Manfaat Daun Sembukan, Bau Kentut yang Berkhasiat Atasi Berbagai Penyakit

Manfaat Daun Sembukan
Daun Sembukan. Foto: Istimewa

Siapa yang menduga jika manfaat daun sembukan begitu besar untuk kesehatan tubuh. Daun sembukan yang baunya busuk seperti kentut ini ternyata menyimpan keutamaan yang besar untuk manusia. Bahkan daun ini sudah lama dijadikan obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit.

Sembukan (Paederis foetida L) juga dikenal dengan sebutan daun kentut, kahitutan, kesembukan, bintaos atau gumi siki. Tanaman ini termasuk keluarga Rubiacaea.

Waktu kecil dulu mungkin diantara anda ada yang sudah agak familiar dengan jenis tanaman ini. Yaps, daun ini mungkin sering kita buat mainan untuk mengerjai teman karena baunya seperti bau kentut.

Namun, manfaat daun sembukan justru dari baunya yang busuk dan rasanya agak pahit yang mengandung zat kimia penting untuk tubuh. Diantaranya asperuloside, scandoside, deacetylasperuloside, oleanolic acid, paederosid, gamasitosterol, paederosidic acid, arbutin dan minyak atsiri.

Daun herbal ini juga diketahui bersifat anti rematik, anti radang, anti biotik, analgesik, karminatif, detoksifikasi, anti-tusif, peluruh dahak (mucolitik), obat cacing, peluruh kencing, pereda kejang dan penambah nafsu makan (stomakik),

Manfaat Daun Sembukan untuk Kesehatan

Kandungan zat dan mineral kimia dalam herbal ini membuatnya sangat berkhasiat untuk kesehatan. Nah, berikut ini berbagai manfaat daun sembukan untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

Mengatasi Mual dan Masuk Angin

Kandungan kimia dalam daun sembukan berkhasiat untuk meredakan dan mengatasi perut mules, mual atau sakit karena masuk angin. Anda bisa memanggang daun ini hingga layu lalu tempelkan pada perut.

Mengatasi Herpes

Manfaat daun sembukan juga ampuh dalam mengobati herpes. Untuk menggunakannya tinggal tumbuk daun ini hingga halus dan tambahkan sedikit air lalu tempelkan pada tubuh yang luka agar kandungannya meresap.

Mengatasi Kulit Gatal, Eksema dan Neurodermatitis

Zat aktif dalam daun sembukan ternyata ampuh menyembuhkan kulit gatal, eksema dan neurodermatitis. Tumbuk halus batang dan daun sembukan hingga halus lalu tempelkan pada bagian tubuh yang gatal atau sakit.

Menyembuhkan Mata Bengkak

Manfaat daun sembukan juga ampuh mengatasi mata bengkak karena iritasi. Kandungan zat kimia dalam herbal ini efektif meredakan sakit mata. Rebus saja daun ini lalu dekatkan mata Anda pada uapnya yang telah mendidih.

Mengatasi Batuk dan Bronchitis

Sifat anti-tusif dan mucolitik dari kandungan kimia daun ini membuatnya berkhaisat untuk meredakan dan menyembuhkan batuk dan bronchitis. Minum rebusan daun sembukan bisa sebagai peluruh dahak.

Mengatasi Rematik, Tulang Patah dan Keseleo

Dalam pengobatan tradisional juga sering menggunakan daun berbau kentut ini untuk menyembuhkan kasus tulang patah, keseleo maupun rematik. Rebus daun sembukan untuk diminum dan ditempelkan pada tubuh yang sakit.

Menyembuhkan Sariawan

Manfaat daun sembukan juga sering digunakan masyarakat dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan sariawan. Anda bisa minum air rebusannya atau berkumur untuk meredakan sakitnya.

Mengatasi Keracunan Makanan

Sejumlah kasus keracunan organik, termasuk keracunan makanan juga bisa diatasi dengan daun serba guna ini. Minum air rebusan daun herbal ini juga berguna mengatasi diare dan gangguan pencernaan.

Mengatasi Sakit Kuning (Icteric Hepatitis) 

Manfaat daun sembukan yang juga jarang diketahui namun banyak dipraktekkan dalam pengobatan tradisional adalah untuk menyembuhkan sakit kuning (icteric hepatitis).

Mengatasi Kejang

Herbal ini juga diketahui efektif dalam mengatasi kasus kejang. Untuk melakukannya tinggal menumbuk daun simbukan hingga halus lalu tuangkan air dan sedikit garam lalu peras dan minum airnya.

Mengatasi Kencing Tidak Lancar  

Zat aktif dan minyak atsiri dalam daun sembukan juga berkhasiat untuk menyembuhkan kencing yang tidak lancar. Kandungan ini bersifat peluruh yang bisa diperoleh manfaatnya dengan minum air rebusannya.

Demikianlan beragam manfaat daun sembukan yang tak banyak diketahui orang. Dengan banyak kandungan herbal ini yang berkhasiat obat, tentunya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. (R9/HR-Online)

Loading...