Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mencegah Kanker

Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan
Manfaat daun pisang untuk kesehatan. Foto : Adi Karyanto/HR

Manfaat daun pisang untuk kesehatan tubuh sepertinya jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia. Sebab, orang-orang hanya tahu bahwa manfaat daun pisang ini hanya untuk membungkus makanan seperti lemper dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri untuk mendapatkan pisang baik itu buahnya dan pohonnya tidak lah sulit. Hal itu dikarenakan pohon pisang ini tumbuh di iklim yang tropis.

Untuk jenis pisang pun beragam, dari pisang raja, pisang ambon, pisang kepok, pisang tanduk dan masih banyak lagi.

Jenis pisang yang beragam itu, bukan hanya bermanfaat untuk dijadikan olahan makanan seperti keripik, namun juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Bukan hanya daging buah pisangnya saja, bahkan kulit pisang, batang pisang dan jantung pisang juga bisa digunakan untuk obat berbagai macam penyakit. Tak terkecuali manfaat daun pisang itu sendiri juga bisa melindungi tubuh dari penyakit.

Daun pisang yang masih segar atau sudah kering itu ternyata mempunyai banyak sekali manfaatnya. Bukan hanya melindungi tubuh dari serangan penyakit, tapi bisa juga menjadi obat penyakit.

Sebenarnya apa yang menjadikan manfaat daun pisang begitu penting untuk tubuh. mengutip dari berbagai sumber, pada daunnya ini terdapat berbagai macam kandungan atau zat yang berguna.

Seperti untuk yang kering memiliki kandungan protein, hemiselulosa, allantoin, lignin, serta polifenol untuk antioksidan. Bukan hanya itu saja, daunnya ini juga mempunyai efek astringen, yang mujarab menyembuhkan berbagai penyakit.

Biasanya, guna memperoleh manfaat daun pisang tersebut, Anda dapat mengolahnya menjadi obat-obatan herbal, namun sebelumnya dikeringkan terlebih dulu.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini khasiat daun pisang yang bukan hanya untuk kesehatan saja, melainkan bisa juga untuk kecantikan.

Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan

Sumber Antioksidan

Seperti diulas di atas, bahwa daun pisang ini memiliki senyawa polifenol sebagai antioksidan. Kegunaan antioksidan ini sangat diperlukan karena bisa melawan radikal bebas di tubuh.

Manfaat daun pisang sebagai penangkal radikal bebas ini bisa melindungi tubuh dari masalah penyakit, dari demensia, Alzheimer sampai kanker.

Agar manfaat ini bisa terasa maksimal, maka bisa diolah menjadi seperti teh. Meminum teh daun pisang ini dalam satu hari bisa 1 atau 3 kali.

Selain itu, manfaat daun pisang ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. hal itu dikarenakan adanya kandungan allantoin, yang sanggup meningkatkan kekebalan tersebut serta membantu proses penyembuhan menjadi cepat.

Sehingga tidak heran, jika daun ini bisa mengobati demam serta sakit tenggorokan yang mengganggu. Meski sedang sehat, tidak salahnya juga meminum air rebusan daun tersebut.

Jadi dengan meminum rebusan daun pisang ini, Anda bisa terhindar dari berbagai macam serangan penyakit, karena sistem kekebalan tubuh meningkat.

Obat Disentri

Manfaat daun pisang lainnya untuk kesehatan tubuh yaitu bisa mengobati disentri. Daun pisang yang kering ini di dalamnya terkandung polifenol serta zat allantoin, yang bisa meminimalisir perdarahan pada usus.

Selain itu, efek astringen yang adadi daun pisang kering ini pun bisa mengurangi sakit di lambung, yang disebabkan aktivitas hiperperistaltik usus.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun pisang lainnya adalah bisa menurunkan berat badan berlebih, serta sanggup mengurangi selulit.

Untuk caranya bisa mengolahnya menjadi masker. Oleskan masket daun pisang ini ke bagian tubuh yang ada selulitnya. Atau, daun piang tersebut dikukus terlebih dulu kurang lebih satu sampai dua jam, dan membungkus bagian tubuh terutama di lengan dan paha atas.

Jika cara di atas sudah dilakukan, maka dilanjutkan dengan meminum hasil dari rebusan daun pisang yang dicampur dengan jahe.

Daun pisang juga bisa bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka di bagian anggota tubuh. caranya mengoleskan pasta daun pisang di bagian yang terluka.

Manfaat Daun Pisang untuk Kecantikan

Untuk menjaga kesehatan kulit, maka daun pisang ini bisa dijadikan seperti masker. Di dalam masker daun pisang ini terdapat kandungan yang bisa mencegah terjadinya kulit keriput atau bintik hitam. Kemudian menghilangkan jeraat, kulit tetap lembab dan halus.

Cara membuat masker, daun pisang yang sudah disiapkan itu diblender sampai halus. Lalu, dioleskan ke bagian kulit wajah. Biarkan terlebih dulu lalu dibilas pakai air bersih.

Manfaat daun pisang lainnya untuk kesehatan kulit atau kecantikan adalah bisa melembutkan dan menghaluskan rambut Anda.

Seperti kita ketahui bahwa rambut bagi wanita adalah sebuah mahkota. Jika rambutnya jelek atau rusak, maka rasa percaya dirinya pun akan turun.

Untuk memperhalus dan melembutkan rambut, bisa dengan mengoleskan ekstrak dari daun pisang. Ekstrak itu dioleskan ke kulit kepala sehingga tidak ada lagi ketombe dan kulit kepala yang kering.

Atau bisa juga dengan mengolahnya menjadi masker. Pemakaian masker dengan rutin ini bisa menjadikan rambut Anda kuat, hitam serta berkilau.

Manfaat daun pisang juga bisa dijadikan lotion serta krim kosmetik. Krim yang mahal itu di dalamnya terkandung Allantoin, dan itu bisa Anda temukan di daun pisang ini. Kandungan ini bisa merangsang bertumbuhnya sel kuli tbaru, dan membunuh kuman. (Adi/R5/HR-Online)