Manfaat Getah Pepaya Mentah untuk Kesehatan dan Kecantikan

beragam manfaat getah pepaya muda yang bisa kita peroleh untuk kesehatan dan kecantikan.
beragam manfaat getah pepaya muda yang bisa kita peroleh untuk kesehatan dan kecantikan. Photo: Net/Ist.

Manfaat getah pepaya mentah mungkin belum banyak diketahui orang. Padahal, ada beragam manfaat getah pepaya muda yang bisa kita peroleh untuk kesehatan dan kecantikan. Buah tropis ini banyak tumbuh di Indonesia.

Tak hanya buahnya saja yang bermanfaat, daunnya juga banyak sekali khasiatnya. Tapi selain buah dan daunnya, ada satu lagi manfaat hebat lainnya, yaitu bagian getahnya. Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasannya.

Beragam Manfaat Getah Pepaya Mentah

Buah pepaya yang memiliki nama latinnya carica papaya diketahui memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan yang belum banyak diketahui orang.

Getah pepaya mengandung asam amino senyawa yang bermanfaat meregenerasi sel-sel yang telah rusak menjadi baru lagi, dan mengandung protein guna kebutuhan sel tubuh dalam masa pertumbuhan.

Selain itu, getah pepaya juga mengandung enzim papain yang berfungsi sebagai bahan pembuatan kosmetik serta industri tekstil, dan enzim protoase sebagai pemecah protein di dalam makanan supaya mudah dicerna tubuh.

Getah Pepaya untuk Kesehatan

Diketahui getah pepaya punya banyak manfaat di bidang kesehatan yang khasiatnya telah diuji oleh banyak peneliti.

Hal itu karena getah buah pepaya yang masih mentah mengandung zat paling penting untuk tubuh, yakni asam amino serta enzim protoase. Lalu apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Ini ulasan lebih jelasnya;

Jerawat

Masalah jerawat biasanya menyerang usia muda. Sebab, saat usia muda kelenjar minyak tengah aktif-aktifnya akibat perubahan hormon, bercampur debu.

Itulah sebabnya jerawat gampang timbul karena bercampur debu yang bertebaran di udara. Terlebih jika kamu jarang mencuci wajah setelah bepergian ke luar.

Jerawat memang masalah klasik yang dapat sembuh sendiri, selama kamu tidak memencetnya maka tidak akan meninggalkan bekas hitam atau bopeng di wajah.

Getah pepaya muda bermanfaat menghilangkan jerawat berikut dengan bekasnya. Kamu bisa mencoba untuk mengaplikasikannya ke bagian wajah yang berjerawat sebelum tidur malam hari. Hasilnya akan mulai nampak setelah sebulan pemakaian.

Tumit pecah-pecah

Manfaat Getah pepaya mentah juga bisa mengatasi tumit yang pecah-pecah. Meski letaknya tersembunyi, namun tumit yang pecah-pecah bisa menganggu penampilan.

Buat kamu yang selalu ingin tampil sempurna, tentunya kondisi tumit yang pecah-pecah merupakan masalah besar bagi kamu.

Tapi tak perlu khawatir karena kamu bisa menghilangkan tumit pecah-pecah dengan memanfaatkan getah pepaya muda.

Getah pepaya bisa menghaluskan tumit yang pecah-pecah menjadi kembali mulus. Caranya, cukup mengoleskannya dua kali sehari dan kamu akan rasakan perbedaannya.

Luka Bakar

Manfaat getah pepaya muda juga berkhasiat untuk mengobati luka bakar. Namun dalam hal ini luka bakar yang kondisinya tidak terlalu lebar.

Luka bakar dapat terjadi ketika kamu sedang menjalankan rutinitas sehari-hari. Dengan  dengan menggunakan getah pepaya ini maka luka bakar yang kamu alami akan perlahan kering, kemudian sembuh secara alami.

Karena, dalam proses pengobatan secara alami atau bersifat herbal perlu waktu cukup lama sampai berangsur membaik. Terpenting kamu harus konsisten serta telaten untuk mendapatkan hasil maksimal.

Bisul

Bisul disebabkan oleh adanya bakteri yang meradang hingga menimbulkan benjolan di kulit. Selain terasa sakit, bisul juga akan terlihat merah yang di dalamnya terdapat nanah kekuningan.

Biasanya bisul muncul di ketiak atau di pantat. Untuk mengobatinya, kamu bisa mencoba menggunakan getah buah pepaya yang masih mentah.

Cara mengaplikasikannya cukup dengan mengoleskan getah tersebut pada bagian yang bisul, kemudian diamkan beberapa detik.

Gunakan getah pepaya mentah sebanyak dua kali dalam sehari saat pagi dan malam hari sebelum tidur.

Sakit Gigi

Manfaat getah pepaya mentah selanjutnya yaitu untuk kesehatan gigi. Sekarang gigi menjadi perhatian paling penting, selain penampilan yang wah tiap keluar rumah.

Karena gigi merupakan aset berharga hingga tua nanti, agar gigi bisa tetap digunakan sebagaimana fungsinya, yakni mengunyak makanan. (Eva/R3/HR-Online)