Makanan Penyebab Sakit Ginjal ini Biasa Dikonsumsi

makanan penyebab sakit ginjal

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Makanan penyebab sakit ginjal ini biasa dikonsumsi. Ginjal berfungsi untuk membuang racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urin.

Adapun faktor yang dapat berdampak sakit ginjal diantaranya, yaitu adalah pola hidup yang tidak sehat, terutama dalam pemilihan makanan atau minuman. Dalam hal ini, 4 makanan penyebab sakit ginjal ini dapat diwaspadai ketika dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Daftar Makanan Penyebab Sakit Ginjal

Daging Sapi

Daging sapi merupakan makanan hewani berprotein tinggi. Protein ini dapat menghasilkan asam yang terhitung tinggi pada darah.

Di sisi lain asam yang tinggi dapat mengakibatkan asidosis yang berarti ginjal sulit menghilangkan asam dengan cepat.

Sebaiknya Anda perlu menyeimbangkannya dengan mengkonsumsi daging dan sayur maupun buah. Selain itu perlu diwaspadai ketika ketika mengonsumsi daging sapi agar tidak berlebihan.

Kacang-Kacangan

Kandungan yang terdapat pada kacang-kacangan adalah protein dan fosfor yang tinggi, sehingga dapat memunculkan rasa haus dengan cepat setelah mengkonsumsi kacang.

Makanan ini tidak cocok untuk penderita sakit ginjal. Jadi alangkah baiknya Anda perlu menghindari Makanan Penyebab Sakit Ginjal seperti kacang-kacangan dengan cara konsumsinya tidak berlebihan.  

Keju

Keju menjadi salah satu makanan yang banyak dikonsumsi. Akan tetapi makanan ini tidak baik jika terlalu banyak dikonsumsi.

Karena kandungan yang terdapat pada olahan susu/ keju memiliki kandungan kalium, fosfor dan potasium yang tinggi, sehingga berdampak tertumpuknya kandungan tersebut dalam aliran darah.

Jika dibiarkan, maka tumpukan ini dapat menyedot kalsium pada tubuh dan dengan mudah mengganggu kesehatan ginjal.

Cokelat, Kecap Manis, Permen, Ice Cream dan Sereal

Makanan Penyebab Sakit Ginjal dengan kandungan banyak gula dapat menyebabkan kadar gula dalam darah tinggi. Jika tidak cepat dihentikan, maka gula darah yang tinggi lama-kelamaan mengakibatkan insulin sulit bekerja dan berdampak pada tubuh, sehingga dapat terserang penyakit diabetes.

Saat sudah terserang diabetes, cenderung kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat memunculkan komplikasi pada ginjal yang biasa disebut dalam ilmu kedokteran nefropati diabetik. Maka mulailah dari sekarang untuk membatasi makanan yang mengandung gula.

Selain Makanan Penyebab Ginjal di atas, makanan dengan tinggi sodium seperti sosis, kornet dan ikan asin juga perlu Anda hindari untuk mencegah penyakit ginjal.

Saat Anda ingin mengkonsumsi makanan olahan, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kandungan natrium yang tertera pada kemasan. Akan lebih bagus jika makanan yang berlabel rendah garam.

Adapun hal lain yang dapat Anda lakukan untuk hidup dan mencegah sakit ginjal, diantaranya:

  • meminum air putih setidaknya 8 gelas dalam waktu sehari
  • konsumsi makanan yang baik untuk ginjal, contohnya bawang, apel dan nanas.
  • Lakukan olahrga rutin
  • Hindari kebiaan anda menahan buang air kecil
  • Hindari merokok dan membatasi minuman yang beralkohol
  • Hindari konsumsi obat-obatan, suplemen, ataupun jamu dalam jangka panjang.

Demikian daftar Makanan Penyebab Sakit Ginjal serta cara mencegah terserang penyakit ginjal. Semoga Bermanfaat! (Deni/R4/HR-Online)

Loading...