Manfaat Buah Duwet atau Jamblang yang Ampuh Atasi Maag, Jantung Hingga Batuk

manfaat buah duwet
Buah Duwet atau Jamblang. Foto: Istimewa

Manfaat buah duwet atau jamblang yang rasanya sepat asam manis ini ternyata ampuh untuk kesehatan tubuh. Buah duwet paling enak dimakan dalam bentuk segar dan akan meninggalkan warna ungu pada lidah.

Buah duwet (Syzygium cumini) juga populer dengan sebutan juwet, jamblang, jumblang, jambu keling, jambee kleng, jambulan, atau Java plum (Inggris). Tanaman ini masih satu keluarga dengan suku jambu-jambuan (Myrtaceae).

Jamblang Bukan Buah Asli Indonesia

Tanaman ini bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Asia Selatan dan baru dikenal di tanah air sekitar awal 1910-an. Bentuknya yang mirip anggur ini dulu pernah populer. Namun sayangnya buah ini diketahui semakin langka.

Seiring makin banyak penelitian terhadap kandungan nutrisi buah dan tanaman ini, membuat banyak orang makin menyukai khasiatnya karena diketahui ampuh mengatasi sejumlah penyakit.

Manfaat buah duwet terutama karena kandungan nutrisi yang beragam. Buah ini kaya senyawa tanin, glukosida yambolin (jamboline). Buah jamblang juga bersifat astringen yang kuat, aromatik, dan menyejukkan.

Selain buahnya, bijinya pun memiliki khasiat sebagai penawar racun dan baik untuk menyembuhkan limpa. Begitupun akar tanaman jamblang juga sering dimanfaatkan untuk menyembuhkan epilepsi.

Manfaat Buah Duwet Bagi Kesehatan Tubuh

Banyaknya senyawa aktif dalam buah jamblang membuatnya sangat baik untuk kesehatan. Nah, berikut ini beragam manfaat buah duwet bagi kesehatan yang sekarang membuat banyak orang mencari buah ini.

Sumber Energi untuk Tubuh

Buah duwet kaya dengan kandungan protein, karbohidrat, dan lemak baik yang berguna sebagai sumber energi bagi tubuh. Jika tubuh sedang lemas atau habis olahraga lebih baik makan buah ini untuk mengembalikan tenaga.

Merangsang Pembentukan Sel Darah Merah

Kekurangan sel darah merah menyebabkan anemia, konsentrasi menurun dan terganggunya emosi. Dengan mengkonsumsi jus buah duwet yang kaya zat besi ini akan meningkatkan produksi sel darah merah. Ibu hamil dan anemia dianjurkan makan buah ini.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Manfaat buah duwet juga karena kaya kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi yang sangat baik untuk memadatkan tulang, sehingga akan menguatkan tulang dan gigi. Makan buah ini juga bisa meredakan radang sendi dan osteoporosis.

Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

Kandungan senyawa gula, serat, dan zat aktif dalam buah duwet berkhasiat meredakan dan menyembuhkan berbagai gangguan pencernaan dan kembung. Buat saja jus duwet atau dimakan langsung dengan sedikit garam untuk hasil efektif.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tingginya kandungan sodium dan kalium juga membuat manfaat buah duwet sangat baik untuk pengendalian detak jantung dan otot jantung. Kandungan ini juga berkhasiat dalam menguatkan dan menangkal serangan jantung.

Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas bisa menyerang tubuh dari luar maupun dari makanan. Buah duwet yang kaya kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan bisa dimakan atau dibuat jus untuk mengusir racun dari radikal bebas.

Menyembuhkan Sakit Lambung

Gangguan pada lambung seperti maag ternyata bisa di atasi dengan buah berkulit ungu kehitaman ini. Di Masyarakat India buah ini dikenal untuk mengatasi gangguan lambung.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat buah duwet lainnya adalah kandungan vitamin A yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Makan buah ini beserta kulitnya sangat berguna untuk menekan resiko kebutaan karena katarak, rabun dan gangguan mata lainnya.

Mengatasi Sakit Batuk

Penyakit batuk menahun ternyata bisa diatasi dengan buah jambang. Praktek ini telah dilakukan dalam pengobatan tradisional. Kandungan vitamin C dan antioksidan buah ini berkhasiat meredakan dan menyembuhkan batuk.

Menambah Nafsu Makan

Buat para orang tua yang anak-anaknya sulit makan, cobalah berikan jus buah ini beberapa sebelum makan. Selain merangsang nafsu makan, buah ini juga baik dalam memperbaiki pencernaan.

Dengan begitu lengkapnya kandungan nutrisi, mengkonsumsi buah ini secara rutin tentu baik untuk tubuh. Beragam manfaat buah duwet juga bisa untuk meredakan sejumlah gangguan kesehatan. (R9/HR-Online)

Loading...