Manfaat Daun Salam, Turunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker

Manfaat daun salam ternyata bisa menyembuhkan berbagai penyakit
Manfaat daun salam ternyata bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Photo : Net/Ist.

Manfaat daun salam ternyata bisa menyembuhkan berbagai penyakit, baik penyakit ringan maupun berat. Untuk mendapatkan manfaat daun salam, kamu harus mencoba mengolahnya menjadi obat herbal.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jum’at (06/12/2019), kandungan senyawa seperti vitamin C, serat, niasin, dan tanin yang dimiliki daun salam diketahui mampu turunkan kadar trigliserida.

Segudang Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Bantu Turunkan Berat Badan

Buat kamu yang tengah menjalani diet, daun salam bisa membantu menghancurkan lemak berlebih di tubuh. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, kunyah daun salam secara rutin setiap hari.

Atau bisa juga dengan cara mengolahnya terlebih dahulu, kamu cukup siapkan 6 lembar daun salam dan 1 liter air. Lalu, tambahkan kayu manis bubuk serta madu murni dengan takaran masing-masing 1 sendok makan.

Setelah itu, campurkan semua bahan tersebut ke dalam rebusan air, tunggu sampai mendidih dan airnya berubah warna. Minum air rebusannya setiap pagi hari ketika perut masih kosong.

Atasi Masalah Pencernaan

Manfaat daun salam juga bisa mengatasi masalah pencernaan serta rasa mual. Sebelum mengonsumsinya, rebus terlebih dahulu daun salam.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa tambahkan gula dan air lemon pada rebusan daun salam tersebut.

Menyehatkan Mata

Daun salam bermanfaat untuk menyehatkan mata. Gunakan daun tersebut sebagai bumbu tambahan pada masakan.

Karena selain untuk menambah rasa masakan menjadi lebih enak, daun salam bisa memberikan manfaat bagi kesehatan mata.

Mengurangi Rasa Nyeri

Minyak dari daun salam bisa digunakan untuk mengurangi rasa nyeri akibat keseleo, rematik, otot tegang, serta arthritis, atau penyebab lainnya.

Hal itu karena di dalam daun salam terkandung sifat antiperadangan yang dipercaya mampu mengurangi rasa nyeri.

Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat daun salam juga bisa untuk menjaga rambut agar tetap sehat. Sebelum digunakan, panaskan terlebih dahulu daun salam yang dicampur dengan minyak zaitun.

Setelah itu, oleskan hot oil tersebut pada bagian kepala untuk memijatnya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan secara rutin dua kali sehari.

Mempercepat Sembuhkan Luka

Daun salam memiliki sifat antimikroba dan antibakteri yang bisa membantu mengobati luka sekaligus bekas lukanya.

Untuk mendapatkan manfaat daun salam, tumbuk daun tersebut lalu oleskan pada bagian luka atau pada bekas lukanya.

Mengobati Flu dan Batuk

Daun salam juga bermanfaat untuk mengobati flu dan batuk. Dengan minum rebusan air daun salam dan hirup uap dari rebusan tersebut bisa membantu mengobati flu dan batuk.

Bukan hanya itu saja, daun salam juga dapat membantu mengatasi masalah penyakit pernapasan lainnya.

Mengobati Asam Urat

Manfaat daun salam selanjutnya yaitu untuk membantu mengobati asam urat. Minum secara rutin dua kali sehari air rebusan daun salam agar terhindar dari masalah asam urat.

Mencegah Batu Ginjal

Daun salam bermanfaat juga untuk mencegah tibulnya batu ginjal. Sebab, ekstrak yang ada pada daun tersebut bisa mengurangi urease di dalam tubuh.

Untuk diketahui bahwa urease adalah enzim. Apabila enzim ini berlebihan maka dapat menyebabkan sejumlah gangguan, salah satunya gangguan risiko terjadi batu ginjal.

Meredakan Stres

Daun salam mengandung linalool yang dapat membantu turunkan kinerja hormon stres. Gunakan daun salam yang sudah kering untuk diseduh menjadi teh.

Kemudian, hirup aroma dari seduhan teh daun salam ketika kamu merasa gelisah, lelah, atau panik seklipun.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun salam juga bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung, juga mampu mencegah stroke.

Hal itu karena daun salam memiliki kandungan zat flavonoid seperti fitonutrien, salisilat, serta asam caffeic.

Mengobati Darah Tinggi

Daun salam bermanfaat pula untuk mengobati darah tinggi. Rebus daun salam, lalu minum air rebusannya untuk membantu mengurangi tekanan darah sekaligus meningkatkan sirkulasi darah.

Mengontrol Diabetes

Rutin mengonsumsi daun salam juga mampu mengontrol diabetes. Sebab, antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu dalam proses produksi insulin.

Penting untuk diketahui bahwa insulin di dalam tubuh berfungsi untuk mengatur kadar gula darah, sehingga diabetes pun akan terkontrol.

Mencegah Kanker

Manfaat daun salam ternyata dapat membantu mencegah kanker. Kandungan antioksidan dalam daun tersebut dipercaya bisa membantu menghambat tumbuhnya sel kanker.

Untuk itu, dengan rutin mengonsumsi ekstrak daun dapat membantu mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Memutihkan Gigi

Selain dapat mengobati berbagai jenis penyakit, daun salam juga bermanfaat untuk memutihkan gigi. Caranya, ambil enam lembar daun salam, lalu jemur daunnya hingga kering.

Setelah itu, hancurkan daun salam yang sudah kering, kemudian campurkan dengan bubuk lemon. Gosokkan ramuan tersebut menggunakan sikat gigi seperti halnya menggosok gigi.

Selain membuat gigi menjadi lebh putih, ramuan daun salam itu juga akan menjadikan mulut kamu terasa lebih sehat.

Efek samping dari penggunaan daun salam sebagai obat untuk sejumlah penyakit memang belum banyak dipublikasikan ke khalayak umum.

Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan efek samping, lantaran pengobatan dengan memakai bahan alami sifatnya hanya sebagai alternatif saja.

Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan, dan segera menghentikan pemakaiannya. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...