Meski Dianggap Gulma, Manfaat Eceng Gondok Juga Ampuh Atasi Penyakit

manfaat eceng gondok
Tanaman eceng gondok. Foto: Ist/Net

Manfaat eceng gondok ternyata besar juga untuk kesehatan, khususnya untuk mengatasi sejumlah jenis penyakit. Padahal eceng gondok selama ini lebih sering dianggap sebagai gulma dan pengganggu lingkungan.

Tanaman eceng gondok yang banyak ditemukan di sungai, rawa, atau danau sebagai tanaman liar ini memiliki kemampuan pertumbuhan yang cepat. Hal ini pula yang dianggap bisa mengganggu kehidupan hewan di dalam air.

Enceng gondok (eichhornia crassipes Solms) dan masuk dalam keluarga pontaderiasceae. Tanaman ini populer pula dengan sebutan gondok, gendot, kembang bopong, bengok, ringgak, kalipuk, weweyan, ilung-ilung, keladi bunting, tumpe, atau napong.

Tampilan enceng gondok yang memiliki nama asing water hyacinth atau waterpest ini sebenarnya cukup indah. Ciri-ciri eceng gondok adalah daunnya agak tebal dengan permukaan halus. Bunganya yang berwarna ungu juga terlihat cantik.

Untuk mengurangi gangguan lingkungan, banyak pengrajin yang mengambil manfaat eceng gondok untuk dijadikan kerajinan. Bahkan di Yogyakarta dan daerah lain, produk kerajinan eceng gondok telah diekspor ke manca negara.

Tanaman air ini sebenarnya juga berkhasiat untuk kesehatan. Hal ini karena kandungan gizinya yang cukup banyak, seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, zat besi, tembaga, mangan, klorida, dan asam silikat (SiO2).

Daun eceng gondok diketahui kaya dengan karoten, bagian akarnya mengandung sulfat dan fosfat, sedangkan bunganya juga mengandung zat penting bernama delphinidin-3-diglukosida. Zat dan mineral ini sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Eceng Gondok bagi Kesehatan

Banyaknya kandungan zat dan mineral tanaman ini ternyata sangat berguna untuk tubuh. Berikut ini beragam manfaat eceng gondok bagi kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

Menyembuhkan Bisul

Eceng gondoh juga ampuh mengatasi bisul. Caranya, sambil seluruh bagian enceng gondok lalu dicuci dan ditumbuk hingga halus. Tambahkan garam sedikit lalu tempelkan pada bagian tubuh yang terkena bisulan.

Menyembuhkan Sakit Perut

Manfaat eceng gondok juga ampuh untuk meredakan dan menyembuhkan sakit perut. Anda bisa memasak bagian daun dan batang tanaman ini sebagai sayuran sop yang baik untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Mengatasi Asma

Tanaman eceng gondok juga ampuh untuk menyembuhkan asma dan sesak nafas. Anda juga bisa mengolah bagian batang dan akar tanaman ini sebagai masakan sup ataupun olahan sayuran lainnya.

Mengatasi Sakit Gigi

Manfaat eceng gondok lainnya juga ampuh meredakan sakit gigi maupun gusi bengkak. Biar sakit ini tidak bikin stres segera saja kumur dengan air hangat rebusan batang eceng gondok ini.

Mengatasi Gatal Akibat Serangga atau Ulat Bulu

Eceng gondok juga mempunyai efek anti-pruritus sehingga ampuh menyembuhkan gatal akibat serangga atau ulat bulu. Ambil saja batang dan daun tanaman ini lalu tumbuk dan balurkan pada tubuh yang gatal.

Mengatasi Anyang-Anyangan

Manfaat eceng gondok juga karena bersifat diuritik yang berkhasiat melancarkan buang air kecil dan mengatasi anyang-anyangan. Herbal ini akan membuang sekresi urin dan meredakan rasa sakitnya.

Meredakan Demam Anak

Bagian daun dan batang eceng gondok mempunyai sifat mendinginkan. Untuk meredakan demam dan panas dalam pada naak anda bisa membuat kompres dari tanaman ini maupun meminum rebusannya.

Mendetoksifikasi Racun Tubuh

Manfaat eceng gondok juga dari kandungannya yang berfungsi detoksifikasi atau membuang racun dari tubuh. Efeknya akan meringankan kinerja dan meningkatkan fungsi hati.

Mengatasi Sakit Biduran

Tanaman ini juga ampuh untuk menyembuhkan bentol-bentol ruam merah yang gatal karena biduran. Caranya dengan menumbuk bagian daun dan akar eceng gondok untuk dioleskan pada kulit yang biduran.

Manfaat eceng gondok untuk kesehatan lainnya diantaranya sebagai sumber serat, untuk memperbaiki fungsi ginjal, menurunkan asam lambung, melancarkan pencernaan, dan menguatkan tulang dan gigi. (R9/HR-Online)

Loading...