Manfaat Jambu Biji untuk Bayi yang Perlu Bunda Ketahui

Manfaat jambu biji untuk bayi ternyata sangat baik sebagai makanan pendamping air susu ibu (MPASI)
Manfaat jambu biji untuk bayi ternyata sangat baik sebagai makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Photo : Ilustrasi.

Manfaat jambu biji untuk bayi ternyata sangat baik sebagai makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Manfaat jambu biji untuk bayi bisa didapat karena buah ini kaya akan vitamin A, C dan kalium.

Selain itu, buah jambu biji yang berasal dari sejumlah negara di Amerika Tengah, seperti Brasil, Meksiko, Venezuela dan Kolombia, juga mengandung banyak nutrisi lainnya seperti zat besi, serat, protein, folat, dan magnesium.

Manfaat Jambu Biji untuk Bayi

Dirangkum dari berbagai sumber, Jum’at (13/12/2019), untuk mendapatkan manfaatnya, bunda bisa mengolah buah jambu biji menjadi puree. Caranya, kupas lalu buang bijinya terlebih dahulu.

Setelah itu, rebus selama beberapa menit. Setelah dirasa sudah cukup, selanjutnya blender sampai lembut lalu sajikan buat buah hati bunda, dan beberapa manfaat berikut ini akan didapat;

Menyehatkan mata

Buah jambu biji diketahui memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata, dan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh, serta bisa membuat kulit selalu sehat.

Selain itu, manfaat vitamin A juga bisa didapat dari buah-buahan yang memiliki warna cerah lainnya, seperti pepaya, mangga dan semangka. Jenis buah tersebut juga bisa menjadi variasi menu buah bagi bayi. 

Perangi Infeksi

Bayi rentan mengalami infeksi penyakit, sehingga butuh nutrisi yang tepat guna menguatkan sistem imun di dalam tubuhnya. Nutrisi tersebut salah satunya bisa didapatkan dari buah jambu biji.

Manfaat jambu biji untuk bayi bisa didapat karena kandungan vitamin C yang ada di dalamnya mampu membantu mempercepat pemulihan bayi dari sakit seperti flu atau batuk.

Cegah Sembelit

Manfaat jambu biji bisa mencegah sembelit pada bayi, karena buah tersebut kaya akan kandungan serat yang dapat menyehatkan sistem pencernaan, dan peran jambu biji sebagai laksatif alami.

Bantu Perkembangan Otak

Tak dapat dipungkiri kalau asupan makanan untuk bayi sangat berperan bagi perkembangan otaknya. Memberikan asupan jambu biji pada bayi merupakan langkah tepat guna membantu perkembangan otaknya.

Hal itu karena buah jambu biji sebagai sumber vitamin B3, B6, vitamin K, asam pantotenat, folat, tiamin, dan riboflavin yang baik untuk otak.

Cegah Kanker

Kanker dapat dicegah sejak dini. Dengan memberikan menu olahan jambu biji pada bayi sama halnya melindungi si bayi dari ancaman penyakit kanker.

Diketahui kandungan antioksidan di dalamnya membuat buah jambu biji sangat bermanfaat untuk melindungi bayi dari penyakit kanker sejak dini.

Khasiat Jus Jambu Biji Merah

Khasiat jus jambu biji merah. Photo : Net/Ist.

Khasiatat dan manfaat dari jus buah jambu biji merah tak bisa disepelekan. Selain untuk menjaga kesehatan, jus buah tersebut juga ampuh mengatasi berbagai jenis penyakit yang kerap menyerang anak-anak.

Jambu biji dikenal kaya akan vitamin dan nutrisi yang sangat penting, karena buah ini memiliki kandungan kalori, protein, karbohidrat, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, kalium, mangan dan seng.

Selain itu, manfaat jambu biji merah juga mengandung gula dan serat, tapi rendah lemak, kaya akan vitamin A, C, E, K, serta vitamin B1, B2, B5, B6, dan vitamin B9.

Bahkan, kandungan vitamin C dalam jambu biji ini 30 kali lebih banyak dibanding buah pisang, dan 6 kali lebih banyak dari buah jeruk.

Menurut sejumlah penelitian, manfat jambu biji mampu menangkal kanker prostat dan kanker payudara. Karena, lycopene yang terkandung di dalamnya berfungis menghambat pertumbuhan sel kanker.

Gangguan jantung, radang usus besar, hipertensi, kanker, batu ginjal, infeksi dan pendarahan dapat diatasi dengan rutin mengonsumsi jus jambu biji.

Selain itu, tinggi kandungan serat pada jambu biji juga berguna menekan kadar glukosa dalam darah untuk mencegah diabetes tipe 2.

Konsumsi secara rutin jus buah jambu biji merah untuk mendapatkan beragam manfaat bagi kesehatan anak maupun orang dewasa. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...