kalori yang tinggi. Jika anda sering mengkonsumsinya secara berlebih, berat badan anda berpotensi akan naik secara drastis.

3. Daging merah

Terlalu banyak mengkonsumsi daging merah, juga dapat meningkatkan risiko terkena obesitas. Hal ini sudah dibuktikan beberapa ilmuan internasional.  Lemak yang terkandung dalam daging merah baik daging sapi ataupun babi, sangat berbahaya bagi jantung jika dikonsumsi secara berlebihan.

4. Gorengan

Gorengan adalah makanan yang sangat disukai hampir masyarakat pada umumnya. Namun jika anda terlalu sering mengkonsumsinya, gorengan bisa menjadi makanan penyebab obesitas. Minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan jenis gorengan biasanya digunakan berulang kali. Kandungan minyak pada gorengan cukup berbahaya bagi tubuh karena mengandung lemak jenuh dan lemak trans, yang bisa menyebabkan obesitas.

Makanan Penyebab Obesitas Lainnya

5. Makanan siap saji

Makanan siap saji banyak sekali ditemukan di berbagai minimarket atau supermarket, bahkan warungan. Ternyata, makanan siap saji mengandung asam lemak trans tinggi. Lemak jenuh dan lemak trans merupakan jenis lemak yang sangat jahat bagi tubuh manusia, sehingga anda perlu menghindarinya jika tidak ingin perut anda buncit.

6. Makanan dan minuman berpemanis

Makanan dan minuman yang menggunakan bahan pemanis seperti gula, sangat berbahaya jika digunakan secara berlebihan.

Saat dikonsumsi secara berlebihan, gula akan mengubah hormon dan biokimia dalam tubuh, dan menjadi penyebab naiknya berat badan.

7. Kentang goreng

Anda penggemar kentang goreng? Waspadai, ternyata kentang goreng menjadi salah satu makanan penyebab obesitas. Kentang goreng banyak ditemui di gerai-gerai makanan siap saji. Jangan mengkonsumsi kentang goreng berlebihan apalagi sampai kecanduan, karena bisa menjadi penyebab kenaikan berat badan yang berlebihan.

8. Jus buah dalam kemasan

Jus buah siap saji dalam kemasan memang sangat nikmat, apalagi diminum saat cuaca panas. Namun ternyata, jus yang dijual dalam bentuk kemasan sangat berbahaya karena mengandung kadar gula tinggi serta bahan pengawet, sehingga berbahaya bagi tubuh.  

Selain itu, jus buah dalam kemasan yang biasa dijajakan di minimarket, pasti menggunakan penambahan warna dan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Tentu bila Anda mengonsumsinya secara berlebihan, jus buah bisa menjadi makanan penyebab obesitas.

Jus buah yang dibuat dirumah dengan bahan-bahan higienis, jauh lebih baik ketimbang membeli jus buah dalam kemasan.

Demikianlah rangkuman beberapa jenis makanan penyebab obesitas yang perlu anda ketahui. Ada baiknya anda menghindari makanan penyebab obesitas sedini mungkin. Meski sulit dihindari, namun sebaiknya anda dapat membatasi jumlah konsumsi makanan-makanan tersebut.

Perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan segar, dan kurangi asupan karbohidrat agar berat badan anda tidak cepat naik. Rutinlah berolahraga dan makan secara teratur untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...