Makanan untuk Penyakit Kuning: yang Disarankan dan yang Terlarang

makanan untuk penyakit kuning
salah satu jus untuk penyakit kuning. Foto: Ist/Net

Diet ketat menyangkut makanan untuk penyakit kuning sangat penting dilakukan. Selain untuk meredakan penyakit kuning, salah dalam asupan justru dapat memperberat kondisi yang ada.

Penyakit kuning dicirikan dengan kondisi kulit tubuh yang berubah menjadi kuning. Bahkan bagian putih mata juga akan ikut berubah menjadi kuning atau orange jika terserang penyakit ini.

Penyakit ini umumnya terjadi pada bayi namun tak sedikit juga orang dewasa yang mengalaminya. Penyakit kuning atau jaundice terjadi akibat kadar bilirubin dalam darah naik secara berlebihan.

Bilirubin merupakan pigmen kuning yang terbentuk dari sel darah merah yang mati di hati. Dalam tubuh normal, hati akan membuang bilirubin dan sel darah merah yang sudah tua.

Penyakit kuning sebenarnya bukanlah penyakit tetapi gejala dari penyakit yang mendasarinya yang mengganggu fungsi hati. Beberapa penyakit yang mendasari penyakit kuning diantaranya sirosis, malaria, atau gangguan hati lainnya.

Gejala penyakit kuning diantaranya demam, sakit kepala, sakit perut, mual, muntah, nafsu makan menurun, berat badan juga menurun.

Hati merupakan organ yang sangat penting terutama dalam menyerap dan mengubah sari makanan menjadi energi. Diet berperan sangat penting dalam memullihkan fungsi hati yang terganggu dan memicu penyakit kuning.

Makanan untuk Penyakit Kuning yang Disarankan

Penanganan penyakit kuning dengan memberikan obat-obatan bukan satu-satunya solusi yang mesti dilakukan. Sebaliknya, penangangan dengan melakukan diet yang ketat justru diperlukan untuk meredakan penyakit ini.

Mengonsumsi makanan asal-asalan justru akan membebani tubuh. Karena itu makanan untuk penyakit kuning haruslah yang mudah dicerna. Menerapkan diet seimbang juga penting untuk meringankan gejalanya.

Diet yang tepat juga dapat mengembalikan fungsi hati secara alami dan akan membersihkan racun dari tubuh anda. Berikut ini jenis makanan yang disarankan untuk penyakit kuning.

  • Tomat

Buah ini sangat penting dikonsumsi penderita sakit kuning. Tomat kaya antioksidan dan vitamin C serta mengandung likopen yang berguna untuk meremajakan sel-sel hati yang terganggu sehingga efektif mengatasi gejala penyakit ini.

  • Wortel

Wortel merupakan buah sayuran sumber vitamin A dan C yang kaya beta-karoten dan rendah kolesterol. Nutrisi ini sangat penting untuk membantu melakukan detoksifikasi hati dan mengembalikan fungsi hati.

  • Tebu

Tebu juga termasuk makanan untuk penyakit kuning yang sangat baik. Minum jus tebu selain akan melancarkan pencernaan juga berguna untuk memulihkan fungsi hati. Lakukan ini secara teratur agar hasilnya efektif.

  • Lemon

Orang yang menderita penyakit kuning sangat disarankan minum jus lemon dalam kondisi perut kosong. Jika cara ini dilakukan secara rutin dan terkontrol akan membuka blokir saluran empedu sehingga sangat membantu meredakan penyakit ini.

Selain yang telah disebutkan diatas, ada makanan untuk penyakit kuning yang disarankan lainnya. Seperti madu, pepaya, anggur, alpukat, grapefruit, delima, brokoli, oatmeal, almond, beras merah, dan lainnya.

Makanan yang Harus Dihindari

Orang yang menderita penyakit kuning harus menjauhi makanan asin dan pedas. Begitu juga makanan berminyak, gorengan, maupun makanan mentah dan setengah matang juga harus dihindari.

Pantangan penyakit kuning yang harus diperhatikan adalah menjauhi makanan dari garam, lemak, minyak dan serat. Terganggunya hati dan empedu pada penderita penyakit ini akan sulit memproses lemak dan vitamin pelarut lemak.

Nah, berikut ini jenis makanan untuk penyakit kuning yang terlarang dikonsumsi dan harus dijauhi.

  • Telur

Meskipun telur mengandung banyak protein dan lemak namun makanan ini termasuk sulit dicerna. Apalagi fungsi hati berperan penting dalam metabolisme protein sehingga makanan ini juga harus dihindari.

  • Daging

Makanan untuk penyakit kuning yang terlarang lainnya adalah semua jenis daging. Sebab daging umumnya mengandung lemak jenuh sehingga harus dihindari oleh penderita penyakit kuning hingga sembuh.

  • Garam

Garam sangat buruk dan akan memperparah kondisi penderita. Mengkonsumsi garam justru akan menyebabkan rusaknya sel-sel hati. Lebih baik makan tanpa garam meski mungkin kurang sedap namun tak akan membuat kondisi anda makin parah.

Itulah berbagai jenis makanan untuk penyakit kuning yang disarankan dan yang terlarang. Selain itu penderita penyakit ini juga harus minum air putih yang cukup untuk membantu memulihkan fungsi hati. (R9/HR-Online)

Loading...