Manfaat Kumis Kucing, si Java Tea yang Telah Jadi Tradisi

manfaat kumis kucing
Kumis kucing. Foto:Ist/Net

Meskipun kurang populer, manfaat kumis kucing untuk kesehatan juga telah dikenal sejak lama secara turun temurun. Tanaman kumis kucing sering dibuat ramuan untuk menyembuhkan kencing manis dan encok.

Tanaman kumis kucing (Orthosiphon aristatus) memiliki bentuk yang unik terutama bagian bunganya yang bentuknya seperti kumis kucing. Namun yang digunakan untuk ramuan adalah bagian daun dari tanaman ini.

Tanaman kumis kucing juga populer dengan sebutan remujung, songot koceng, se-salaseyan, dan giri-giri marah. Herbal yang berasal Afrika ini juga disebut dengan nama asing kidney tea plants atau java tea.

Manfaat kumis kucing terutama dari bagian daunnya yang kaya dengan senyawa kimia yang berguna untuk kesehatan. Kandungan ini meliputi karbohidrat, terpenoid, steroid, glikosida, turunan kafein, dan flavonoid yang mendominasi senyawa tanaman ini.

Senyawa daun kumis kucing diketahui bersifat antioksidan, antibakteri, antikanker, dan antidiabetes. Kandungan kumis kucing lainnya adalah kalium, asam fosfat , glikosida orthosiponin, dan oksalat yang berkhasiat sebagai sebagai obat tradisional.

Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan

Penggunaan tanaman kumis kucing untuk pengobatan tradisional telah dilakkan sejak lama. Berikut beragam manfaat kumis kucing untuk kesehatan yang juga bisa anda ambil.

Mengatasi Diuretik

Kandungan sinensetin dan tetramethoxy-flavon yang terdapat dalam daun kumis kucing ampuh dalam melancarkan air kencing. Minum ramuan ini juga sangat baik untuk mengatasi gangguan pada saluran kencing.

Efektif Untuk Detoksifikasi

Kumis kucing sudah sejak lama dibuat sebagai minuman teh kumis kucing sehingga dinamkan java tea. Minum herbal ini dipercaya untuk detoksifikasi yang mampu membersihkan racun yang ada di dalam tubuh.

Menyembuhkan Sesak Napas

Manfaat kumis kucing yang utama adalah untuk mengatasi sesak napas dan gangguan pada saraf. Ramuan bisa dibuat dari beberapa lembar daunnya yang direbus dan diminum airnya setelah disaring.

Menyembuhkan Gangguan Kandung Kemih

Sebagai diuretik, daun kumis kucing juga berkhasiat dalam mengatasi sejumlah gangguan pada saluran kemih. Herbal ini juga bisa mengatasi infeksi pada kandung kemih serta mencegah gangguan yang menyerang kandung kemih.

Melancarkan Pernapasan

Manfaat kumis kucing yang tak kalah ampuhnya adalah dalam mengatasi batuk, asma, maupun gangguan pada saluran pernafasan. Agar lebih efektif, ramuan kumis kucing sebaiknya dicampur dengan madu.

Menurunkan Hipertensi

Kandungan kimia dalam daun kumis kucing yang bersifat anti-oksidan dan anti-inflamasi juga efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan metilripariokromen dalam herbal ini mampu menurunkan tekanan darah sistolik.

Mencegah Pertumbuhan Jamur

Manfaat kumis kucing juga ampuh dalam menangkal dan mencegah pertumbuhan parasit dan jamur dalam tubuh. Tumbukan daun kumis kucing juga bisa ditempelkan pada kulit yang terkena panu, kadas, atau kurap akibat jamur.

Mengatasi Asam Urat

Para orang tua kita juga sering memanfaatkan tanaman kumis kucing untuk meredakan asam urat dan radang sendi. Kandungan flavonoid dan asam alami dalam herbal ini diakui cukup ampuh mengatasi penyakit menjengkelkan ini.

Mengatasi Gangguan Ginjal

Ada masyarakat yang mengenal kumis kucing sebagai tanaman ginjal. Hal ini karena manfaat kumis kucing untuk batu ginjal yang turun temurun dalam mengatasi dan menyembuhkan batu ginjal atau gangguan ginjal lainnya.

Menyembuhkan Gusi Bengkak

Banyak orang yang mengalami gusi bengkak mampu diatasi dengan minuman teh kumis kucing ini. Khasiat ini telah mentradisi dan dipercaya masyarakat karena kandungan kimia herbal ini yang berkhasiat.

Mengatasi Diabetes

Manfaat kumis kucing lainnya juga ampuh mengontrol kadar glukosa dalam darah. Minum teh kumis kucing bisa menurunkan kadar gula darah dan mengendalikan diabetes.

Menyembuhkan Gangguan Kulit

Daun tumbuhan kumis kucing juga bisa diolah menjadi minyak yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai gangguan yang menyerang kulit. Selain menyembuhkan infeksi jamur, minyak ini juga baik untuk menghaluskan kulit kering dan kasar.

Itulah berbagai manfaat kumis kucing untuk kesehatan tubuh yang bisa anda ambil untuk mengatasi berbagai penyakit. Daun tanaman ini bisa dibuat teh atau direbus maupun ditumbuh sebagai obat luar. (R9/HR-Online)

Loading...