Manfaat Daun Pandan Wangi Atasi Kanker, Penenang Hingga Pengusir Rematik

Manfaat daun pandan wangi
Daun Pandan Wangi. Foto: Istimewa

Manfaat daun pandan wangi  tak hanya untuk mengharumkan masakan. Daun pandan ternyata juga sangat berkhasiat untuk mengusir kanker dan penyakit lainnya. Kandungan nutrisinya juga terbilang lengkap. Maka jangan heran apabila tanaman herbal ini sering digunakan sebagai pengobatan tradisional.

Dikutip dari Wikipedia, pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb) juga populer dengan sebutan pandan rampe, pandan jau, bonak, pudaka, pondango, atau haomoni. Daun ini menjadi bahan wajib dalam masakan untuk membuatnya wangi dan enak.

Bentuk daun helai mirip pita yang tipis dan licin ini termasuk dalam famili pandanaceae. Daunnya yang berbau harum ini juga sering dimanfaatkan di industri kosmetik terutama untuk bahan minyak wangi.

Tanaman ini mudah tumbuh dan banyak ditemukan di pekarangan rumah. Manfaat daun pandan wangi juga terdapat dari kandungannya yang kaya zat alkaloida, polifenol, flavonoida, tannin, saponin dan mengandung zat warna alami.

Banyaknya kandungan zat aktif dalam daun herbal ini juga telah dimanfaatkan masyarakat untuk penambah nafsu makan, sebagai tonikum, hingga untuk penenang. Karena itu gunakan daun wangi ini untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Pandan Wangi Untuk Kesehatan

Lantas apa saja manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan tubuh? Berikut langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Menambah Nafsu Makan

Aroma wangi daun pandan dalam makanan tak hanya membuat makanan menjadi lezat, namun juga dapat merangsang dan menambah nafsu makan. Jika anak anda kurang nafsu makan bisa dibuatkan rebusan daun ini dan meminumkan beberapa hari.

Menetralisir Racun

Air kelapa hijau terkenal ampuh mengatasi keracunan. Daun pandan wangi juga punya khasiat serupa. Bahkan teh daun pandan ampuh menghalau racun dan kotoran dari tubuh sekaligus sebagai pencahar ringan yang aman untuk anak.

Mengatasi Kanker

Sebuah penelitian melaporkan manfaat daun pandan wangi yang diekstrak mempunyai efek antimitotik, sitotoksik, apoptosis, dan antiproliferatif yang efektif dalam menghambat pertumbuhan kanker. Pengobatan tradisional juga telah membuktikannya.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Penelitian di jurnal Pharmacognosy Magazine menemukan ekstrak daun pandan ternyata ampuh mengontrol dan menurunkan gula darah postprandial. Ekstrak ini juga mampu merangsang produksi insulin pada sel-sel pankreas dan sumber antihiperglikemik alami.

Mengatasi Nyeri dan Radang

Kandungan daun pandan juga bersifat analgetik yang berkhasiat meredakan nyeri dan radang, seperti sakit kepala, arthritis, dan nyeri dada. Minum rebusan teh daun ini berguna mengatasi kram perut.

Rematik dan Pegal Linu

Manfaat daun pandan wangi juga berkhasiat meredakan rematik dan pegal linu. Seduh 3 lembar daun pandan wangi dengan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Kemudian dinginkan dan gosokkan pada tubuh yang sakit.

Mengatasi Rambut Rontok Dan Ketombe

Banyaknya zat kimia dalam daun pandang wangi juga berkhasiat dalam mengatasi ketombe maupun rambut rontok. Caranya, gunakan daun ini sebagai masker rambut dengan menumbuknya dan mengoleskannya pada kulit kepala.

Menghitamkan Rambut

Daun pandan rupanya efektif melebatkan dan menghitamkan rambut. Rebus 7 lembar daun pandan dengan 1 liter air lalu embunkan semalaman. Hasilnya campurkan dengan air perasan buah mengkudu matang untuk mencuci rambut anda.

Menguatkan Syaraf

Manfaat daun pandan wangi yang jarang diketahui adalah khasiatnya dalam menguatkan dan mengatasi gangguan syaraf. Rebus 3 daun pandan dalam 3 gelas air hingga tersisa setengahnya lalu minum dua kali sehari.

 Bersifat Menenangkan dan Mengatasi Stres

Khasiat daun pandan juga efektif untuk meredakan stres, gelisah dan kecemasan karena kandungan tannin yang bersifat penenang. Buat anda yang mengalami kecemasan atau stres kerja cobalah minum teh daun pandan wangi.

 Mengatasi Insomnia

Kandungan tannin dalam daun pandan juga efektif meredakan dan mengatasi insomnia dan gangguan tidur lainnya. Jika anda sering gelisah dan sulit tidur cobalah rebus daun pandan wangi dan minum sebelum tidur.

Demikianlah berbagai khasiat dan manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan tubuh. Gunakan rebusan daun herbal ini untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang anda alami. (R9/HR-Online)

Loading...