Manfaat Daun Bawang, Sumber Vitamin Kalium dan Folat

Manfaat Daun Bawang, Sumber Vitamin Kalium dan Folat

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan, Sumber Vitamin dan Kalium. Biasanya daun bawang banyak digunakan sebagai pelengkap dalam masakan dan ada juga yang menggunakannya sebagai penghias suatu masakan.

Namun, ternyata daun bawang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat daun bawang bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Bawang

Sumber Zat Besi

Daun bawang memiliki kandungan zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan sel-sel darah merah dan meningkatkan kesehatan hemoglobin.

Zat besi juga mampu memperkuat sel jaringan dalam tubuh. Kandungan zat besi dalam daun bawang juga berfungsi untuk mencegah anemia.

Mengandung Vitamin K

Daun bawang kaya akan kandungan vitamin K yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. Vitamin K juga berperan untuk mengaktifkan osteoclacin yang merupakan protein penting untuk kesehatan tulang.

Dalam secangkir daun bawang mengandung 42 mikrogram vitamin K yang merupakan 47 persen dari asupan harian yang dianjurkan.

Mengandung Serat

Tingginya kandungan serat yang terdapat di dalam daun bawang, baik untuk kesehatan sistem penceraan Anda, termasuk untuk mencegah terjadinya sembelit.

Ketika mengalami sembelit, akan terjadi penumpukan sampah di dalam usus, yang mengganggu kesehatan tubuh, sehingga mengonsumsi daun bawang akan melancarkan proses pencernaan.

Kaya Vitamin C

Vitamin C yang diidentikkan dengan buah jeruk, ternyata juga terdapat dalam daun bawang. Berdasarkan catatan dari Washington State University, bahwa dalam 3,5 ons daun bawang mengandung sebanyak 30 persen dari kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C dalam daun bawang berfungsi untuk melindungi tubuh dari polusi dan racun.  

Tinggi Kalium dan Folat

Manfaat daun bawang selanjutnya berasal dari kalium yang terdapat di dalamnya. Kadar kalium dalam daun bawang berfungsi untuk mengatur kadar cairan dalam tubuh.

Tidak hanya itu, kandungan folat yang tinggi dalam daun bawang juga bermanfaat untuk membantu menurunkan tingkat homocysteine, sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Baik untuk Kesehatan Mata

Menambah daun bawang dalam masakan juga dapat memenuhi asupan vitamin A harian. Kandungan vitamin A ini berperan dalam menjaga kesehatan mata.

Selain itu, mendukung perkembangan sel darah yang sehat. Dalam satu porsi daun bawang, mengandung 1.484 vitamin A yang merupakan 64 persen dari asupan harian yang direkomendasikan Institute of Medicine.

Penjaga Kadar Gula

Sebagai salah satu jenis sayuran yang rendah kalori, daun bawang juga mengandung phyto-kimia, yaitu allium dan alil disulfida yang berperan untuk menjaga kadar gula darah.

Kandungan tersebut memiliki sifat diabetes yang bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme glukosa, sehingga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun bawang yang sering ditambahkan dalam sup juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena kandungan quercetin dan kemferfol, merupakan zat antioksidan yang baik untuk tubuh. Manfaat daun bawang yang lainnya adalah mencegah tubuh dari pilek, demam, dan flu. (Deni/R4/HR-Online)