Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan, Benarkah Bisa Sembuhkan Tifus?

manfaat cacing tanah untuk kesehatan
Cacing tanah punya banyak manfaat untuk kesehatan. Foto: Istimewa.

Manfaat cacing tanah untuk kesehatan sudah banyak yang tahu. Salah satunya ekstrak cacing dalam bentuk pil maupun air dipercaya bisa jadi obat tifus.

Bentuk cacing tanah memang membuat geli jika dipegang. Tubuhnya yang licin dan kerap menggeliat di tanah cukup membuat merinding sebagian orang.

Namun dibalik bentuknya yang menggelikan tersebut, ada manfaat luar biasa. Selain dikenal sebagai penyubur tanah dan terkadang dijadikan sebagai umpan saat memancing, cacing tanah juga punya khasiat luar biasa untuk kesehatan.

Untuk mendapat manfaat cacing tanah bagi kesehatan tubuh ini, Anda tak perlu memakannya langsung. Karena cacing tanah bisa diminum dalam bentuk ekstrak berupa air cacing ataupun sudah dalam bentuk pil. Tentunya lebih higienis ketika masuk ke dalam tubuh.

Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan

Cacing tanah dikenal sebagai obat alami untuk mereka yang sedang terkena tifus. Penyakit ini disebabkan bakteri Salmonella typhi. Sehingga kandungan antibakteri pada cacing tanah dipercaya bisa jadi obat tifus.

Hanya saja, mengobati tifus dengan cacing tanah tidak bisa dijadikan acuan. Pasalnya dibutuhkan pengobatan lain dalam proses penyembuhannya. Karena itu, jika sakit berlanjut, sebaiknya segera datangi dokter ya.

Nyatanya, cacing tanah tidak hanya bermanfaat sebagai obat tifus, namun banyak juga khasiat lainnya. Berikut manfaat cacing tanah untuk kesehatan:

Membantu Penyembuhan Luka

Ketika kulit Anda terluka, maka tidak boleh kena infeksi. Jika terkena infeksi, luka pada kulit bisa meradang.

Ekstrak cacing tanah membantu proses penyembuhan pada luka kulit. Antibakteri pada cacing tanah sangat baik untuk luka pada kulit, sehingga terhindar dari infeksi.

Cacing tanah dalam bentuk ekstraknya mengandung asam arakidonat. Kandungan ini membantu pertumbuhan jaringan kulit, karena itu luka akan lebih cepat sembuh ketika Anda mengonsumsi ekstrak cacing tanah.

Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan: Mengatasi Kolesterol Jahat

Khasiat cacing tanah selanjutnya adalah membantu meluruhkan kolesterol jahat. Hal ini lantaran ekstrak cacing memiliki enzim yang bisa ‘menghajar’ kolesterol jahat.

Kolesterol yang menumpuk atau bahkan menyumbat pembuluh darah sangat berbahaya bagi tubuh. Jika tidak diatasi, bukan hanya bahaya, tapi kematian juga semakin dekat.

Cacing Tanah untuk Menambah Energi

Salah satu penelitian mengungkap, cacing tanah memiliki 76% protein. Ini artinya kandungan protein pada cacing tanah lebih besar dibanding pada telur.

Protein pada cacing ini baik untuk menambah energi. Apalagi kalorinya cukup rendah, sehingga tidak akan menghasilkan lemak tubuh.

Selain protein, cacing juga mengandung vitamin dan mineral. Bahkan zat besi dan kalsium pada cacing memiliki konsentrasi sangat tinggi.

Begitupun kandungan asam aminonya. Ekstrak cacing tanah memiliki kandungan asam amino 78-79 gram dalam setiap liternya.

Kandungan nutrisi yang kaya tersebut, membuat Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari dengan konsumsi ekstrak cacing tanah.

Manfaat cacing tanah untuk kesehatan ini membuat masyarakat kuno dari Tiongkok dan India mengonsumsi cacing tanah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuhnya.

Berkhasiat untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika Anda mengonsumsi ekstrak cacing tanah, asam amino yang tinggi pada cacing tanah, juga kandungan antibakterinya membuat kekebalan tubuh meningkat.

Artinya, tubuh Anda bisa mengantisipasi serangan virus, bakteri dan jamur pada tubuh. Itu juga berarti tubuh Anda punya pelindung, sehingga tidak mudah sakit.

Apalagi jika Anda menambahnya dengan pola hidup sehat dan pola makan yang baik. Selain itu, olahraga rutin dan menjauhi pikiran negatif sangat membantu untuk kesehatan tubuh.

Jadi Obat Alami untuk Gangguan Pada Sistem Saraf

Manfaat cacing tanah untuk kesehatan tubuh disebutkan dalam sebuah penelitian. Tercatat hasil penelitian tersebut, bahwa jenis cacing tanah dengan nama biologi Pheretima aspergillum punya khasiat untuk regenarasi sel saraf.

Bahkan, disebutkan dalam laporan hasil penelitian tersebut bahwa cacing tanah bisa mengobati jalur sinyal pada sel schwann. Sebagai informasi, sel schwann ini merupakan sel penting dalam pengobatan kerusakan saraf.

Sementara penelitian lain berusaha membuktikan manfaat cacing tanah yang mengandung biokimia untuk penyebumhan system saraf yang rusak.

Dari penelitian itu bisa dilihat konsumsi ekstrak cacing tanah jenis Lumbicrus bisa membantu regenerasi sel saraf. Hanya saja penelitian ini masih perlu dibuktikan lebih lanjut lewat penelitian lain yang lebih intens.

Tapi sebagai informasi, Lumbicrus bukanlah jenis cacing tanah sembarangan. Jenis cacing ini nyatanya sering digunakan untuk pengobatan secara tradisional oleh bangsa Tiongkok sejak lama.  

Itulah manfaat cacing tanah untuk kesehatan. Meski banyak khasiatnya, namun perlu diingat cacaing juga bisa jadi penyebab timbulnya penyakit. Terutama jika Anda tanpa alas kaki berjalan begitu saja. Begitupun ketika Anda memegang tanah dan tidak mencucinya. Hati-hati penyakit karena cacing mengintai Anda. (Ndu/R7/HR-Online)