Manfaat Buah Markisa yang Ampuh Atasi Stres, Insomnia dan Asma

manfaat buah markisa
Buah markisa. Foto: Istimewa

Selain enak, ada banyak manfaat buah markisa untuk kesehatan. Buah markisa yang sering dibuat sirup ini kaya dengan kandungan serat dan antioksidan.

Bahkan minuman ini ampuh mengatasi insomnia. Markisa merupakan salah satu jenis buah yang populer di Indonesia. Rasanya yang agak asam sering diolah atau dibuat sirup yang banyak dijual di supermarket. Buah ini juga enak untuk campuran es buah.

Selain itu buah eksotik yang baunya wangi ini juga enak untuk campuran salsa, salad, maupun dibuat jus. Dari banyaknya varietas buah ini yang cukup populer di Indonesia adalah yang berwarna kuning dan ungu.

Kandungan Buah Markisa

Buah markisa juga populer dengan sebutan asing passion fruit. Penyebutan ini saja sudah menggambarkan khasiatnya untuk tubuh yang mampu membangkitkan semangat.

Selain rasanya yang asam enak, manfaat buah markisa juga diketahui dari banyaknya nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Dalam 100 gram buah markisa diketahui mengandung energi sebanyak 275 kkal.

Selain itu buah ini juga mengandung karbohidrat sebanyak 64,29 gram, protein (1,79 gram), kalsium (107 mg), zat besi (0,64 mg), natrium (139 mg), dan kandungan serat (10,7 gram).

Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Tubuh

Selain nikmat untuk minuman atau jus, buah ini sangat besar manfaatnya untuk tubuh. Berikut ini beragam manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh yang belum banyak diketahui.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah markisa yang kaya vitamin C dan antioksidannya berkhasiat dalam meningkatkan sistem imunitas dan kekebalan tubuh. Minum sirup ini agar tubuh tak mudah terserang infeksi dan penyakit.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Markisa yang kaya mineral kalium sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Apalagi jika dimakan dengan bijinya yang kaya serat berguna untuk menyingkirkan kolesterol jahat dari pembuluh darah.

Menangkal Kanker

Manfaat buah markisa juga dari kandungan senyawa polifenol yang mempunyai efek antioksidan dan anti-inflamasi. Buah ini juga kaya beta-karoten yang ampuh menangkal kanker lambung, kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker prostat.

Meningkatkan Resistensi Insulin

Markisa termasuk jenis buah dengan indeks glikemik rendah sehingga aman untuk penderita diabetes. Bahkan biji buah ini juga ampuh meningkatkan resistensi dan sensitivitas insulin.

Anti Stres dan Mengatasi Kecemasan

Penelitian tahun 2017 menemukan bahwa kandungan magnesium dalam markisa ampuh dalam menekan stres dan menurunkan tingkat kecemasan. Makan buah ini juga baik karena bersifat menenangkan.

Menyembuhkan Insomnia

Sifat nutrisi markisa yang memberikan efek menenangkan saraf sangat baik untuk merelaksasikan pikiran. Manfaat buah markisa ini sangat berguna untuk membantu mengatasi ganggian tidur dan insomnia agar bisa tidur lebih nyenyak.

Mengatasi Asma

Rasanya yang asam ternyata membuat markisa bermanfaat untuk meredakan dan membantu mencegah asma. Bahkan hasil penelitian menemukan kandungan vitamin C buah ini berguna dalam menyembuhkan asma.

Mengatasi Inflamasi

Nutrisi buah markisa juga bersifat anti-inflamasi yang bisa mengatasi dan meredakan nyeri sendi maupun peradangan pada osteoartritis lutut. Cukup minum buah ini beberapa hari agar hasilnya efektif.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah markisa lainnya dari kandungan seratnya yang baik mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus. Markisa juga memberikan efek pencahar yang berfungsi melancarkan pencernaan dan membersihkan usus besar.

Baik untuk Diet Menurunkan berat badan

Buah markisa yang rendah kalori namun kaya serat sangat baik untuk menjadi menu diet dalam menurunkan berat badan. Minum buah ini baik untuk memulihkan energi dan menurunkan kolesterol.

Itulah berbagai khasiat markisa yang ampuh untuk mengatasi berbagai gangguan penyakit. Untuk mendapatkan manfaat buah markisa untuk kesehatan sebaiknya dikonsumsi secara teratur. (R9/HR-Online)