Manfaat Jagung Manis untuk Kolesterol dan Kurangi Risiko Kanker Paru

Manfaat jagung manis untuk kolesterol hingga mengurangi risiko kanker paru.
Manfaat jagung manis untuk kolesterol hingga mengurangi risiko kanker paru. Photo: Ilustrasi.

Manfaat jagung manis untuk kolesterol hingga mengurangi risiko kanker paru. Manfaat jagung manis untuk kolesterol tinggi dan lainnya tentu bisa kita dapatkan dari kandungan jagung yang baik guna memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Jagung merupakan salah satu makanan pokok hasil pertanian di Indonesia. Sehingga, kita bisa dengan mudah menemukan jagung dengan harga relatif murah.

Selain murah, jagung sebagai bahan pangan juga dapat diolah menjadi beraneka ragam makanan. Atau, cukup direbus saja kamu sudah bisa menikmatinya secara langsung, sekaligus mendapatkan manfaat jagung manis untuk kolesterol tinggi dan manfaat sehat lainnya.

Karena dengan mengonsumsinya, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat untuk menjaga kesehata tubuh. Bahkan, jagung juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi ibu hamil.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Selasa (31/12/2019), berikut ini sederet manfaat sehat dari jagung manis yang perlu kamu ketahui!

Manfaat Jagung Manis untuk Kesehatan

Salah satu manfaat dari konsumsi jagung manis secara teratur adalah bisa menurunkan kolesterol. Dengan rasanya yang cukup dapat membantu kamu untuk mengontrol level kolesterol.

Mengurangi Risiko Kanker Paru

Selain manfaat jagung manis untuk kolesterol, juga sangat ampuh untuk membantu mengurangi risiko terkena kanker paru.

Jagung mengandung cryptoxanthin, yakni zat kimia alami yang bisa berubah jadi vitamin A ketika diserap oleh tubuh.

Zat kimia alami ini dapat membantu mencegah berkembangnya kanker paru. Selain itu zat ini juga mampu mencegah terbentuknya kanker jenis lain.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat jagung manis untuk kolesterol dan juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Karena, jagung kaya akan kandungan vitamin C dan protein yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam jagung juga bisa bermanfaat untuk mencegah penyakit seperti demam, flu dan pilek.

Sumber Energi

Jagung bisa menjadi sumber energi. Saat melakukan aktivitas sehari-hari tentunya tubuh butuh energi agar dapat mengerjakan segala hal secara maksimal.

Dengan mengonsumsi jagung maka tubuh pun akan mendapatkan energi. Pasalnya, jagung sebagai jenis karbohidrat kompleks yang dapat mengenyangkan lebih lama jika kamu mengonsumsinya.

Meningkatkan Kekuatan Tulang

Manfaat jagung untuk kolesterol dan juga untuk meningkatkan kekuatan tulang. Hal itu karena jagung mengandung zat mangan, tembaga, dan juga zat seng yang dapat membantu tingkatkan kekuatan otot pada tubuh.

Kandungan zat tersebut juga bisa membantu mengurangi rasa sakit bagi wanita yang menderita arthritis. Selain itu, kandungan magnesium dalam jagung juga bisa mencegah mati rasa di bagian otot tubuh.

Meningkatkan Daya Ingat

Seiring dengan bertambahnya usia maka daya ingat seseorang akan menurun. Konsumsi jagung secara teratur bisa meningkatkan daya ingat.

Kandungan vitamin B1 dan thiamine dalam jagung mampu membantu meningkatkan daya ingat, dan juga mencegah munculnya penyakit lain, terumatan yang berkaitan ingatan.

Sehingga, orang yang mengalami alzheimer sangat disarankan untuk mengonsumsi jagung manis. (Eva/R3/HR-Online)