Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Seledri untuk Hati, Hipertensi, Sendi Hingga Lancarkan Haid

Manfaat Daun Seledri untuk Hati, Hipertensi, Sendi Hingga Lancarkan Haid

Manfaat daun seledri selama ini lebih banyak dikenal ibu-ibu karena sering digunakan sebagai bahan masakan. Daun seledri juga merupakan lalapan yang enak khususnya buat Anda yang senang makanan segar.

Seledri (apium graveolens) merupakan jenis sayuran yang juga berkhasiat obat. Tanaman serbaguna ini termasuk dalam keluarga adas-adasan (Apiaceae). Herbal ini bahkan telah dikenal sejak jaman Yunani.

Masyarakat di Korea, Cina dan Jepang sering menggunakan tangkai daun ini untuk membuat makanan. Di Eropa hampir semua bagian tumbuhan ini dimanfaatkan, baik tangkai dan daunnya, buah hingga umbinya.

Tumbuhan kecil dengan tinggi tak lebih dari semeter ini memiliki buah yang bentuknya kecil dan berwarna coklat tua. Ada beberapa jenis seledri yang dibudidayakan dan semuanya bisa dimakan dan berkhasiat obat.

Dalam pengobatan tradisional, manfaat daun seledri sering untuk mengatasi diare dan sakit perut. Aroma daun herbal ini yang khas berasal dari nutrisinya seperti butilidftalida, butilftalida dan minyak atsiri.

Daun seledri juga diketahui mengandung flavonoid seperti graveobiosid A dan B, senyawa golongan fenol, furanokumarin, isokuersitrin, apiin, isoimperatorin, dan asam petroselin yang mencapai 40 hingga 60%.

Bagian daun dan tangkainya juga mengandung steroid jenis sitosterol dan stigmasterol. Bahkan enzim endonuklease dari manfaat daun seledri atau yang bernama Cel1 sering kali digunakan dalam dunia biologi molekular.

Daun seledri juga diketahui kaya dengan kandungan vitamin dan mineral penting. Seperti vitamin C, vitamin B kompleks dan vitamin K. Dan daun ini juga kaya kalsium, kalium, magnesium, asam folat dan mangan.

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Selain menambah lezat sayuran, manfaat daun seledri untuk kesehatan juga sangat besar. Kandungan daun herbal ini bersifat anti-hipertensi, anti reumatik, untuk diuretika dan karminativa. Berikut beragam khasiat herbal ini.

Sumber Antioksidan dan Antikanker

Daun seledri sangat kaya dengan beragam fitonutrien yang berfungsi sebagai antioksidan tubuh. Herbal ini juga mengandung vitamin C, flavonoid, beta karoten yang ampuh menangkal radikal bebas dan kanker.

Mengontrol Kadar Kolesterol

Daun seledri juga mengandung senyawa 3-n-butylphthalide yang efektif menurunkan dan mengontrol kadar lemak dalam darah. Sejumlah penelitian menemukan khasiat herbal ini dalam mengendalikan kolesterol jahat.

Mengontrol Tekanan Darah dan Hipertensi

Manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi telah diyakini sejak lama dalam mengendalikan tekanan darah dan menyembuhkan darah tinggi (hipertensi). Kandungan kalium dalam herbal ini juga baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Meredakan Nyeri Sendi

Sifat anti-inflamasi dalam daun seledri berguna untuk meringankan dan meredakan asam urat, rematik dan radang sendi. Batang daun ini juga bersifat obat diuretik yang cukup efektif.

Melancarkan Pencernaan

Daun seledri juga kaya serat dan antioksidan yang sangat efektif untuk melancarkan pencernaan. Hal ini tentunya sangat baik untuk meredakan kembung, melancarkan sirkulasi darah usus dan mencegah ulkus.

Melancarkan Menstruasi atau Haid

Manfaat daun seledri untuk wanita juga bisa untuk melancarkan dan meringankan menstruasi. Namun agar efektif, campurkan daun seledri dengan bijinya, adas dan kunyit biar efektif.

Menangkal Gigitan Nyamuk

Selama ini untuk mencegah gigitan nyamuk banyak orang menggunakan obat nyamuk atau lotion yang berisiko. Nah, ternyata daun seledri juga berguna untuk mengusir nyamuk. Oleskan saja remukan daun ini pada lengan dan tubuh.

Meningkatkan Fungsi Hati

Penelitian menemukan konsumsi daun seledri dan sayuran lain efektif menekan kadar lemak dalam hati. Karena itu makan daun ini secara rutin berguna meningkatkan kesehatan hati.

Cara Menggunakan Daun Seledri

Agar manfaat daun seledri efektif untuk kesehatan, sangat baik untuk mengkonsumsinya secara langsung dalam bentuk segar atau dibuat jus atau smoothies. Hal ini akan menjaga kandungan nutrisinya utuh diserap tubuh.

Apabila dimasak, cara terbaik mengolahnya adalah dengan mengukusnya. Cara ini hanya menghilangkan sedikit kandungan nutrisi herbalnya. Tanaman ini juga enak dimasak sop atau sayuran dengan menyertakan batangnya.

Demikianlah berbagai manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit. Dengan mengkonsumsi sayuran ini secara rutin akan membuat tubuh jauh dari penyakit. (R9/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img