Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Asam Jawa yang Ampuh Atasi Asma dan Melancarkan Darah

Manfaat Asam Jawa yang Ampuh Atasi Asma dan Melancarkan Darah

Manfaat asam Jawa ternyata lekat dengan pengobatan tradisional. Asam Jawa utamanya digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan, sakit perut dan untuk obat pencahar. Khasiat asam jawa untuk kesehatan pun sudah dikenal cukup lama.

Asam Jawa merupakan buah yang dihasilkan dari pohon asam (Tamarindus indica). Buah ini juga populer dengan sebutan asam, asem, asang jawa, asang jawi dan sampalok. Dalam bahasa Inggris disebut tamarind.

Asam Jawa memiliki cita rasa asam yang kuat dan selama ini banyak dimanfaatkan untuk bumbu masakan. Buah ini juga sering digunakan dalam pembuatan jamu agar rasanya lebih enak.

Daging buah asam yang berbentuk pulpa atau pasta lengket ini diyakini mengandung banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini juga terlihat dari kandungan asam Jawa yang kaya zat dan mineral penting.

Manfaat asam Jawa terutama karena kandungan nutrisinya, seperti vitamin B, vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, tembaga dan serat alami. Juga ada zat aktif seperti tiamin, niasin, piridoksin dan polisakarida non-pati.

Buah asam juga kaya kandungan fitokimia, seperti safrole, limonin, asam sinamat, geraniol (antioksidan alami), metil salisilat (zat anti-iritasi), alkylthiazola dan pirazin. Juga ada zat antioksidan dan beta karoten yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan nutrisi dan zat kimia dalam buah ini membuatnya sangat baik untuk tubuh. Berikut ini berbagai manfaat asam Jawa yang sebaiknya Anda tahu dan bisa digunakan untuk kondisi darurat.

Mengatasi Kanker

Kandungan geraniol dalam asam Jawa ternyata sangat ampuh dalam menghambat tumor pankreas. Seperti hasil penelitian yang menemukan khasiat fitokimia dalam mengobati kanker pankreas.

Mengatasi Gangguan Empedu

Manfaat asam Jawa juga dari kandungan polisakarida non-pati yang merupakan serat alami yang berkhasiat dalam melancarkan aliran cairan empedu. Hal ini akan mampu mengatasi gangguan empedu.

Menangkal Radikal Bebas

Asam Jawa mengandung antioksidan yang kuat dan ampuh dalam menangkal radikal bebas dan meningkatkan imunitas tubuh. Kebiasaan minum air asam Jawa sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat asam Jawa telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai pencahar alami yang melancarkan metabolisme dan menjaga kesehatan pencernaan. Apalagi kandungan seratnya juga berguna mengatasi gangguan perut.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kandungan kalium dalam asam Jawa berfungsi menjaga keseimbangan cairan normal dalam tubuh. Ini sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah dan detak jantung. Kandungan besinya berperan dalam produksi sel darah merah.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dan vitamin C membuat asam Jawa juga baik untuk menu diet menurunkan berat badan. Kandungan asam hidroksi sirat atau HCA juga berguna menghalau lemak tubuh sehingga membuat tubuh cepat langsing.

Meredakan Radang dan Rematik

Manfaat asam Jawa juga dari sifat anti-inflamasinya yang berguna meredakan nyeri dan radang sendi. Minum air rebusan buah asam ini juga berguna untuk mengatasi rematik, dan asam urat.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Asam Jawa kaya dengan kandungan vitamin C serta antioksidan lain yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu juga sudah terbukti dapat menghambat pertumbuhan infeksi mikroba dan jamur. Karena asam jawa memiliki sifat antiseptik untuk menyembuhkan segala infeksi.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat asam Jawa juga baik untuk kesehatan mata karena kandungan vitamin A. Herbal ini juga berkhasiat menekan risiko degenerasi makula, katarak dan mencegah mata kering.

Mengatasi Lever dan Asma

Penelitian menemukan asam Jawa bersifat anti histamin yang ampuh mengobati asma. Minum air asam Jawa secara rutin juga berguna melindungi dan meningkatkan fungsi lever.

Itulah beragam khasiat dan manfaat asam Jawa yang ternyata sangat ampuh mengatasi berbagai penyakit. Minum air asam Jawa juga baik berguna menjaga imunitas dan kesehatan tubuh. (R9/HR-Online)

- Advertisment -