Manfaat Daun Bandotan, Si Racun yang Berkhasiat Atasi Asam Urat, Kista Hingga Diabetes

manfaat daun bandotan
Manfaat daun bandotan. Foto: Istimewa

Manfaat daun bandotan selama ini belum banyak diketahui selain sebagai gulma yang sering menyerang tanah pertanian. Yang lebih unik, selain berkhasiat obat, daun bandotan juga mengandung racun yang berbahaya. Karenanya herbal ini lebih baik digunakan untuk pengobatan luka luar.

Bandotan (Ageratum conyzoides) merupakan tanaman liar yang masuk dalam keluarga suku Asteraceae. Gulma yang berasal dari Brazil ini sering dianggap gulma dan banyak ditemukan di berbagai wilayah di tanah air.

Tanaman bandotan juga populer dengan sebutan babandotan atau babadotan, rumput balam, wedusan atau dus-bedusan. Bahasa asingnya Goatweed, Billygoat-weed, Whiteweed atau Chick weed.

Nama wedusan atau goatweed karena daun ini mengeluarkan bau menyengat yang mirip bau kambing. Bentuk daun bulat telur agak belah ketupat dengan ujungnya runcing. Tepinya bergerigi dan ada bulu pada kedua permukaannya.

Manfaat daun bandotan ternyata telah lama dikenal masyarakat dan digunakan untuk pengobatan tradisional, khususnya sebagai obat luar. Seperti untuk mengobati luka.

Bau menyengat daun bandotan ini karena kandungan kimia dan zat aktifnya. Seperti kumarin, minyak esensial, dan alkaloid khususnya jenis alkaloid pirolizidina. Di sejumlah negara herbal ini juga dimanfaatkan sebagai obat hama pertanian.

Manfaat Daun Bandotan untuk Kesehatan dan Lainnya

Kandungan kimia dan zat aktif dalam daun bandotan tak hanya berguna untuk kesehatan, namun juga untuk kebutuhan manusia lainnya. Berikut ini berbagai manfaat daun bandotan untuk kesehatan dan lainnya.

Mengatasi Asam Urat

Kandungan flavonoid, glikosida dan tanin juga berkhasiat dalam meredakan dan mengatasi sakit asam urat. Anda bisa menumbuk atau merebus daun bandotan lalu tempelkan pada bagian tubuh yang sakit atau diminum.

Mengatasi Penyakit Mata

Manfaat daun bandotan juga ampuh untuk mengatasi dan menyembuhkan berbagai penyakit mata, seperti mata merah, belekan atau lainnya. Tumbuk saja daun ini dan ambil airnya untuk diteteskan pada mata yang sakit.

Mengatasi Kista

Kista merupakan tumor jinak yang menyerang bagian bawah permukaan kulit. Jika segera dikenali, Anda bisa memberikan pengobatan awal dengan memanfaatkan air rebusan daun bandotan ini.

Menangkal Diabetes

Manfaat daun bandotan juga baik untuk mencegah dan menangkal diabetes atau kencing manis. Kandungan zat kimia dan mineral dalam herbal ini efektif untuk mengontrol kadar gula darah.

Radang Telinga

Daun babandotan juga ampuh dalam mengatasi radang telinga. Cobalah gunakan tetesan rebusan daun ini ke telinga. Jika sakit tak kunjung sembuh segera periksakan ke dokter agar tidak semakin parah.

Mengobati Maag

Manfaat daun bandotan yang kaya kandungan zat dan mineralnya juga ampuh dalam mengatasi sakit maag. Anda bisa menggunakan air rebusannya untuk diminum saat perut terasa sakit dan melilit.

Mengatasi Pendarahan dan Tumor Rahim

Gangguan pada rahim wanita juga bisa diatasi dengan daun wedusan ini, khususnya daun bandotan untuk tumor rahim maupun mengatasi pendarahan rahim. Rebus saja daun herbal ini yang telah dikeringkan lalu saring dan minum airnya secara teratur.

Menyembuhkan Luka dan Koreng

Masyarakat tradisional sering menggunakan manfaat daun babadotan untuk luka dan koreng. Tumbuk saja beberapa lembar daun herbal ini lalu campur sedikit minyak goreng atau kapur dan tempelkan pada luka yang berdarah.

Manfaat Daun Bandotan untuk Pertanian

Di sejumlah negara banyak yang mengambil manfaat daun bandotan untuk pertanian. Zat kimia daun ini ternyata efektif sebagai insektisida dan nematisida yang ampuh mengatasi hama tanaman padi.

Efek Samping Daun Badotan

Meskipun daun bandotan diketahui berkhasiat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, namun sebaiknya gunakan herbal ini untuk obat luar saja. Hal ini karena adanya kandungan racun yang bisa menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan.

Sebuah penelitian menemukan adanya kandungan racun dalam daun bandotan. Bahkan riset itu menemukan konsumsi herbal ini dalam waktu lama bisa menyebabkan luka pada hati dan memicu tumor.

Karena itu jika Anda ingin mengambil manfaat daun bandotan dengan diminum, sebaiknya secukupnya saja, khususnya untuk mengatasi penyakit. Hindari mengkonsumsi daun bandotan dalam waktu lama. (R9/HR-Online)