Manfaat Daun Sendok, Ceuli Uncal yang Ampuh Atasi Bronchitis, Hepatitis Hingga Asam Urat

manfaat daun sendok
Manfaat daun sendok atau sering disebut daun ceuli uncal oleh sebagian masyarakat Sunda. Foto: Istimewa

Manfaat daun sendok untuk kesehatan tubuh ternyata sangat banyak. Hal ini karena daun sendok kaya dengan kandungan mineral kimia dan zat aktif yang berkhasiat mengobati berbagai jenis penyakit. Daun ini pun rasanya manis dan bersifat dingin membuat orang nyaman mengkonsumsinya.

Daun sendok (Plantago mayor) memiliki bentuk mirip sendok yang populer dengan berbagai nama seperti ceuli uncal, ki urat daun urat, otot-ototan, kuping menjangan, suri pandak, meloh kiloh, ekor angin, sangkubah dan  torongoat.

Tanaman yang juga dikenal dengan nama Plantago Asiatika L atau Plantago depressa Willd ini masuk dalam keluarga Plantaginaceae. Daun sendok diketahui kaya dengan nutrisi dan zat aktif yang penting untuk kesehatan.

Herbal ini banyak mengandung vitamin A, B1, C, kalium dan mineral penting lainnya. Daun sendok juga kaya kandungan kimia seperti bethasitosterol, aucubin, hentria-contane dan ursolic acid.

Manfaat daun sendok juga dari kandungan plantagin dan plantaglucide  yang meliputi methyl d-galacturonate, L-rhammose, L-arabinose, dan D-3 galactose. Juga ada rhinantin yang merupakan turunan dari naphazolin yang berfungsi sebagai andrenergik.

Selain daun, pada biji tanaman ini juga kaya dengan plantasan, planterolic acid, catalpol, choline, protein adenine dan asam lemak. Juga ada arachidic acid, succinic acid, palmitic acid, stearic acid dan linolenic acid. 

Manfaat daun sendok juga diketahui dari sifat diuretic anti inflamasi, peluruh dahak (mucolytic), antiseptik, antitusiv, hepatoprotektor dan aphrodisiak yang sangat ampuh untuk mengatasi dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Manfaat Daun Sendok Untuk Kesehatan

Meskipun sering dianggap tumbuhan liar, namun kandungan daun sendok sangat berkhasiat sebagai obat berbagai macam penyakit. Berikut ini berbagai manfaat daun sendok untuk kesehatan yang ampuh mengusir beragam penyakit.

Mengatasi Radang Sendi dan Asam Urat

Khasiat daun sendok untuk asam urat juga ampuh karena kandungannya yang bersifat anti-inflamasi. Ini berguna mengatasi asam urat, radang sendi dan otot. Lumat daun sendok lalu tempelkan pada tubuh yang sakit.

Melancarkan Kencing dan Mengatasi Kencing Berdarah

Kandungan kimia dan unsur K dalam daun herbal ini juga bersifat diuretik yang berkhasiat dalam melancarkan air seni. Minum rebusan daun ini plus madu juga baik untuk menyembuhkan kencing berdarah.

Menyembuhkan Batuk Flu dan Batuk Berdarah

Manfaat daun sendok juga fungsinya sebagai antitusif yang ampuh dalam mengatasi batuk karena flu. Herbal ini juga bersifat mucolytic yang efektif untuk meluruhkan dahak maupun menyembuhkan batuk berdarah.

Meredakan Sakit Kuning dan Hepatitis  

Daun sendok juga dipercaya mampu meredakan dan mengatasi sakit kuning dan hepatitis. Masyarakat sering memasak daun ini dan minum airnya. Biasanya sakit akan mereda dalam satu atau dua minggu.

Meningkatkan Fungsi Hati

Organ hati memiliki fungsi yang sangat penting. Gangguan pada hati bisa memicu munculnya sejumlah penyakit. Daun sendok bersifat hepatoprotektor yang mampu menormalkan dan mengembalikan hati.

Mengatasi Diare dan Disentri Basiler

Manfaat daun sendok juga baik untuk mengatasi diare dan disentri basiler dengan cara mengikis selaput lendir usus. Kandungan tanin dalam daun ini dapat memberikan efek sebagai adstrigen.

Menyembuhkan Bronchitis 

Kandungan kimia dalam herbal ini juga berkhasiat dalam mengatasi dan menyembuhkan gangguan saluran nafas, nafas sesak ataupun bronchitis. Minum saja rebusan daun ini untuk meredakan sakit tersebut.

Mengatasi Luka, Bisul dan Kudis

Kandungan glikosid aukubin dalam daun sendok berkhasiat sebagai antiseptik untuk menyembuhkan luka. Manfaat daun sendok juga berkhasiat meredakan bisul dan gatal. Tumbuk daun ini dan tempelkan pada tubuh yang luka atau sakit.

Meningkatkan Vitalitas Pria

Sejumlah praktek pengobatan tradisional juga menggunakan daun sendok untuk meningkatkan vitalitas kaum pria. Untuk mencobanya, giling biji dan daunnya lalu tambahkan madu untuk mendapat manfaat daun sendok yang optimal.

 Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun sendok juga kaya vitamin C, flavonoid dan polifenol yang diketahui sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Campurkan daun ini dalam nasi atau masakan untuk kesehatan tubuh.

Demikianlah berbagai khasiat dan manfaat daun sendok untuk kesehatan yang semoga bisa menambah referensi Anda. Herbal ini bisa dimanfaatkan saat kondisi darurat sebelum dibawa ke ahli medis. (R9/HR-Online)