Manfaat Daun Krokot, Si Gulma Berkhasiat Obat Rekomendasi WHO

Manfaat Daun Krokot
Manfaat Daun Krokot. Foto: Istimewa

Manfaat daun krokot tak disangka sangat ampuh dalam mengatasi berbagai penyakit. Bahkan WHO PBB telah menunjuk tanaman krokot sebagai emergency treatment yang layak digunakan saat darurat. Namun di balik khasiatnya ternyata terdapat efek samping apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Mungkin banyak diantara Anda yang telah mengenal jenis tanaman yang dianggap sebagai gulma ini. Ya, karena tumbuhan ini sering tumbuh liar di pekarangan rumah. Banyak orang yang lalu mencabut dan membuangnya.

Krokot (Portulaca) merupakan jenis tanaman yang masuk dalam keluarga Portulacaceae. Krokot memiliki 40 hingga 100 spesies yang berbeda-beda. Dari yang untuk hiasan hingga yang bisa dimakan dan berkhasiat obat.

Krokot Tanaman Gulma

Salah satu jenis krokot yang bisa dimakan dan diambil manfaat daun krokot-nya adalah jenis Portulaca oleracea. Tanaman ini dikenal sebagai gulma dan sering tumbuh liar di sekitar rumah, di trotoar jalan hingga di sekitar got.

Tanaman ini mudah dikenali dari bentuk daunnya bulat telur dengan bagian ujung dan pangkalnya tumpul serta permukaan relatif halus. Batangnya berwarna merah keunguan dan bunganya berwarna kekuningan.

Krokot hijau ini juga dikenal dengan sebutan gelang biasa atau Resereyan. Di barat tanaman ini dikenal dengan nama red root atau pursley, common purslane, little hogweed, verdolaga, atau cat’s tongue (lidah kucing).

Manfaat Daun Krokot Bagi Kesehatan Tubuh

Selain bisa dimakan, kandungan senyawa dalam tanaman krokot banyak khasiatnya. Berikut ini beragam manfaat daun krokot bagi kesehatan tubuh yang selama ini jarang diketahui masyarakat.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Kandungan zat besi dan tembaga dalam daun krokot mampu merangsang meningkatnya produksi sel darah merah. Hal ini akan meningkatkan kadar oksigen darah, sehingga mempercepat penyembuhan dan meningkatkan efisiensi metabolisme.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Krokot diketahui mengandung asam omega 3 yang lebih banyak dimiliki ikan laut dalam. Senyawa ini sangat berguna untuk meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular dan mengusir kolesterol jahat.

Manfaat daun krokot juga karena kandungan kalium yang berfungsi sebagai vasodilator dan berguna mengurangi tekanan darah. Karena itu daun krokot berkhasiat dalam melemaskan dan mengurangi ketegangan pembuluh darah.

TCL

Menangkal Kanker

Tanaman krokot hijau juga diketahui mengandung vitamin A dan C yang  berfungsi sebagai antioksidan. Selain berkhasiat menangkal radikal bebas, herbal ini juga ampuh mencegah kanker, khususnya kanker paru-paru dan kanker mulut.

Yang menarik, krokot juga mengandung beta-cyanins dan beta-xanthins yang memiliki efek anti-mutagenik. Selain menangkal radikal bebas dan polutan berbahaya, herbal ini juga mampu mencegah mutasi pada sel-sel sehat.

Menguatkan Tulang

Manfaat daun krokot juga dari kandungan kalsium, zat besi, magnesium dan mangan yang sangat baik untuk mencegah osteoporosis, mengatasi nyeri sendi, sekaligus menguatkan tulang dan gigi.

Menurunkan Berat Badan

Selain enak dibuat sayuran, daun krokot juga kaya serat namun rendah kalori. Makanan ini sangat baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.

Mengatasi Penyakit Saluran Gastrointestinal

Manfaat daun krokot juga telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina, khususnya untuk menyembuhkan diare, disentri ataupun wasir. Kandungan kimia dalam daun ini berkhasiat mengatasi berbagai gangguan usus.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin A dan beta-karoten dalam daun krokot juga efektif untuk mencegah penyakit katarak dan degenerasi makula. Bahkan herbal ini juga ampuh mengatasi berbagai gangguan pada mata.

Efek Samping Krokot

Di balik manfaat daun krokot untuk kesehatan tubuh tentunya ada saja efek samping yang sebaiknya diketahui dengan baik. Salah satunya adalah karena tenaman ini mengandung asam oksalat dalam konsentrasi yang tinggi.

Mengkonsumsi terlalu banyak herbal ini bisa berpengaruh buruk pada ginjal. Selain itu konsumsi berlebihan juga bisa menyebabkan terjadinya komplikasi. Karena itu sebaiknya sesuaikan takaran atau sesuai kebutuhan.

Itulah beragam manfaat daun krokot bagi kesehatan tubuh yang bisa diambil. Menurut WHO, herbal ini bisa menjadi solusi darurat jika terserang penyakit sebelum ditangani dokter. (R9/HR-Online)

Loading...