Manfaat Daun Kemuning yang Baik untuk Batu Ginjal Hingga Eksim

manfaat daun kemuning
Daun Kemuning punya banyak manfaat untuk kesehatan. Foto: Ist/Net

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui manfaat daun kemuning. Meskipun sering tumbuh di sekitar pekarangan rumah, tanaman kemuning kalah populer dengan jenis yang lain.

Kemuning (Murraya paniculata) termasuk jenis tanaman herbal yang telah dimanfaatkan masyarakat kita sejak lama. Tanaman ini juga populer dengan sebutan kamoneng, kamuning, kemuni, atau kamoni.

Kemuning diketahui berasal dari India dan termasuk jenis tanaman perdu. Tumbuhan ini juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena bentuknya yang cukup cantik.

Daun kemuning mempunyai rasa yang pedas dan pahit. Hal ini karena kandungannya yang cukup banyak. Seperti eugenol, tanin, geraniol, Careen-3, bisabolene, paniculatine, dan cadin. Bagian bunga dan akarnya juga berkhasiat obat.

Manfaat Daun Kemuning Untuk Kesehatan

Daun kemuning banyak yang dikeringkan atau diekstrak untuk dijadikan jamu atau obat. Berikut berbagai manfaat daun kemuning untuk kesehatan yang sebaiknya Anda tahu:

Obat Infeksi Saluran Kemih

Kandungan daun kemuning juga ampuh dalam mengatasi infeksi saluran kemih. Minum air rebusan daun herbal ini sangat baik untuk meredakan dan menyembuhkan berbagai gangguan saluran kemih.

Mengatasi Peradangan

Manfaat daun kemuning juga ampuh dalam mengatasi peradangan. Kandungan herbal ini yang kaya zat aktif sangat berkhasiat untuk meredakan dan mengatasi sakit peradangan.

Melancarkan Menstruasi

Khasiat daun kemuning lainnya juga ampuh dalam melancarkan menstruasi. Untuk menggunakannya tinggal rebus saja beberapa lembar daun kemuning dan saring airnya sebelum diminum.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat daun kemuning juga ampuh dalam mengontrol dan menurunkan kolesterol tubuh. Kandungan zat aktif dalam herbal ini berkhasiat dalam mengusir kolesterol jahat dalam tubuh.

Menyembuhkan Sakit Eksim

Kandungan daun kemuning yang kaya dengan zat aktif juga efektif dalam mengatasi dan menyembuhkan sakit eksim. Masyarakat sering menggunakan tanaman ini untuk menyembuhkan penyakit kulit tersebut.

Mengobati Sakit Gigi

Manfaat daun kemuning juga efektif untuk meredakan dan menyembuhkan sakit gigi. Untuk melakukannya tinggal tumbuk saja daun kemuning dan ambil airnya. Lalu panaskan dan oleskan pada gigi yang bengkak.

Mengobati Keputihan

Kaum wanita yang sering mengalami masalah keputihan juga bisa menggunakan daun kemuning untuk mengatasinya. Rebus saja daun herbal ini lalu minum airnya secara rutin agar hasilnya efektif.

Manfaat Daun Kemuning untuk Diet

Khasiat daun kemuning untuk membantu diet melangsingkan tubuh sudah diyakini sejak lama. Selain bisa membuat Anda kenyang lebih lama, air rebusan daun kemuning juga baik untuk membakar lemak tubuh yang berlebih.

Menyembuhkan Batu Ginjal

Senyawa aktif yang terdapat dalam daun kemuning juga ampuh dalam mengatasi batu ginjal. Bahkan minum rebusan daun kemuning juga efektif untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan ginjal Anda.

Merawat Luka Terbuka

Sejumlah herbal memang banyak yang bisa digunakan untuk menyembuhkan luka. Begitu juga dengan manfaat daun kemuning yang efektif menyembuhkan luka. Kompres saja lukanya dengan tumbukan daun kemuning tersebut.

Membuat Kulit Cantik dan Anti Penuaan

Kandungan daun kemuning ternyata juga berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan kulit tubuh dan wajah. Bahkan herbal ini juga bersifat anti penuaan dini yang akan membuat wajah terlihat cerah dan awet muda.

Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan senyawa aktif dalam daun kemuning juga berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah. Untuk menggunakannya tinggal rebus saja beberapa lembar daun herbal ini lalu minum airnya.

Itulah berbagai manfaat daun kemuning untuk kesehatan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Semoga informasi ini berguna dan bisa menambah referensi Anda tentang herbal Nusantara. (R9/HR-Online)