Manfaat Buah Cermai untuk Diet, Diabetes, Kesuburan Pria Hingga Kecantikan Wanita

manfaat buah cermai
Buah ceremai. Foto: Istimewa

Manfaat buah cermai ternyata tak hanya enak untuk dibuat manisan, namun juga sangat baik untuk kesehatan. Selain bagian buah cermai, daun dan akar tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Maka jangan heran apabila buah ini ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Cermai (Phyllanthus acidus) masih satu keluarga Euphorbiaceae dan termasuk kelompok jenis buah berry. Tumbuhan ini juga populer dengan sebutan cerme, ceremoi, careme atau caremin, atau camin-camin. Nama internasional buah ini adalah gooseberry.

Buah cermai muda memiliki rasa yang sangat asam, namun berubah manis setelah matang. Buah muda ini sering dibuat manisan yang sangat enak dan banyak disukai orang.

Kandungan Buah Ceremai

Manfaat buah cermai untuk kesehatan terutama karena kandungan nutrisinya yang lengkap. Kandungan vitamin C buah ini sangat tinggi. Beitupun dengan vitamin A, B1, B6, dan vitamin B9.

Buah cermai juga kaya mineral, seperti kalsium, kalium atau potasium, magnesium, fosfor, kromium, tembaga, dan mangan. Dalam buah ini juga terdapat flavonoid, quercetin, dan tannin.

Buah ini diketahui kaya antioksidan, enzim, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain buahnya, bagian kulit batang, kayu dan daun tanaman ini juga mengandung nutrisi untuk pengobatan tradisional.

Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan

Buah cermai mungkin lebih populer saat masa kanak-kanak kita dulu. Berikut ini beragam manfaat buah cermai untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

Meningkatan Kesehatan Jantung

Kandungan krum dan antioksidan dalam buah ini baik untuk melancarkan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya penimbunan kolesterol darah. Buah ini juga mampu menguatkan otot jantung sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Meredakan Diabetes

Buah cermai juga disarankan untuk penderita diabetes agar gula darahnya lebih stabil. Bahkan kandungan kromium-nya juga penting agar sensitivitas sel terhadap insulin meningkat. Ini berguna untuk mengontrol penyerapan glukosa oleh tubuh.

Menangkal Kanker

Manfaat buah cermai juga ampuh mencegah kanker karena kandungan antioksidannya. Kandungan ini cukup besar termasuk dalam buah yang matang dan manis rasanya.

Meredakan Konstipasi dan Diare

Kandungan mineral yang lengkap dan tingginya serat larut air sangat berkhasiat untuk melancarkan BAB dan mengatasi konstipasi. Dari pengalaman, makan langsung buah cermai muda bisa meredakan gangguan BAB.

Kandungan buah ini juga bersifat astringent yang dapat meredakan rasa mulas atau sakit akibat diare. Makan buah ini juga baik untuk melancarkan pencernaan.

Menyembuhkan Penyakit Infeksi

Kandungan vitamin C dan asam laktat dalam buah cermai ini juga bersifat anti-bakteri. Sejumlah penelitian menemukan bahwa manfaat buah cermai efektif dalam membunuh bakteri atau virus penyebab penyakit infeksi.

Baik untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Buah cermai juga penting dimasukkan dalam menu diet anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, buah ini juga kaya serat yang akan membantu anda menurunkan berat badan lebih efektif.

Mencerahkan dan Menyehatkan Kulit

Manfaat buah cermai lainnya adalah dalam mencerahkan dan menyehatkan kulit dan wajah. Kandungan vitamin C dan senyawa antioksidannya melindungi kulit dalam regenerasi sel kulit dan anti penuaan dini.

Meningkatkan Kesuburan Pria

Siapa yang menyangka jika buah cermai juga efektif dalam meningkatkan kesuburan kaum pria. Makan buah ini secara rutin bisa memperbaiki kualitas dan kuantitas sperma sehingga bisa memperbaiki kesuburan anda.

Meningkatkan Kesuburan Rambut

Buah cermai juga dipercaya masyarakat sebagai tonik rambut alami yang ampuh dalam menyuburkan rambut. Olahan buah ini bisa digunakan untuk mengobati rambut rontok dan masalah rambut lainnya.

Itulah berbagai manfaat buah cermai untuk kesehatan tubuh yang bisa anda ambil. Mengkonsumsi buah ini bisa dimakan langsung, dibuat jus, ataupun untuk campuran es buah yang nikmat. (R9/HR-Online)

Loading...