Senin, Oktober 25, 2021
BerandaArtikelManfaat Beras Cokelat Untuk Kesehatan Ternyata Lebih Baik dari Beras Putih

Manfaat Beras Cokelat Untuk Kesehatan Ternyata Lebih Baik dari Beras Putih

Manfaat beras cokelat jarang atau sedikit yang mengetahuinya. Sebab, kebanyakan masyarakat hanya mengetahui beras putih serta beras merah. Padahal, manfaat beras cokelat ini lebih bagus ketimbang beras putih.

Seperti kita ketahui bahwa beras diolah oleh orang Indonesia menjadi makanan pokok sehari-hari. Selain itu, jenis beras juga bermacam-macam, ada yang berwarna putih, merah, cokelat dan sebagainya.

Salah satu manfaat beras cokelat yang paling banyak diketahui pasti membuat perut menjadi kenyang. Padahal, manfaatnya bukan hanya itu dan menurut penelitian lebih bagus dari beras putih yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Disebut beras cokelat memang dari warnanya. Karena yang hanya dikelupas adalah kulit arinya, serta tidak diolah sampai menjadi putih. Sedangkan dibagian teksturnya lebih keras ketika sudah dimasak.

Manfaat beras cokelat ini sangat bagus untuk kesehatan, karena memiliki serat sebanyak 4 gram. Serat tersebut dapat memenuhi kurang lebih 14 persen dari 2000 kalori yang dibutuhkan.  

Selain itu, beras berwarna cokelat ini juga mengandung mineral seperti kalsium dan zat besi sampai 5 persen, kemudian nutrium kurang lebih 10 persen. Kandungan lainnya, protein 24 gram/porsi.

Sehingga dengan adanya kandungan tersebut di dalamnya, maka tidak salah jika manfaat beras cokelat sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Lantas apa saja manfaatnya secara detail? Berikut ini ulasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Manfaat Beras Cokelat untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan Berat Badan

Seperti diulas di atas, bahwa setelah dimasak memiliki serat sebanyak 4 gram. Serat tersebut ternyata lebih tinggi ketimbang beras putih yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Salah satu kebiasaan yang tidak baik yang umum di masyarakat adalah makan nasi dengan banyak, agar perut menjadi kenyang. Padahal, dengan makan banyak tersebut bisa membikin berat badan menjadi naik.

Nah, untuk manfaat beras cokelat yang paling pupoler adalah membantu menurunkan berat badan. Dengan adanya serat yang lebih baik dari beras putih, maka bisa mencegah mengkonsumsi lebih banyak kalori.

Selain itu, kelebihan beras cokelat dari beras putih adalah bisa mengurangi lemak yang ada di perut.

Bukan hanya itu, manfaat beras cokelat karena ada serat yang tidak larut dalam air ini, juga bisa lebih lama berada didalam usus. Sehingga memperlancar proses pencernaan dan pengeluaran sisa yang dimakan.

Serat yang ada di dalam beras cokelat ini bisa menarik air ke dalam usus, yang ternyata bisa membantu atau membuat lancar kerja usus, dan dengan begitu bisa mencegah sembelit.

Sangat Baik bagi Penderita Diabetes

Untuk yang memiliki riwayat diabetes tentu dilarang memakan nasi dari beras putih dengan jumlah atau porsi yang banyak. Bahkan, nasi tersebut sebelum dimakan harus di-gram terlebih dulu.

Hal itu bertujuan untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh, karena beras putih mempunyai karbohidrat dalam jumlah yang tinggi. Sehingga pola makan seperti itu harus diterapkan.

Nah, manfaat beras cokelat lainnya adalah sangat baik untuk kesehatan terutama penderita diabetes tipe 2. Pasalnya, di dalam brown rice ini kadar glikemik-nya lebih rendah dari beras putih.

Sebagai bahan informasi, untuk beras putih glikemik indeks-nya mencapai 72, sementara beras cokelat lebih rendah yakni 50.

Brown rice ini tidak membuat kadar gula darah meningkat secara mendadak atau cepat. Hal itu dikarenakan tubuh akan mencerna makanan dengan tidak terlalu cepat.

Manfaat Beras Cokelat Lainnya

Menjaga Organ Penting Tubuh

Dengan adanya kandungan serat dan senyawa lainnya yang lebih baik dari beras putih, maka manfaat beras cokelat ini bisa membantu melindungi jantung.

Menurut penelitian, bahwa serat yang tinggi itu bisa memimalisir resiko panyekit jantung, kanker serta gangguan pada pembuluh darah dan pernapasan.

Bukan hanya mengandung serat, dengan adanya magnesium serta lignin yang lebih baik dari beras putih ini lah yang membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung, menurunkan kolesterol dan ketegangan pada ketegangan pembuluh arteri.

Manfaat beras cokelat lainnya adalah menurunkan kanker pada usus besar. Hal itu disebabkan karena kadar fenol dan selenium yang tinggi pada beras ini yang membantu menurunkan dari kanker usus.

Lignin yang ada pada brown rice ini juga bisa mencegah bertumbuhnya sel-sel kanker payudara.

Menguatan Tulang

Manfaat beras cokelat lainnya adalah bisa menguatkan tulang, karena di dalamnya terkandung magnesium yang lebih banyak.

Bersamaan dengan vitamin D dan kalsium, maka bisa menjaga kesehatan tulang. Dan jika magnesium dalam tubuh kurang maka yang terjadi adalah menurunnya kepadatan pada tulang, yang bisa mengakibatkan osteoporosis.

Manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh yaitu bisa menjaga kesehatan pada sistem saraf. Kayanya akan kandungan mangan sangat diperlukan oleh tubuh.

Hal itu guna membentuk bermacam-macam jenis hormon serta asam lemak, yang sangat dibutuhkan untuk melindungi sistem saraf.

Kemudian menurut penelitian bahwa diet serat yang tinggi dan tidak larut air, misalnya dari beras cokelat ini ada hubungannya dengan menurunkan risiko terbentuknya batu empedu yang terjadi pada perempuan.

Jadi dengan banyaknya manfaat beras cokelat di atas, tidak ada salahnya jika muali hari ini untuk mencobanya. Dan sekaligus bisa dijadikan alternatif untuk menggantikan beras putih. (Adi/R5-HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img