Manfaat Kayu Secang Tak Hanya Untuk Menghangatkan Tubuh

Manfaat kayu secang
Kayu secang. Foto: Istimewa

Selama ini manfaat kayu secang lebih dikenal sebagai bahan untuk dibuat sirup yang enak dan menyegarkan. Kayu secang akan menghasilkan sirup berwarna merah dengan rasa agak mint karena kandungan zat kimianya. Namun siapa sangka kayu secang ternyata berkhasiat mengobati berbagai penyakit.

Secang (Caesalpinia sappan L.) sebenarnya sudah dikenal sebagai herbal sejak lama. Bahkan di sejumlah negara tetangga di Asia Tenggara tanaman ini telah digunakan sebagai rempah untuk pengobatan tradisional sejak abad 17.

Kayu secang juga dikenal dengan sejumlah nama seperti seupeung, sepang, cacang atau lacang, sopang, atau nama asingnya sappanwood. Warna merah yang dihasilkan kayu ini juga membuatnya kerap digunakan untuk pewarna alami.

Sebagai rempah, manfaat kayu secang terutama dari kandungannya yang berkhasiat untuk kesehatan. Diantaranya flavonoid, alkaloid, saponin, terpenoid, tanin, fenil propana, kardenolin, brasilein, brazilin, dan antrakinon.

Kayu secang juga diketahui mengandung minyak atsiri, asam galat, oscimene, delta-a phellandrene, resorsin, dan resin. Senyawa lainnya adalah sappanchalcone dan Caesalpin P.

Manfaat Kayu Secang bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai rempah, kayu secang sering diolah menjadi minuman yang enak ataupun untuk bumbu dapur dalam menyedapkan masakan. Berikut ini beragam manfaat kayu secang bagi kesehatan tubuh.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Minum rebusan kayu secang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit. Minuman ini juga kaya senyawa fenolik dan flavonoid yang bersifat antioksidan dan ampuh menangkal radikal bebas.

Mengatasi Asam Urat

Manfaat kayu secang juga dari kandungannya seperti sappanchalcone dan Caesalpin P yang bersifat antiinflamasi berkhasiat mengobati penyakit gout atau asam urat dan radang sendi. Minum saja sirup secang untuk mengatasi penyakit ini.

Mengatasi Tumor dan Kanker

Kayu secang mengandung senyawa n-butanol, kloroform, dan metanol air yang bersifat antikanker. Senyawa ini bersifat toksik sehingga berkhasiat dalam membunuh sel-sel kanker dan tumor dalam tubuh.

Menangkal Kerusakan Hati

Hati memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Manfaat kayu secang yang mengejutkan adalah khasiatnya dalam mencegah kerusakan hati melalui kandungannya yang dapat mencegah penurunan angka SAT.

Menangkal Jantung Koroner

Kandungan kayu secang yang bersifat antioksidan dan senyawa lainnya berkhasiat dalam menangkal radikal bebas dan penyumbatan arteri. Ini tentunya dapat mencegah serangan penyakit jantung koroner.

Menyembuhkan Penyakit Diabetes

Manfaat kayu secang lainnya juga karena kandungan brazilin yang ampuh menurunkan gula darah. Bahkan kandungan sappankalkon, kaesalpin P, dan protosappanin A pada herbal ini berkhasiat menghambat enzim aldosa reduktase penyebab komplikasi diabetes.

Melancarkan Peredaran Darah

Minum wedang secang ternyata berkhasiat dalam merelaksasi pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah. Kondisi ini berguna untuk mencegah terjadinya aterosklerosisi atau penebalan arteri.

Mengatasi Diare

Manfaat kayu secang juga ampuh dalam mengobati dan mengatasi diare. Kandungan brazilin, galat, resorsin, oscimene, tanin, dan resin dalam minuman ini bersifat antidiare dan menghangatkan tubuh.

Untuk Minuman Rempah

Wedang secang merupakan minuman tradisional Nusantara yang cukup terkenal. Tak sedikit home industri yang membuat sirup secang tanpa menggunakan bahan pengawet atau kimia apapun. Secang juga digunakan dalam wedang uwuh yang populer.

Untuk Pengobatan Tradisional

Sebagai rempah, manfaat kayu secang juga berkhasiat sebagai antibiotik alami, melawan bakteri, mengurangi rasa sakit dan nyeri, untuk detoksifikasi, mencegah obesitas, membersihkan kulit wajah, mengatasi jerawat, ataupun sebagai aroma terapi.

Bahan Pewarna Makanan

Di tengah banyaknya pewarna makanan dari bahan kimia, kayu secang bisa menjadi alternatif pewarna alami makanan yang menyehatkan. Anda bisa membuat aneka kue atau cemilan dengan warna merah dari kayu ini.

Demikianlah berbagai manfaat kayu secang bagi kesehatan tubuh maupun untuk mengatasi sejumlah penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah referensi anda tentang herbal yang berkhasiat. (R9/HR-Online)

Loading...