Meski Pahit, Manfaat Daun Sambiloto Ampuh Atasi HIV dan Kanker

manfaat daun sambiloto
Daun Sambiloto. Foto: Ist/HR

Dibalik rasanya yang pahit ada segudang manfaat daun sambiloto untuk kesehatan yang sangat ampuh. Daun sambiloto cukup dikenal di dunia perjamuan dan banyak disukai karena khasiatnya.

Sambiloto (Andrographis paniculata) merupakan salah satu tanaman berkhasiat yang diketahui berasal dari India. Herbal ini juga populer dengan sebutan sambilata, ampadu tanah, ki pait, atau pepaitan.

Sambiloto diketahui kaya dengan beragam zat dan senyawa kimia aktif. Seperti lactone, diterpene, dan flavonoid. Jenis flavonoid dalam tanaman ini cukup banyak, seperti andrographolide, deoxyandrographolide, alkane, aldehid, dan keton.

Kandungan daun sambiloto brsifat antipiretik, antiinflamasi, analgesik, antibakteri, antiracun, dan berkhasiat sebagai obat panas dalam. Herbal ini juga mampu merangsang fagositosis, menyembuhkan infeksi, dan bisa mengkondensasi sitoplasma pada sel tumor.

Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan Tubuh

Rasa pahit pada daun sambiloto karena kandungan senyawa andrographolide yangbersifat antikanker. Nah, berikut ini beragam manfaat daun sambiloto untuk kesehatan tubuh yang wajib anda tahu.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun sambiloto bersifat antioksidan yang penting untuk menjaga sistem imunitas tubuh dan menangkal serangan virus, bakteri, dan infeksi lainnya. Minum jamu sambiloto akan membuat tubuh selalu sehat dan tidak mudah sakit.

Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat daun sambiloto untuk diabetes termasuk yang populer. Herbal ini mampu mengontrol kadar gula darah. Seperti hasil penelitian yang membuktikan efek hipoglikemik herbal ini dalam menekan kadar gula darah.

Mengatasi HIV dan Gonore

Banyaknya senyawa kimia daun sambiloto juga diketahui berkhasiat dalam mengatasi penyakit menular seksual (PMS) seperti sifilis dan gonore. Bahkan daun herbal ini juga efektif menekan perkembangan virus HIV/AIDS.

Mencegah dan Mengatasi Kanker

Kandungan sambiloto bersifat antikanker dan antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas. Herbal ini juga mampu mengatasi kanker dan membuang berbagai racun penyebab kanker.

Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

Manfaat daun sambiloto juga ampuh melancarkan pencernaan dan mengatasi semua gangguan pencernaan. Jika anda mengalami sembelit, sakit diare, perut kembung, atau kolik abdomen minum saja air rebusan daun sambiloto.

Menyembuhkan Penyakit Flu

Kandungan daun sambiloto juga berkhasiat dalam mengatasi dan meredakan penyakit flu. Penyakit yang disebabkan virus influenza ini biasanya ditandai dengan demam, kedinginan, bersin-bersin, dan sakit kepala.

Meningkatkan Fungsi Hati

Menjaga fungsi hati sangatlah penting untuk membuat tubuh jauh dari penyakit. Terganggunya hati akan memicu banyak penyakit berbahaya lainnya. Minum jamu atau rebusan daun sambiloto untuk meningkatkan fungsi hati.

Mengontrol Kadar Kolesterol

Penelitian menemukan manfaat daun sambiloto yang ampuh dalam menurunkan dan mengontrol kolesterol jahat dalam darah. Hal ini akan mencegah terjadinya plak yang dapat menimbulkan penyumbatan darah.

Menjaga Kesehatan Jantung

Daun sambiloto yang kaya senyawa aktif bukan hanya efektif dalam mengontrol kolesterol namun juga mampu mencegah penggumpalan darah maupun mengatasinya. Herbal ini efektif mencegah penyakit kardiovaskular.

Mengatasi Gangguan Pernapasan

Manfaat daun sambiloto juga efektif mengatasi gangguan yang menyerang saluran pernapasan. Minum air rebusan herbal ini dipercaya mampu mengobati bronkitis, tuberkulosis, ataupun pneumonia.

Mengatasi Masalah Kulit

Ramuan daun sambiloto juga bersifat antibakteri dan antiperadangan sehingga efektif untuk mengatasi infeksi kulit. Jika anda mengalami iritasi, bisul, gatal kulit, digigit serangga ataupun ular bisa diatasi dengan daun sambiloto.

Selain Manfaat Daun Sambiloto, Kenali Efek Sampingnya

Meskipun manfaat daun sambiloto untuk kesehatan tubuh sangat besar namun dalam mengonsumsinya juga harus sesuai takaran. Diketahui adanya efek samping daun sambiloto yang sebaiknya diwaspadai.

Penggunaan herbal ini mungkin akan menimbulkan reaksi alergi seperti diare, pusing, sakit kepala, ataupun nafsu makan menurun. Konsumsi dalam waktu lama juga bisa berakibat buruk dan memicu terganggunya kelenjar getah bening.

Karena itu konsumsi sambiloto secara bijak sesuai takarannya agar manfaat daun sambiloto untuk kesehatan tubuh bisa optimal tanpa ada efek yang merugikan. (R9/HR-Online)

Loading...